Universitas Terbaik di Lampung, Dua Mahasiswa Teknokrat Juara Pidato dan Menulis Cerita Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Bandarlampung, – Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, salah satu Universitas Terbaik di Lampung kembali meraih juara dalam kompetisi Bahasa Inggris tingkat nasional.  Kali ini, Tim UKM Teknokrat English Club (TEC) memperoleh prestasi nasional dalam ajang English Festival 2021 yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa dan Budaya Inggris Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 8-28 Maret 2021 dengan mengusung tema “Empower Your Passion with Creativity”.  English Festival 2021 menawarkan dua kompetisi, yakni pidato bahasa Inggris dan menulis cerita berbahasa Inggris yang dilaksanakan secara daring. Dua mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia yakni Wahid Kurniawan dan Vina Qurrota Akyuningrum. 

Wahid Kurniawan, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Program Studi Sastra Inggris angkatan 2019 ditunjuk sebagai perwakilan untuk lomba menulis cerita Berbahasa Inggris. Wahid menjadi juara 1 pada ajang tersebut setelah melewati babak penyisihan berupa pengumpulan cerita pendek dan babak final pembuatan cerita on the spot. 

Selama proses latihan, Wahid dibimbing oleh Dian Puspita, M.Li. dosen program studi Sastra Inggris. Wahid yang merupakan penulis resensi aktif di berbagai media lokal dan juga salah satu pemenang Pekan Seni Mahasiswa Nasional tahun 2020 cabang penulisan cerita mendapatkan tantangan untuk menuangkan cerita dalam bahasa Inggris. Tantangan kosakata sastra dan tata bahasa Inggris membuat Wahid harus berusaha semaksimal mungkin agar cerita dapat dituangkan dengan baik.

Selain Wahid, Teknokrat English Club juga mengirimkan Vina Qurrota Akyuningrum, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019. Vina mengikuti cabang lomba pidato Bahasa Inggris dimana pada babak penyisihan, Vina mengumpulkan video pidato. Pada babak semifinal 15 besar, Vina ditantang untuk mempersiapkan pidato dalam 1 hari, sedangkan pada babak final 5 besar Vina harus mempersiapkan pidato melalui table topic round, yakni peserta mendapatkan kalimat untuk dikembangkan menjadi sebuah pidato. 

Panitia hanya memberikan waktu satu menit persiapan dan tiga sampai lima menit penampilian. Vina dalam persiapan babak semifinal dan final dibimbing oleh Suprayogi, M.Hum pembina UKM TEC. Dengan rajin berlatih dengan bimbingan dosen yang kompeten Wahid Kurniawan Juara 1 Short Story Writing dan Vina Qurrota Akyuningrum juga Juara 1 Speech dalam English Festival 2021 diselenggarakan oleh Prodi Bahasa dan Budaya Inggris Universitas Bunda Mulia Jakarta.  “Tidak semua mahasiswa terlatih untuk menyampaikan pidato dalam persiapan yang sangat singkat.

Perlu proses belajar struktur pidato, membaca banyak artikel, dan menghubungkan dengan logika dan pengalaman peserta karena apa yang disampaikan adalah hal-hal yang mereka sebenarnya sudah mereka pahami, sehingga tinggal dirangkai dalam sebuah penampilan pidato. Di ajang nasional terkadang bukan siapa yang berbicara paling banyak. Banyak peserta yang kemampuan bahasa Inggris dan retorikanya sudah baik, namun tak banyak yang bisa menyampaikan “winning idea”, yakni ide mana yang paling menarik (ketika babak final),” kata Suprayogi.

Di masa pandemi, UKM Teknokrat English Club berusaha untuk terus melatih mahasiswa-mahasiswi baru untuk persiapan mereka kedepannya. Agar mereka bisa berkompetisi dan berprestasi.  Menanggapi prestasi dua mahasiswa dalam perlombaan English Festival, Wakil Rektor I Bidang Akademil Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, mengucapkan syukur dan bangga.

Di musim pandemi Covid-19, tidak menyurutkan mahasiswa Universitas Teknokrat untuk terus mengukir prestasi. “Alhamdulillah berbagai kompetisi tingkat nasional diikuti oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, meski saat ini kita masih pandemi Covid-19. Dan alhamdulillah beberapa kompetisi yang diikuti mahasiswa meraih juara,” ujar Mahathir.  Mahathir terus mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi baik tingkat regional, nasional dan internasional. Pihak kampus memfasilitasi penuh mahasiswa yang mengikuti kompetisi. Dia juga berharap agar mahasiswa terus giat belajar dan berlatih meski dalam pandemi Covid-19.

BACA JUGA : Universitas Terbaik di Lampung, Mahasiswa Teknokrat Juara Nasional Story-Telling