Presiden BEM PTS Terbaik Sumatera Universitas Teknokrat Indonesia Sampaikan Gagasan Depan Menteri Nadiem Makarim

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknokrat Indonesia Adji Agung Penggalih mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Kamis, 28/10/2021. Rangkaian acara sendiri sudah digelar sejak 26 Oktober 2021.

Selain Adji, BEM Universitas Teknokrat Indonesia

juga mengirim pengurus lain yakni Janata Shofi Al Falaq dan Eka Putri Adamansyah. Dalam kesempatan dialog dengan Menteri Nadiem Makarim, Adji menjadi salah seorang penanggap. Ia memberikan beberapa gagasan terhadap dunia pendidikan.

Dengan mantap, Presiden BEM Universitas Teknokrat Indonesia itu mengemukakan bahwa pendidikan karakter adalah sebuah kebutuhan masa sekarang. Pasalnya, kesantunan mahasiswa dan siswa kepada dosen dan guru dinilai mengalami degradasi.

Adji prihatin dengan beberapa kejadian di mana siswa tidak lagi punya rasa hormat kepada guru. Bahkan sampai ada siswa yang menantang gurunya berkelahi. Adji berkata, pendidikan karakter mesti disusun secara sistematis. Sehingga, mental dan akhlak siswa dan mahasiswa bisa dibentuk.

Ia ingin, kesopanan, etiket, dan sebagainya bisa mendarah daging di kalangan siswa dan mahasiswa. “Kita mesti mengedepankan etiket kesopan-santunan,” ujarnya.

Wakil Rektor I Dr H Mahathir Muhammad SE MM mengatakan, kampus sangat bangga Presiden BEM bisa berdialog dan menyampaikan gagasan cara langsung di hadapan Menteri Nadiem Makarim. Mahathir mengatakan, memang seperti itulah kepribadian pemimpin. Adji, kata Mahathir, dinilai mampu menyampaikan gagasannya dengan runut, terstruktur, dan berisi.

Mahathir mengatakan, apa yang disampaikan Adji memang sudah menjadi kebutuhan. Dunia pendidikan, kata dia, membutuhkan pendidikan karakter yang mampu menciptakan insan terdidik dengan mentalitas dan akhlak mulia. Selain ditargetkan bisa menggapai prestasi akademik dan nonakademik yang baik, siswa dan mahasiswa juga dituntut beretika.

Mahathir sepakat dengan paparan Adji yang juga direspons baik oleh Menteri Nadiem Makarim.

Translate »