Menjaga Akun WA tidak dihack dengan Two Factor Authentication

Perlunya Mengamankan Akun dengan Two Factor Authentication

Mengamankan akun WA dengan Two Factor Authentication adalah hal yang perlu kita lakukan. Akun whatsapp (WA) merupakan salah satu akun yang harus kita lindungi agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Saat ini aplikasi WA banyak digunakan orang dari seluruh penjuru dunia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah download aplikasi WA di play store saat ini sudah mencapai 5 trlilun lebih. Aplikasi WA adalah aplikasi bertukar pesan yang sangat mudah untuk digunakan dengan berbagai fitur yang sangat menarik didalamnya. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, aplikasi WA menjadi aplikasi bertukar pesan yang banyak digunakan. Namun dari pengguna WA masih banyak yang tidak sadar akan keamanan dengan berbagai alasan masing-masing pengguna. Padahal jika akun WA sampai jatuh ke orang lain yang tidak bertanggung jawab, maka dapat mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang tentunya sangat merugikan bagi pemilik akun seperti penyamaran dan penipuan.

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Selengkapnya KLIK DISINI

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa akun WA sudah di hack atau sudah diambil alih oleh orang lain:

  1. Akun WA keluar dari aplikasi secara tiba-tiba
  2. Pesan WA statusnya sudah terbaca padahal kita belum membuka pesan
  3. Ada pesan terkirim padahal kita tidak mengirim pesan
  4. Ada riwayat Whatsapp Web dengan perangkat yang tidak dikenal

Menjaga Akun WhatsApp aman dengan Two Factor Authentication

Salah satu yang bisa di terapkan adalah memanfaatkan fitur two factor authentication (2FA) atau verfikasi 2 langkah yang sudah ada pada aplikasi WA. Verifikasi dua langkah maksudnya adalah ketika kita login WA pada perangkat baru atau saat kita melakukan login ulang ke aplikasi WA, maka selain harus memasukkan kode One Time Password (OTP) kita juga harus memasukkan nomor PIN yang sudah kita set. Sehingga dengan mengaktifkan fitur ini, ketika kode OTP WA sudah didapatkan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, maka orang tersebut tetap tidak dapat login ke aplikasi WA karena harus memasukkan Personal Identification Number (PIN) lagi berupa 6 digit angka.

Langkah – langkah untuk mengamankan akun WhatsApp dengan Two Factor Authentication

Bagaimana cara mengamankan akun WA menggunakan verifikasi dengan Two Factor Authentication  Berikut langkah langkahnya :

  • Login ke aplikasi WA
  • Masuk ke menu setting dengan tap tanda titik tiga yang ada dikanan atas aplikasi WA seperti gambar berikut kemudian tap menu Setting.
  • Pada layar yang tampil, Tap menu Account
  • Kemudian pilih two step verification
  • Lalu aktifkan fitur 2FA atau verifikasi 2 langkah dengan tap tombol Enable seperti gambar berikut.

Mengapa Perlunya Mengamankan WhatsApp ?

Dapatkan Informasi Lengkapnya DISINI
  • Pada layar yang tampil masukkan PIN 2 kali (gunakan pin yang tidak mudah ditebak, namun mudah diingat, jangan menggunakan PIN berupa tanggal lahir karena sangat mudah ditebak). Keudain masukkan alamat email yang akan digunakan untuk konfirmasi reset PIN jika kita lupa PIN.
  • Selesai, Jika berhasil maka akan tampil di layar HP seperti gambar berikut. Untuk merubah PIN dapat dilakukan dengan masuk ke menu change PIN, kemudian lakukan langkah ke 6.

Demikian cara mengamankan akun WA agar tidak di hack menggunakan metode two factor authentication (2FA) atau verifikasi dua langkah, semoga bermanfaat.

Translate »