TIPS CARA YANG EFEKTIF DAN EFESIEN DALAM BELAJAR

PTS Terbaik Sumatera Proses belajar merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh Pelajar dalam proses menimba ilmu.  Prose belajar tentunya harus dilakukan dengan cara yang baik, Pelajar yang belajar dengan baik tentunya akan menghasilkan peningkatan keterampilan, kemajuan pemikiran, meluasnya pengetahuan, peningkatan sikap  diri yang semakin rendah hati, seperti ibarat padi semakin berisi akan semakin merunduk. Hal ini yang harus tercermin pada pelajar semakin berisi kemampuan diri maka akan semakin rendah hati, tidak menyombongkan diri. Masih banyak pelajar yang merasakan kesulitan dalam belajar. Hal berikut ini adalah tips untuk belajar secara efesian yang tentunya juga efektif yang akan memberikan dampak nyata dalam belajar.

Ciptakanlah Suasana dalam Belajar Ternyaman

Bagaimana dalam membangun  dan menciptakan suasana dalam belajar yang nyaman. Berikut ini cara yang dapat dilakukan, yang pertama yaitu kita bisa mendengarkan musik favorit saat belajar, buatlah list – list lagu favorit sehingga tercipta suasana mood belajar yang terbaik selain itu bisa belajar di tempat lainnya yang membuat nyaman seperti didalam perpustakaan, dipinggir danau, pinggir sungai, belajar di kafe diarea taman dan bisa juga pada ruangan AC. Mengubah posisi ruangan belajar ataupun perubahan penampilan ruangan  belajar untuk setiap beberapa jenjang waktu  atau berkala dapat memberikan dan terciptanya suasana baru yang segar sehingga menimbulkan semangat baru.

Baca Juga :Kuliah di Luar Negeri Itu Mudah, Asalkan Kamu Praktekkan Tiga Hal Ini

Membuat Rangkuman Pokok – pokok Pembelajaran

Proses Belajar sangat diperlukan dalam mencatat pokok-pokok pembelajaran yang ada. Mengapa harus merangkum?, Gambarannya seperti ini kita membaca 1 buku secara penuh akan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam menyelesaikan 1 buku tersebut. Dengan merangkum tentunya akan mengambil intisari dari pelajaran tersebut. Manfaatnya akan membuat kemudahan dalam hal mengingat tentunya juga  memudahkan kita untuk memahami intisari dari pembelajaran yang ada.

Melakukan Belajar Bersama dengan Teman Teman

Metode lain yang termasuk efektif yaitu membentuk suasana belajar berkelompok dengan teman teman yang dilakukan dengan santai sehingga membuat otak kita rileks dalam menerima ilmu atau pelajaran yang harus ditangkap. Proses berkumpul dengan teman teman  tentunya akan terjadi proses diskusi, kita akan mendapatkan banyak ilmu dari hasil beradu argumen yang tidak didapatkan saat belajar sendiri. Dengan bersama sama juga tentunya akan memudahkan dalam menyelesaikan secara bekerja sama satu sama lain.

Belajar Sambil Mempraktikkan Praktik

Belajar sambil praktek merupakan salah satu cara efektif. Yah, Belajar sambil mempraktikkan akan membuat terasa seru dan tidak akan merasakan bosan, contohnya kita belajar tentanng Botani ataupun Avertebrata pada pelajaran IPA. Kita dapat belajar dan sambil mengamati tumbuhan dan lainnya sehingga kita akan merasakan asiknya juga.

Sering Belajar  Secara Rutin dengan Durasi yang Tidak Lama

Belajar rutin akan membuat kita mudah dalam mengingat mata pelajaran yang kita pelajari, dan semakin dibaca maka akan semakin mudah lagi untuk diingat. Satu hal yang perlu diingat adalah Belajar Rutin yang perlu bukan  Belajar Terlalu Lama. Contoh belajar pagi hari 40 menit, belajar pada siang hari 30 menit, sore hari belajar 50 menit dan malam hari sebelum tidur 1 jam. Cara ini terbukti efektif untuk belajar dan membuat pikiran kita tetap dalam keadaan santai.

Belajar dengan Cukup Mengerti Bukan Belajar Menghafal Ya

Hal yang paling sering dilakukan kita adalah memaksa untuk memahami mata kuliah dengan menghafal apa lagi ketika akan menghadapi ujian. Hal ini akan sangat membebani fikiran kita. Secara nyata merupakan cara yang kurang efektif. Cara yang efektifnya yaitu mengerti apa itu teorinya lalu kita dengan sendiri akan ingat saat ujian.

Translate »