PEJUANG SKRIPSI WAJIB COBA!! TIPS MENGATASI MALAS MENGERJAKAN SKRIPSI

Pada akhir semester, mahasiswa diwajibkan untuk fokus mengerjakan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan. Masa skripsi sebenarnya merupakan masa terberat di bangku kuliah. Seringkali banyak mahasiswa yang merasakan tekanan dan kesulitan mengerjakan skripsi. Rasa malas dan mager mengerjakan membuat skripsi tidak berkembang dan mudah terhambat pengerjaannya. Perlu dipahami bahwa hal ini akan mengakibatkan skripsi tidak cepat selesai dan ijazah tertunda. Tentu kemalasan ini harus dihindari.

Kemalasan adalah perasaan yang dimiliki setiap orang. Kemalasan adalah ketika Anda tidak ingin melakukan sesuatu. Misal saya terlalu malas untuk belajar, dan saya enggan melakukan kegiatan pendidikan karena malas belajar ini. Tapi, guys? Kita tahu bahwa kemalasan adalah emosi yang menghambat pekerjaan, mengapa? Setiap ada sesuatu yang ingin saya kerjakan, saya selalu malas dan membatalkan atau menunda-nunda.Kemalasan biasanya menyerang para wisudawan yang sedang menyusun skripsi. Rasa malas ini sama alasannya dengan rasa malas yang terjadi saat harus belajar. Jangan menulis skripsi Anda jika Anda terlalu malas. Hati-hati! Anda dapat menyelesaikan tesis Anda untuk waktu yang lama. Bagaimana Anda mengatasi rasa malas skripsian? Berikut adalah tips-tips agar Anda tidak malas mengerjakan skripsi.

Baca Juga : TIPS CIPTAKAN FIRST IMPRESSION (KESAN PERTAMA) YANG BAIK

Selalu Mengingat Apa Tujuan Kuliah Anda

Ketika semangat Anda untuk mengerjakan skripsi Anda mulai menurun, ingat apa tujuan kuliah Anda sebelumnya. Tentu saja, tujuan kuliah adalah untuk lulus dan segera mewujudkan impian dan cita-cita Anda. Semua orang menginginkan masa depan yang cerah. Juga ingat bagaimana orang tuamu berusaha dan berjuang untuk menyekolahkan Anda. Doa mereka untuk kesuksesan anak-anak mereka tidak ada habisnya. Jangan putus asa, jadi segeralah perbaiki diri Anda dengan pekerjaan skripsi yang lebih serius untuk masa depan.

Kurangi Main-Main Anda

Seringkali, kebosanan muncul saat mengerjakan skripsi. Untuk menghilangkan rasa bosan ketika mengerjakan skripsi, biasanya seseorang mencari tempat untuk hang out atau nongkrong bersama teman-teman. Tidak ada salahnya mencari tempat untuk bermain atau sekedar nongkrong untuk mengembalikan semangat Anda. Namun, Anda memiliki tanggun jawab untuk menyelesaikan ksripsi, jadi jangan terlalu sering pergi nongkrong atau melakukan kegiatan yang membuang-buang waktu Anda. Sehingga pengerjaan skripsi anda akan tertunda apabila Anda terlalu banyak membuang waktu untuk bermain dan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat untuk kelanjutan skripsi Anda.

Memotivasi Diri Sendiri

Motivasi bisa datang dari mana saja. Carilah cara Anda sendiri untuk memotivasi diri sendiri agar Anda dapat menyelesaikan skripsi Anda dalam waktu singkat dengan lebih banyak antusiasme dan motivasi. Anda dapat memotivasi diri sendiri dengan menanamkan keinginan untuk sukses yang lebih besar. Sangat mudah untuk mengalahkan kemalasan dalam situasi ini. Pikirkan tentang tujuan apa yang ingin Anda capai di masa depan.

Tahan Akan Godaan

Tentu saja ada saja yang namanya godaan untuk mengerjakan skripsi. Anda ingin melihat-lihat media sosial atau tiba-tiba ada teman yang mengajak Anda untuk magang di sebuah perusahaan. Hal ini juga memiliki godaan yang cukup besar. Dengan setiap tanggung jawab pasti ada godaan yang akan membuat Anda malas dan akhirnya mengabaikan pekerjaan Anda. Tidak ada mahasiswa yang menginginkannya bukan? Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, kita harus menahan godaan. Misalnya, jika jejaring sosial sibuk, jauhkan smartphone Anda. Atau, misalnya, tiba-tiba Anda memiliki masalah dalam keluarga Anda dan Anda harus mulai mencari tempat di mana Anda tidak memikirkannya. Para orang tua, perlu Anda ketahui bahwa anak-anak Anda tahu bahwa mereka telah mempertahankan skripsinya, mengikuti ujian, dan akhirnya menyelesaikannya. Pasti mereka akan sangat senang. Berhasil memenuhi tanggung jawab besar pertama akan menjadi penawar semua masalah keluarga.

Buat Target Waktu Penyelesaian Kripsi

Saat menulis skripsi, Anda harus menetapkan tujuan. Buat daftar tugas agar Anda bisa fokus tanpa membuang waktu. Tentu saja, mencapai tujuan Anda memerlukan rencana terperinci tentang apa yang perlu Anda lakukan hari ini, besok, atau sebulan dari sekarang. Pada akhir tenggat waktu ini, Anda mungkin segera merasa berkewajiban untuk bertanggung jawab.

Jangan Sering Menunda Pengerjaan Skripsi

Saat sedang menulis skripsi, Anda biasanya menerima revisi dari pembimbing Anda. Ketika Anda menerima revisi dari pembimbing Anda, Anda harus segera memikirkan dan mengerjakan dan menyelesakan revisi tersebut. Jika Anda menunda-nunda, skripsi Anda tidak akan cepat selesai karena Anda lupa topik yang dibahas.

Mencari Tempat Nyaman untuk Mengerjakan Skripsi

Jika Anda lelah mengerjakan skripsi di rumah atau di kampus, Anda bisa mulai mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi. Jika Anda senang menulis skripsi sambil makan, Anda bisa pergi ke kafe atau restoran cepat saji tempat Anda bisa mengerjakan skripsi. Tapi jika Anda tidak suka keramaian, Anda bisa menulis tesis Anda di perpustakaan yang memiliki tempat kerja yang nyaman.

Translate »