TIPS MEMBUAT CV YANG BAIK UNTUK FRESH GRADUATIONS

PTS Terbaik Sumatera Selama menjalani kuliah tentu banyak sekali mahasiwa yang belum berfikir untuk membuat CV. Bahkan ada juga yang telah lulus atau disebut juga fresh graduate  belum tahu  juga bagaimana cara menulis CV yang baik, benar dan menarik melamar perusahaan yang dilamar. Biasanya fresh graduate kebingungan tentang ini ditambah pula karena  tidak mempunyai pengalaman kerja didunia kerja. Perlu diketahui bahwa dengan terlibat pada organisasi kampus pada kuliah saat itu atau mengikuti UKM bisa menjadi bahan untuk CV kamu sebagai fresh graduate. Banyak perusahaan yang mecari karyawan dengan pengalaman pada dunia profesional yang membuat kita bingung untuk masuk karena belum ada pengalaman. Kamu sebagai fresh graduate pasti merasa cemas tentang cara menampilkan diri  yang baik dihadapan perekrut. Hal ini yang membuat yang menyusun CV apa adanya tetapi dengan harapan mendapatkan keberuntungan pada saat panggilan interview. Menyandang Fresh graduate  kamu tetap bisa kok untuk membuat CV yang tetap menarik walaupun kamu belum memiliki pengalaman kerja untuk perekrut. Simak ya, bagaimana tips-tips dalam menulis CV yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduation.

Ingatlah pengalaman yang relevan pada saat Kuliah

Ingat Jangan minder tidak memiliki pengalaman kerja, ingat ingat lah pengalaman yang relevan pada saatkamu kuliah yang bisa kamu tulis di CV-mu. Setidak – tidaknya ya agak  relevan dengan bidang yang kamu lamar. Jangan menganggap hal ini tidak seberapa setidaknya perekrut jadi ada bahan dalam menilai kamu memiliki dasar ilmu dan pengalaman pada saat kuliah yang tentunya bermanfaat juga pada posisi yang  ingin dilamar. Contohnya  kamu ingin melamar pekerjaan atau meniti karier sebagai jurnalis. Maka kamu bisa menuliskan pengalamanmu saat magang  dahulu, apa posisi magangmu dahulu dan itu berhubungan dengan penulisan penulisan juga.

Cantumkan Skill yang Dikuasai yang Didapatkan Saat Mengikuti Organisasi Kampus

Pasti tidak menyangka!, Pengalaman pada saat di organisasi bisa menjadi penilaian penting saat melamar kerja, sehingga menjadi salah satu dalam menyiasati kekurangan kamu pada pengalaman dipekerjaan, apalagi kamu yang baru saja lulus kuliah. Buatlah kolom terpisah dari pengalaman kerja seperti magang maupun pengalaman, menjadi sukarelawan, sehingga dapat dimasukkan sebagai pengalaman organisasi yang kamu loh. Pengalaman organisasi contohnya mengikuti BEM, Aktif pada UKM, dan rajin mengikuti himpunan mahasiswa akan bermanfaat untuk dicantumkan untuk beberapa posisi. Dari pengalaman ini dapat menunjukkan kemampuan kamu dan keterampilan contohnya kemampuan dalam memimpin, manajemen penyelesaian pekerjaan, melakukan perencanaan, dan lain sebagainya. Jangan lupa sertakan posisi yang kamu duduki pada saat masa jabatan kamu diorganisasi. sehingga perekrut memiliki bayangan tentang tanggung jawab yang pernah jalani olehmu. Tidak perlu  dicantumkan semua, yang memiliki relevan dengan posisi diincar.

Baca Juga : 10 Soft Skill yang Perlu Dikembangkan Saat Ini

Tunjukkan Skill yang Didapatkan Diekstrakurikuler Kamu

Mengikuti kegiatan UKM bermanfaat untuk mahasiswa untuk melatih kemampuan soft skill maupun menambah pengalaman kamu. Kamu dalam mengikuti ekskul dapat memperbesar peluang pada saat melamar pekerjaan. Seperti halnya mencantumkan keiikut sertaan organisasi, mencantumkan ekskul juga dapat memberikan bukti akan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki sehingga dapat dicantumkan ke CV. 

Pendidikan Terakhir Harus Dicantumkan

 Dengan mencantumkan latar belakang pendidikan  menjadi solusi untuk kamu belum mempunyai pengalaman kerja. Yang dapat diandalkan seperti di mana kuliahmu, kamu masuk jurusan apa, dan kapan tahun kelulusanmu. Perlu diingat, tidak perlu mengisi seluruh riwayat pendidikan yang telah tempuh contoh Pendidikan di TK, Pendidikan di SD, dan Pendidikan di SMP. Cukup SMA saja atau tempat kuliah. Jangan lupa cantumkan hard skill dan juga soft skill saat mengemban pendidikan di kelas.

Buatlah Portofolio Dirimu

Menunjukkan portofolio dapat kamu lakukan secara beragam. Bisa memanfaatkan platform-platform aplikasi seperti Instagram yang khusus, Linktree untuk tulisan artikel punyamu, Twittermu, blog milikmu, dan lain-lainnya. kamu bisa mencantumkan skill pada bidang desain contohnya Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator jika itu kemampuamu, jangan lupa buktikan kemampuanmu dengan mencantumkan lampiran dai hasil-hasil karyamu, hasil desain kamu pada CV kedalam bentuk portofolio. Portofolio memberikan berpengaruh besar untuk penilaianmu oleh perekrut. Tidak hanya berbentuk desain atau gambar saja akan tetapi Portofolio juga bisa tertuang kedalam karya tulis, karya fotografi, hasil dari terjemahan sesuatu, Seni pembuatan video untuk editing, ataupun  blueprint ke seorang arsitek. 

Buat  Secara Singkat Deskripsi Diri

Buatlah deskripsi secara singkat kamu bisa menjelaskan bahwa kamu adalah seorang fresh graduate, yang memiliki interest pribadi  yang baik dalam bidang yang kamu dalami yang bisa diterapkan dalam karier. Tidak perlu memasukan hal-memasukkan domisili, tempat kamu lahir, tanggal kamu lahir, riwayat dalam pendidikan, dan lainnya. Ingat, Menangkap perhatian perekrut pada saat membaca CV kamu itu penting . dari hal itu hindari memasukkan hal yang tidak relevan ataupun jauh dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Deskripsi secara singkat tentang diri pada dasarnya berupa penjelasan singkat yang menjelaskan pengalaman dan skill yang kamu miliki. Cukup menulisnya kebentuk yang singkat, bukan poin-poin saja ya.

Rancanglah Desain CV yang Rapi

Rancangan desain layout untuk CV itu penting, ingat!, dalam mendesain jangan menggunakan kombinasi warna yang bermacam macam apalagi elemen-elemen yang nyambung. CV yang terlalu rame mulai dari warna, ornamen dll akan membuat kesan childish sehingga terlihat tidak profesional. 

Translate »