Universitas Teknokrat Indonesia Masuk Jajaran Kampus Swasta Terbaik Versi Times Higher Education Impact Ranking 2024

Kampus Swasta Terbaik – Universitas Teknokrat Indonesia kembali membuktikan sebagai kampus dengan segudang prestasi. Pada tahun 2024 ini, Universitas Teknokrat Indonesia dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Luar Pulau Jawa berdasarkan Times Higher Education World’s Impact Ranking 2024.

Times Higher Education yang berlokasi di Inggris ini mengumumkan daftar 32 kampus terbaik di Indonesia dari sekitar 4.523 perguruan tinggi yang ada di Nusantara. Pemeringkatan Times Higher Education World’s Impact Ranking didasarkan atas upaya perguruan tinggi dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga : Prodi S1 Pendidikan Olahraga Universitas Teknokrat Raih Akreditasi Baik Sekali

Universitas Teknokrat Indonesia mendapatkan Skor 44,2-49,9 untuk SDG 4 Quality Education yakni upaya institusi dalam memastikan pendidikan yang inklusif dan setara serta mendukung penuh pembelajaran sepanjang hayat.

Selain itu, Universitas Teknokrat Indonesia meraih Skor 42,1-48,1 untuk SDG 5 Gender Equality yakni mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

Dalam indikator SDG 6 Clean Water and Sanitation, Universitas Teknokrat Indonesia mendapatkan Skor 36,2-48,3 yakni upaya untuk menjamin ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

Terakhir, Universitas Teknokrat Indonesia mendapatkan Skor 1,7-36,8 untuk SDG 17 Partnerships for the Goals, Universitas Teknokrat Indonesia dinilai terus memperkuat sarana implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan

Secara keseluruhan, Universitas Teknokrat Indonesia berada di kelas yang sama dengan universitas ternama seperti UNY, Unila, dan Universitas Maranatha.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM., menekankan pentingnya peringkat Times Higher Education bagi sebuah perguruan tinggi.

“Times Higher Education adalah lembaga pemeringkatan yang telah beroperasi selama 50 tahun, dan dengan rekam jejak reputasinya, dianggap andal dalam menilai kualitas perguruan tinggi,” ujarnya.

Mahathir juga menyatakan bahwa perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education Impact Ranking adalah yang memiliki perhatian besar terhadap dukungan pembangunan berkelanjutan di tingkat global.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan visi Universitas Teknokrat Indonesia untuk menjadi universitas unggul di Sumatera dan berstandar internasional dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE., MBA., mengapresiasi kerja keras tim manajemen dan sivitas akademika yang terus berkomitmen untuk menjadikan Universitas Teknokrat Indonesia sebagai kampus hijau yang berkualitas dan bereputasi internasional.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Universitas Teknokrat Indonesia Dikenal Sebagai Kampus Terbaik di ASEAN!

“Universitas Teknokrat Indonesia terus meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi dan isu-isu global seperti pencapaian Sustainable Development Goals,” kata Rektor.

Universitas Teknokrat Indonesia juga telah dua tahun berturut-turut menjadi PTS terbaik di luar Pulau Jawa dalam pemeringkatan UIGreenmetric yang juga mengukur upaya kampus dalam memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan.