TIPS MEMBUAT CV AGAR LOLOS BEASISWA LUAR NEGERI!!

Curriculum Vitae atau lebih dikenal sebagai CV, benar-benar unik. Anda harus menulis surat lamaran. Jika Anda terlalu sederhana, Anda dianggap kurang kompeten. Tetapi jika Anda terlalu menyukainya, Anda dapat membayar orang lain untuk menulis CV Anda. Sebelum Anda menulis CV Anda, Anda perlu memahami apa yang dicari oleh orang-orang yang membaca CV Anda. Mengantisipasi ini akan memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada CV Anda. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan saat menulis CV Anda:

IPK

Tips membuat CV yang pertama adalah mempertahankan IPK agar tetap bagus. Jelas Ini adalah poin yang paling mencolok. Karena standarnya sudah jelas. Jika IPK Anda di bawah rata-rata, Anda harus menjelaskan mengapa ini terjadi.

Durasi Kuliah

Tips membuat CV selanjutnya Anda tidak harus lulus cepat, tapi jangan terlambat. Itu tergantung pada perguruan tinggi yang Anda inginkan dan beasiswa. Terkadang orang melamar masa kelulusan hingga lima tahun. Lebih dari itu akan ditolak. Beberapa tidak, hal ini dikarenakan ada beberapa program yang tersedia bagi mahasiswa S1 jika masih berstatus mahasiswa. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil risiko. Tapi ini alasan yang keren. Pertukaran pelajar, misalnya. Jadi beberapa beasiswa tidak terlalu ketat dalam hal durasi.

Terkait : KESALAHAN KESALAHAN DALAM PEMBUATAN CV

Penelitian yang Saat Ini Dilakukan

Sertakan juga karya tulis penelitian yang sedang Anda lakukan. Atau program sosial dijalankan dengan teman-teman sangat penting, terutama beasiswa proyek. Ada beberapa contoh untuk diselidiki yang menunjukkan pentingnya membuat daftar proyek atau studi yang sedang berlangsung. Katakanlah pelajaran kita tentang A. Ternyata kampus yang ingin kita masuki tidak memiliki panduan yang memadai di bidang ini. Lebih baik membatalkan terlebih dahulu daripada sudah mendapat beasiswa tapi tidak bisa melakukan penelitian. Jadi Anda dapat menemukan sesuatu yang lain. Kecuali jika Anda terlalu fokus pada penelitian Anda. Hal ini merupakan tips membuat cv selanjutnya yang harus kamu lakukan.

Publikasi Jurnal (Karya Ilmiah)

Tips membuat CV selanjutnya yaitu publikasikan karja ilmiah yang Anda lakukan. Pemberi beasiswa juga akan mempertimbangkan makalah penelitian Anda yang diterbitkan. Diterbitkan di jurnal apa pun, kapan pun dan dengan topik apa pun. Ini agar mereka dapat melihat seberapa tertarik dan kompetennya Anda dalam bidang tertentu.

Pelajari cara menerbitkan karya ilmiah bagi yang belum pernah menerbitkan karya ilmiah. Menerbitkan makalah di dunia akademis adalah keuntungan besar. Apalagi jika Anda ingin menjadi instruktur di masa depan. Ini akan menjadi aset yang kuat.

Peminatan

Anda akan melihat kemajuan ke arah yang Anda minati dalam berbagai aktivitas yang Anda miliki. Juga, kegiatan ini termasuk satu tahun, sehingga Anda dapat melihat jalan kehidupan. Oh, pria ini sering terlibat dalam kegiatan sains di awal kuliah. Setelah semester lima, saya lebih suka bepergian. Ini merupakan salah satu tips membuat CV yang harus diperhatikan pula.

Prestasi Penunjang

Tips membuat CV selanjutnya yaitu prestasi penunjang. Ada beasiswa yang memberikan preferensi kepada pelamar dengan prestasi akademik rendah. Sesuai dengan program yang disediakan. Fulbright misalnya. Preferensi akan diberikan kepada mereka yang berprestasi, memenangkan kontes kepemimpinan, atau mendirikan organisasi. Karena Fulbright mencari orang-orang yang dapat membuat dampak yang kuat di negara mereka setelah lulus. Bergabunglah dengan grup yang Anda minati. Alangkah baiknya jika Anda bisa menjadi presiden atau pemimpin sebuah organisasi. Bahkan dalam organisasi kecil, lebih baik menjadi presiden daripada menjadi bagian dari organisasi besar. Anda mungkin dapat menunjukkan kualitas kepemimpinan melalui proyek atau kegiatan komunitas Anda. Membuat presentasi pendukung (portofolio) berupa foto, video atau website. Ini akan menjadi keuntungan yang sangat bagus.

Komitmen

Tips membuat CV selanjutnya adalah menyertkan hal yang mempbuat pemberi beasiswa tahu Anda adalah ornag yang memiliki komitmen. menyatakan bahwa saya mengambil bagian dalam proyek sosial, menyelesaikan magang di A dan B, dan bekerja selama beberapa bulan di kantor D. Tentu saja, pertanyaannya adalah. Apa kewajiban Anda terhadap organisasi-organisasi ini? Apakah Anda pindah sebelum akhir pekerjaan? mengapa? Jika demikian, Anda perlu menjelaskan mengapa ini terjadi. Berikan alasan yang masuk akal dan mudah dipahami.

Kompetensi

Hobi Anda, pendidikan Anda, kursus yang Anda ambil, dan aktivitas yang Anda sukai memungkinkan pemilih untuk menebak apa kompetensi Anda. Baik itu kemampuan berbicara, berorganisasi, berkomunikasi, menganalisis, atau menulis secara terbuka. Apa pun yang menurut Anda adalah nilai tambah. Daftarkan semua yang ada di CV Anda. Tapi semuanya harus rapi, teratur dan mudah dibaca.

Relevansi

Meski latar belakangnya menarik, tidak ada salahnya jika tidak saling berkaitan. Katakanlah CV Anda menyatakan bahwa Anda sangat aktif di bidang ini. Rajin dalam gerakan sosial. Namun, saya mendapatkan beasiswa yang mengharuskan saya untuk melakukan penelitian lebih lanjut di lab atau Anda mahir secara teknis tetapi melamar gelar bisnis.

Peluang sukses Anda tipis jika CV Anda tidak memiliki hal lain yang menarik untuk dilakukan dengan persekutuan yang diusulkan. Ini adalah ikhtisar singkat dari item yang paling dinilai di CV.

Sekarang mari kita bicara tentang beberapa tips menulis CV. Kuncinya adalah jujur ​​dan ringkas. Tidak harus lama. Tidak perlu menulis sendiri kekuatan, pencapaian, tempat untuk dikunjungi dalam gelembung. Juga membuang item yang tidak relevan. Daftar Beasiswa AMK, juga dikenal sebagai Atlet Makan Krupuk, dan Anda tidak perlu bangga dengan prestasi Anda di Olimpiade Matematika. Tidak perlu menyebutkan prestasi masa kecil selain tidak penting. Seperti juara makan kerupuk balita tingkat RT. Jika yang lama masih terdaftar, pemilih berpikir. Setelah itu, Anda tidak akan lagi dapat memperoleh prestasi. Tapi prestasinya keren banget dan masih relevan. Ini juga memotivasi Anda untuk selalu berusaha meraih kesuksesan baru.

Translate »