TIPS CIPTAKAN FIRST IMPRESSION (KESAN PERTAMA) YANG BAIK

Tips untuk menciptakan first impression (kesan pertama) yang baik. Penting untuk menyadari bagaimana seseorang bertemu dengan orang lain selama pertemuan pertama. Segala sesuatu mulai dari gaya pakaian dan postur hingga topik percakapan dapat disesuaikan untuk membentuk kesan pertama yang lebih baik. Penampilan fisik seseorang memiliki dampak yang berarti pada pengalaman dan peluang hidup mereka. Untuk sebagian besar, orang yang menarik menikmati banyak fasilitas dan keuntungan. Dibutuhkan hanya tujuh detik untuk membuat kesan pertama. Orang akan dengan cepat menilai kepercayaan, kekuatan fisik, dan niat orang lain untuk menyakiti berdasarkan isyarat wajah dan vokal yang halus. Sifat-sifat ini mungkin sedikit berbeda di seluruh budaya. Sebagai contoh, beberapa penelitian telah menemukan bahwa masyarakat Cina membentuk kesan pertama berdasarkan kompetensi.

Tips Agar Dapat Ciptakan First Impression yang Baik

Bagaimana cara implementasi agar kesan pertama atau first impression yang kamu berikan terhadap orang lain adalah kesan yang positif? Dan Apa saja tips yang dapat diterapkan agar dapat ciptakan first impression yang baik? Berikut ini tips bagaimana cara bersikap agar bisa membuat kesan yang baik

1. Be Positive

Jangan sapai lupa saat kamu bertemu dengan orang baru, cobalah membuka pembicaran dengan senyuman yang ramah, pastikan lawan bicaramu nyaman dengan perkacakapan yang kamu mulai tersebut. Buatlah topik yang positif, akan lebih baik jika kmau membahas hal yang sedang viral atau banyak dibicarakan saat itu. Yang paling penting berikanlah sikap sopan dan santun, terlebih apabila orang yang kamu temui dan ajak interaksi itu lebih tua disbanding dirimu.

2. Bahasa Tubuh Perlu Diperhatikan

Bahasa tubuh atau body language atau menunjukan bagaimana dan siapa dirimu, usahakan lakukan pergerakan dengan sopan dan positif.Namun, tetap percaya diri, rileks dan pertahankan sikap tubuh yang terbuka namun tidak berlebihan.

3. Kontak Mata saat Berbicara dengan Lawan Bicaramu

Kontak mata juga membantu kamu terlihat lebih jujur, menciptakan hubungan yang lebih akrab dan mudah diingat. Namun, perhatikan porsi kontak mata ini juga ya, jangan berlebihan. Karena jika terlalu banyak melakukan kontak mata, dapat menimbulkan hal yang kontraktif atau menyeramkan. Sedangkan jika terlalu sedikit juga akan mengakibatkan terlihat malu-malu, jadi silahkan lakukan kontak mata dengan porsi yang sewajarnya saja.  

4. Menjaga Postur Tubuh

Jangan lupa pula untuk perhatikan postur tubuh kamu saat berhadapan dengan orang yang baru kita temui. Dikarenakan postur tubuh dapat berpengaruh terhadap presepsi orang lain.

Selain dari sikap yang perlu kita perhatikan dan lakukan ketika bertemu dengan orang baru, penampilan juga penting untuk membuat kesan pertama yang baik.

Berikut ini beberapa tips berpenampilan agar kamu dapat ciptakan first impression yang baik :

1. Selalu berpakaian rapi;

2. Pastikan kamu tidak bau badan dan senantiasa harum;

3. Menggunakan makeup (bagi wanita) agar wajah terlihat fresh;

4. Menata rambut agar selalu rapi;

5. Merawat tubuh agar tetap ideal.

Sekian tips untuk untuk menciptakan first impression (kesan pertama) yang baik dan tips berpenampilan . Semoga bermanfaat dan kita kita dapat menjadi probadi yang lebih bak lagi.

Translate »