Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Juara Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS)

Setiap tahun mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Asean Program Studi S1 Pendidikan Matematika menjadi juara nasional bidang matematika.

Kali ini mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) kembali prestasi di tingkat nasional. Mahasiswa meraih Juara 3 Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS) yang diselenggarakan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yakni Yuli Santika, Yuli merupakan mahasiswa angkatan 2019.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Juara III Lomba Inovasi Daerah Lampung 2022

Dosen pembimbing, Nicky Dwi Puspaningtyas S.Pd., M.Pd, menyatakan bahwa esai matematika yang dibuat oleh Yuli yaitu mengenai “Kain Tapis: Aktualisasi Matematika Dengan Kearifan Lokal Lampung”

Esai Matematika

Esai matematika Yuli Santika mengulas pembelajaran matematika yang lebih bermakna jika berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari. Pendekatan budaya yang terdapat di lingkungan sekitar membuat
peserta didik lebih mudah dalam memahami materi. Metode Etnomatematika
secara mengesankan menjadi jembatan masyarakat Lampung mengenalkan budaya. Kain Tapis menjadi bahan peserta didik untuk berpikir bahwa
ilmu matematika konkret pada budaya lokal dan menarik untuk dipelajari.

“Penyajian dalam pembelajaran metode etnomatematika dengan
pendekatan kebudayaan Lampung sangat dibutuhkan untuk mempertinggi kualitas
motivasi belajar, hasil belajar serta rasa cinta terhadap budaya sehingga terlihat
bahwa kebudayaan masyarakat tetap dilestarikan dan dijaga untuk warisan kepada
generasi selanjutnya,” kata Yuli Santika.

Adapun penyelenggaraan Lomba Esai Matematika tersebut dilaksanakan dari mulai tanggal 29 Agusuts – 17 September 2021 untuk mengumpulkan karya berupa esai matematika, kemudian pengumuman 10 besar esai terbaik diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2021. Setelah itu video presentasi mengenai esai tersebut dilakukan pada periode 30 Oktober – 03 Desember 2022 pengumuman pemenang secara luring dan daring.

Apresiasi Wakil Rektor UTI

Dr H Mahathir Muhammad SE MM, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, mengatakan kampus sangat bangga dengan prestasinya dalam kompetisi matematika sekala nasional ini. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dibimbing oleh dosen dapat bermanfaat bagi masyarakat, ujarnya.