PTS Terbaik Sumatera Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Webinar Kewirausahaan

PTS terbaik di Sumatera, Universitas Teknokrat Indonesia, mengadakan Webinar Kewirausahaan, Sabtu, 2 Oktober 2021 Pukul 10.00 WIB s.d. selesai dengan tema “How to be a Succesfull Entrepreneur”.

Pemateri pada kegiatan ini yaitu Ketua HIPMI Lampung

Ahmad Geri Akbar, SE, MBA dan bos Beeme Official Indonesia Sheyla Taradia Habib, S.Hum., MM.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni M. Najib Dwi Satria, S.Kom., M.T. Acara dihadiri oleh 250 peserta. Dalam sambutan Najib mengatakan, mahasiswa juga harus memiliki jiwa entrepreneur agar bisa survive serta juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan baru.

Ia mengatakan, genarasi muda harus dapat beradaptasi dengan zaman yang selalu berkembang. Mahasiswa diharapkan dengan kegiatan ini dapat melahirkan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif serta mempunyai keberanian untuk memulai suatu usaha.

Ahmad Giri Akbar, Ketua Hipmi Lampung, mengatakan, ia memulai bisnis dengan coffee shop lalu berkembang membuka Kiyo Resto. Ini membuktikan bahwa usaha yang ditekuni pasti akan berkembang pesat. Kata Giri, setiap orang yang ingin memulai bisnis wajib memiliki mentor. Mahasiswa yang memiliki ide diharapkan dapat mengaplikasikan ide tersebut menjadi sebuah bisnis yang nyata.

Giri berkata, ada 3 hal penting yang harus dimiliki saat berbisnis, yaitu business plan, financial plan, dan marketing plan. Saat berbisnis, ujarnya, harus menerapkan financial plan karena menggabungkan uang pribadi dengan uang bisnis adalah kesalahan yang sering dilakukan pemula yang ingin terjun dalam berbisnis

Webinar kewirausahaan. | Dokumentasi

Sheyla Taradia, pemilik BeMee Official, memberikan tips menjadi pengusaha. Kata dia, pengusaha harus memiliki cara pandang berani beraksi, berani untuk bertindak,dan mengambil risiko. Ia mengatakan, pengusaha harus berkoneksi. Tanpa koneksi, pengusaha tidak dapat tumbuh dan memiliki relasi yang luas dan membuka peluang rezeki.

“Fokus dengan tujuan usaha yang sedang dijalani. Mau terus belajar dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah dicapai. Tekun dan pantang menyerah dengan bisnis yang sedang dijalani. Tanamkan 4as (kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas).

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM mengatakan, webinar ini diharapkan mampu menggugah kesadaran mahasiswa akan pentingnya membangun usaha. Meski dimulai skala kecil, asal ditekuni, pasti berhasil.

Mahathir mengajak mahasiswa sedini mungkin membangun koneksi dan jaringan yang luas. Dengan begitu ada kans untuk maju dan berkembang. Mahathir bilang, membangun bisnis mesti dengan keyakinan penuh. Dan sesuai dengan basis kompetensi atau potensi yang paling maksimal.