PUBLIC ATTITUDE (SIKAP) MAHASISWA YANG HARUS KAMU MILIKI

Attitude atau sikap adalah evaluasi positif, negatif, atau campuran dari suatu objek yang dinyatakan pada beberapa tingkat intensitas. Sikap adalah ekspresi dari evaluasi yang menguntungkan atau tidak menguntungkan dari seseorang, tempat, benda, atau peristiwa. Sikap juga merupakan faktor penentu mendasar dari persepsi dan tindakan kita terhadap semua aspek lingkungan sosial kita. Sikap melibatkan organisasi yang kompleks keyakinan evaluatif, perasaan, dan kecenderungan terhadap tindakan tertentu. Seberapa besar kita menyukai atau tidak menyukai sesuatu yang menentukan perilaku kita terhadap hal itu. Kita cenderung mendekati, mencari, atau dikaitkan dengan hal-hal yang kita sukai.

Sikap seseorang memiliki dampak yang sangat besar terhadap pekerjaan dan kinerjanya. Misalnya, jika seseorang memiliki filter nilai bahwa kesuksesan dalam hidup adalah untuk memberi manfaat bagi orang lain, sikap ekstrovertnya selalu berupa kesediaan untuk melayani orang lain. Dengan sikap ini, ia akan dapat memegang posisi di layanan pelanggan, misalnya. Karena misalnya posisinya sesuai dengan posisinya dan tentunya dia akan melakukan tugasnya dengan baik.

Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Sikap

Banyak faktor yang berbeda dapat mempengaruhi bagaimana dan mengapa sikap terbentuk, diantaranya :

– faktor sosial

– instruksi langsung

– keluarga

– prasangka

– pengalaman pribadi

– media

– lembaga pendidikan dan keagamaan

– faktor fisik

– status ekonomi dan pekerjaan

Terkait : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Attitude (Sikap) Mahasiswa yang Harus Kamu Miliki

Sikap bekerja dengan hati nurani. Ketika kita menerapkan sikap ini dalam kehidupan kita sehari-hari, kita mengambil tanggung jawab yang lebih besar atas konsekuensinya dan mempengaruhi masyarakat. Begitu pula dengan IQ dan EQ. Keduanya harus seimbang, satu besar akan buruk. Beberapa contoh sikap adalah dia memiliki sikap positif tentang perubahan, dia ramah dan memiliki sikap yang baik, dia menunjukkan beberapa sikap selama latihan hari ini, jadi pelatih benched dia, saya suka teman-teman saya yang berarti saya mengekspresikan sikap saya terhadap teman-teman saya, dll.

Attitude (Sikap) Mahasiswa dalam Berpakaian

1. Pakaian yang sopan mencerminkan sikap orang yang berpendidikan. Maka, sebagai mahasiswa sudah tentu kamu adalah orang yang berpendidikan. Penampilan dangatlah berpengaruh oleh pandangan orang lain terhadap dirimu.

2. Pakaian yang pantas untuk mahasiswa formal atau semi formal, seperti kemeja, kemeja berkerah dan celana panjang, serta kombinasi sepatu siswa. Misalnya wanita dapat mengenakan blus, kemeja berkerah dan rok atau kombinasi celana panjang dan sepatu yang standar untuk di kenakan di wilayah pendidikan tinggi.

3. Pakaian formal mahasiswa di dalam dan di luar kampus pakaian yang sama seperti di atas dan dapat di tambahkan dengan mengenakan jaket almamater ketika sedang di lingkugan kampus atau sedang menghadiri acara formal tertentu.

Attitude (Sikap) Mahasiswa dalam Pergaulan

Untuk menciptakan kehidupan akademik yang mendukung di dalam dan di luar kampus Universitas Teknokrat Indonesia, mahasiswa harus menyadari perilaku etis berikut:

1. Senantiasa menjaga sopan santun dan saling menghormati terhadap dosen, staf, dan sesama mahasiswa.

2. Gunakan bahasa pergaulan yang mencerminkan rasa saling menghormati satu sama lain.

3. Bersikap baik dan sopan kepada setiap tamu yang datang ke kampus

Baca juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

Larangan Bagi Mahasiswa

Larangan yang dimaksud adalah sikap-sikap negative yang sebaiknya seorang mahasiswa lakukan, Yaitu pelanggaran-pelanggaran yang mencerminkan sikap buruk. Setiap Universitas mungkin memiliki bebarapa aturan masing-masing bagi mahasiswanya, namun berikut ini merupakan larangan-larangan yang tidujukan untuk mahasiswa secara umum. Setiap mahasiswa sebaiknya tidak melakukan hal-hal berikut:

1. Perbuatan yang melanggar norma dan aturan peraturan perundang-undangan yang berlaku

2. Penggunaan nama, institusi dan semua karakter/atribut dasar tidak sah.

3. Pemalsuan atau penyalahgunaan karakter kunci atau dokumen.

4. Menghambat atau mengganggu kelangsungan operasi di induk.

5. Merusak ruangan atau fasilitas.

6. Melanggar atau mengabaikan etika akademik dan sosial.

Translate »