PELUANG KARIR BAGI LULUSAN TEKNIK SIPIL DI BIDANG PERTAMBANGAN

WOW Peluang Karir !!!

Halo sobat juara, ketika berbicara tentang peluang karir kerja lulusan teknik sipil, pasti yang umum terpikir oleh kita adalah berkarir di bidang konstruksi seperti menjadi kontraktor, konsultan perencana, konsultan pengawas, karyawan konstruksi BUMN atau berebut kursi menjadi PNS di PU. Untuk diketahui bersama bahwa peluang karir bagi lulusan teknik sipil juga terbuka di bidang pertambangan, bahkan kesempatannya sangat luas.

Bidang pertambangan, menurut Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU No. 4/2009) adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang. Sesuai definisi oleh undang-undang tersebut maka bidang konstruksi termasuk salah satu kegiatan di operasi pertambangan. Oleh karena itu jelas bahwa lulusan teknik sipil yang secara keilmuan dibekali ilmu rancang bangun konstruksi memiliki peluang karir potensial di bidang pertambangan.

Manfaat Kegiatan Pertambangan dalam Peluang Karir

Saat ini memang masih terdengar beberapa anggapan negatif di kalangan masyarakat umum mengenai peluang karir di kegiatan pertambangan, terutama menyangkut pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah operasi tambang. Hal tersebut sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah melalui produk-produk hukumnya sehingga jika dikelola dengan baik seharusnya limbah yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan tidak mengganggu keharmonisan alam terutama lingkungan di sekitar area pertambangan. Hal yang wajib diketahui oleh sobat juara yaitu hampir semua mesin industri dan perangkat elektronik yang pernah kita kenal seperti televisi, smartphone, kabel listrik, lampu, air conditioner bahkan laptop yang saat ini sedang penulis gunakan untuk menulis artikel memerlukan material tembaga sebagai komponen utama agar perangkat tersebut dapat berfungsi.

Mineral tambang lainnya seperti aluminium, besi, timah juga berguna sebagai bahan dasar untuk membuat struktur pesawat terbang, moda transportasi, produk rumah tangga, material konstruksi dan masih banyak hal lainnya yang digunakan sehari-hari oleh manusia. Jadi mau tidak mau atau suka tidak suka, kegiatan pertambangan tetap harus dilakukan selama mineral hasil tambang tersebut belum bisa dibudidayakan seperti tanaman. Pepatah asing mengatakan if you can’t grow it, you have to mine it. Oleh karena itu dengan ikut terlibat di kegiatan pertambangan yang berwawasan lingkungan maka secara tidak langsung telah membantu manusia dalam menjalankan dan mempermudah kegiatan sehari-harinya.

Keilmuan Teknik Sipil Terdapat Peluang Karir di Aktivitas Pertambangan

Peluang Karir dari lulusan teknik sipil dapat dibagi menjadi empat aktivitas di proyek pertambangan yaitu operasi tambang terbuka (open pit mine), operasi tambang tertutup (underground mine), manajemen lingkungan, serta perencanaan dan pembangunan kota. Lalu ilmu teknik sipil apa saja yang dapat berperan di aktivitas-aktivitas tersebut?

Baca Juga : Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Dapatkan Informasi Selangkapnya Disini

Peluang Karir Tambang Terbuka dan Tambang Tertutup

Sobat juara, Peluang Karir di dunia pertambangan mineral dan batubara secara umum dikenal dua metode penambangan yaitu tambang terbuka dan tambang tertutup (bawah tanah). Tambang terbuka sangat berkaitan erat dengan ilmu kestabilan lereng, karena pada proses kegiatan penambangannya akan menghasilkan lubang cekungan (pit) di permukaan bumi yang kian lama makin melebar menyesuaikan dengan kedalaman galian. Pada penambangan metode tertutup pengetahuan mengenai desain dan konstruksi terowongan sangat dibutuhkan. Keilmuan bidang teknik sipil yang digunakan di tambang terbuka dan tertutup yaitu perencanaan tanah mekanis (efektivitas alat berat), kestabilan lereng, ilmu ukur tanah, pemadatan tanah, mekanika tanah dan batuan, struktur beton bertulang, serta hidrologi dan hidrolika teknik.

Peluang Karir di Manajemen Lingkungan

Peluang Karir pada aktivitas berikutnya yang ada di operasi pertambangan yaitu segala hal yang berkaitan dengan manajemen lingkungan yang meliputi pemantauan lingkungan, pengelolaan limbah, dan reklamasi. Sobat juara, seperti yang telah diketahui bersama bahwa ilmu manajemen lingkungan juga merupakan salah satu cabang ilmu teknik sipil, sehingga para lulusan teknik sipil dengan konsentrasi ilmu tersebut seharusnya sudah tidak asing lagi dengan segala aktivitas pengelolaan lingkungan.

Peluang Karir pada Perencanaan dan Pembangunan Kota

Sebagian besar Peluang karir pada operasi tambang di dunia terletak di daerah yang yang jauh dari populasi kehidupan kota seperti hutan pedalaman, dataran tinggi yang belum terjamah, atau gurun pasir dan salju. Agar para karyawan tambang betah bekerja di lingkungan yang terisolir tersebut maka pihak manajemen tambang biasanya membangun kota (tempat tinggal) khusus di sekitar kegiatan pertambangan untuk karyawan beserta keluarganya. Membangun akses jalan ke area yang terisolir dan membangun tempat tinggal beserta prasarana yang relatif layak bagi para karyawan adalah hal penting yang dilakukan oleh manajemen pertambangan ketika sudah memutuskan akan melakukan kegiatan penambangan di wilayah tertentu. Ketika berbicara mengenai konstruksi pembangunan sebuah kota maka sudah pasti hampir semua cabang ilmu teknik sipil akan terlibat disana, mulai dari manajemen konstruksi, land clearing, perencanaan tanah mekanis, rekayasa geometri jalan, struktur bangunan beton dan baja, pembuatan dinding turap, perencanaan wilayah kota sampai dengan drainase perkotaan.

Dapatkan Informasi : Beasiswa Terbaik PTS Sumatera

Bagaimana sobat juara? Jangan ragu lagi untuk memilih karir di bidang pertambangan, terutama untuk pribadi yang memiliki jiwa petualang dan menyukai tantangan hidup di daerah terisolir. Selain itu penghasilan yang ditawarkan di bidang pertambangan dapat dikatakan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tipe pekerjaan sejenis di bidang lainnya. Sekian yang dapat penulis sampaikan mengenai peluang karir lulusan teknik sipil di bidang pertambangan. Untuk uraian yang lebih terperinci mengenai keterlibatan ilmu teknik sipil di aktivitas pertambangan dapat sobat juara ikuti di artikel-artikel berikutnya.

Translate »