Universitas Teknokrat Indonesia Raih Juara dalam Kompetisi Robot Tematik Mahasiswa Indonesia

Tim Robotika dari Universitas Teknokrat Indonesia meraih juara kedua dalam Kompetisi Robot Tematik Mahasiswa Indonesia (KRTMI) pada Kontes Robot Indonesia tahun 2024. Kompetisi daring tersebut menyuguhkan tema “Robot Pemilah Sampah”, menarik perhatian dengan inovasi teknologi yang ditampilkan.

Robot yang dikembangkan oleh tim Universitas Teknokrat Indonesia menunjukkan kemampuan luar biasa dalam memilah sampah otomatis berdasarkan jenisnya, dengan dilengkapi sensor canggih seperti kamera dan object detection, serta sistem kecerdasan buatan yang memungkinkan pemilahan sampah dengan akurasi tinggi.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Wadhwani Foundation India

“Keberhasilan ini adalah buah dari kerja keras tim kami selama berbulan-bulan. Kami bangga bisa berkontribusi dalam memberikan solusi terhadap masalah sampah yang menjadi perhatian besar di Indonesia,” ujar Jaka Persada Sembiring, S.Kom., M.Cs., selaku Pembimbing, Senin (3/6/2024).

Robot pemilah sampah yang dinamakan “Krakatau Skybot” diharapkan dapat diaplikasikan di berbagai tempat seperti sekolah, pusat perbelanjaan, dan tempat umum lainnya untuk membantu proses daur ulang.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 28 tim dari berbagai universitas di Indonesia, Universitas Teknokrat Indonesia berhasil bersaing dengan prestasi yang membanggakan. Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M., Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, menyatakan kekagumannya terhadap kualitas dan persiapan dari Tim Robot UTI tahun ini.

Selain meraih juara kedua, Tim Universitas Teknokrat Indonesia juga mendapatkan tiket untuk kembali berlaga di Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan awal bulan Juli tahun 2024 ini. Prestasi ini semakin mengukuhkan posisi Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu institusi pendidikan yang unggul dalam bidang teknologi dan inovasi.

Baca juga : Simak Pengalaman Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Nabila Yanwarita StudyXchange Global Youth Ambassador di Kuala Lumpur Malaysia

Kemenangan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Universitas Teknokrat Indonesia, tetapi juga diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menyelesaikan masalah lingkungan melalui teknologi.

KRTMI (Kompetisi Robot Tematik Mahasiswa Indonesia) adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Pusprenas. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong inovasi di kalangan mahasiswa dalam bidang robotika, dengan tema yang berbeda setiap tahunnya yang terkait dengan isu-isu terkini.