Universitas Teknokrat Indonesia Pelopor Transformasi Digital Generasi Muda

Dalam upaya mempersiapkan generasi muda untuk era digital yang semakin berkembang, Universitas Teknokrat Indonesia sukses menyelenggarakan Workshop Digital Leadership yang dihadiri oleh siswa SMA/SMK se-Provinsi Lampung, Sabtu, 27 April 2024.

Acara ini menjadi bagian penting dari Gebyar Sang Juara, sebuah festival tahunan yang menampilkan berbagai perlombaan dan workshop edukatif.

Baca juga : Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Magang Bersertifikat di Diskominfotiksan Pesawaran, Dapat Tugas Sesuai Keahlian

Lokakarya yang berlangsung di Gelanggang Mahasiswa Dr. Nasrullah Yusuf ini menarik dihadiri 120 siswa dan 30 guru pendamping dari 30 sekolah di seluruh Provinsi Lampung.

Setiap sekolah mengirimkan 4 siswa terbaik mereka untuk mengikuti workshop yang fokus pada penerapan artificial intelligence (AI) dan Metaverse, dua topik yang dianggap krusial dalam pendidikan masa depan.

Peserta workshop diberikan kesempatan untuk mendalami materi Innovation and Leadership in Digital Transformation yang disampaikan oleh Dr. Ryan Randy Suryono, S.Kom., M.Kom., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Umum UTI yang juga merupakan seorang pakar di bidang transformasi digital.

Selain itu, dosen Universitas Teknokrat Indonesia Yuri Rahmanto, M.Kom., memberikan sesi praktik tentang Metaverse, sedangkan Bapak Ridwan Mahenra, M.Cs. (AI), mengajarkan aspek teknis dan penerapan aplikasi AI dalam pembelajaran.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Auliya Rahman Isnain, M.Cs., membuka acara dengan sambutan hangat.

Dalam pidatonya, ia menekankan pentingnya kepemimpinan digital dan bagaimana Universitas Teknokrat Indonesia berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam pendidikan teknologi di Indonesia.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoretis, tetapi juga memfasilitasi siswa untuk melakukan praktik langsung.

Melalui simulasi dan kegiatan interaktif, siswa dapat merasakan pengalaman imersif dalam dunia Metaverse dan memahami potensi AI dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya di bidang Pendidikan.

“Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan workshop ini,” ujar Ryan Randy Suryono.

“Ini adalah langkah besar dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin di masa depan yang akan menghadapi tantangan dan peluang dalam era digital.”

Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi siswa untuk membangun jaringan dan berkolaborasi dengan teman-teman dari sekolah lain. Dengan berbagi ide dan pengalaman, mereka dapat memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka.

Sebagai penutup, para peserta diberikan sertifikat penghargaan. Dengan semangat yang tinggi, siswa dan guru meninggalkan workshop dengan pengetahuan baru dan inspirasi untuk menerapkan pembelajaran mereka dalam kehidupan nyata.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM menekankan, Universitas Teknokrat Indonesia telah menetapkan standar baru dalam pendidikan digital dan kepemimpinan.

Baca juga : Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia Raih Gelar Doktor peminatan bidang Akuntansi

Lokakarya ini, kata Mahathir, merupakan awal dari banyak inisiatif yang akan datang.

“Dengan komitmen untuk inovasi dan keunggulan, Universitas Teknokrat Indonesia siap membimbing generasi muda menjadi cerdas, kritis, dan memimpin di era digital,” kata Mahathir.