Kampus Juara: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Juarai Ajang Public Speaking tingkat ASIA

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) berhasil meraih posisi kedua dan ketiga dalam Asian English Olympics (AEO). Prestasi gemilang ini menjadi kebanggaan luar biasa untuk Teknokrat, kampus yang dikenal juga sebagai “Kampus Juara”.

Asian English Olympics (AEO) adalah kompetisi bahasa Inggris internasional yang diadakan oleh Universitas Bina Nusantara mulai dari 28 Januari hingga 3 Februari 2024. Acara ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris dan public speaking secara global.

Baca juga : Keren! Universitas Teknokrat Indonesia Kembali Raih Peringkat 1 Internasional Impact Webometrics

Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) mengirimkan 8 perwakilan untuk berkompetisi dalam beberapa cabang, seperti pidato, scrabble, news casting, dan debat.

Kejuaraan Asian English Olympics (AEO) ini melibatkan partisipasi mahasiswa dari berbagai institusi internasional dan nasional, termasuk SOLBridge International School of Business (Korea Selatan), LYCEUM of the Philippine University-Batangas, University Mindanao Philippine, Binus University, Universitas Indonesia, Universitas Lampung, dan Universitas Brawijaya. Ajang ini menunjukkan keragaman peserta dari berbagai belahan dunia yang bersaing dalam pengetahuan bahasa Inggris.

Adapun mahasiswa Teknokrat yang meraih juara yaitu:

1.Juara II Scrabble Aditya Putra Difa (Teknik Elektro/2023)
2.Juara III News Casting, Rindi Nur Oktavia (Sastra Inggris/2020)
3.Grandfinalist kategori Debate Novice (Ardhani Esa Hanny Wulandari)
4.Semifinalists Speech (A Vahry Lilam Putra)
5.Quarterfinalist of Newscasting (Adelia Putri) dan
6.Scrabble Rank 5 (Prayoga Affandi)

Rindi, seorang mahasiswi dari Teknokrat yang meraih juara, bercerita tentang pengalaman dalam lomba news casting, dimana ia berhasil melewati empat putaran.

Pada putaran pertama, prepared news, Rindi membacakan hard news dan feature yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Putaran kedua, tag team, melibatkan peserta yang dipasangkan dengan peserta lain untuk membacakan berita.

Putaran ketiga, flash news, di mana peserta harus membacakan berita baru yang diberikan saat itu juga.

Putaran keempat adalah talkshow, di mana peserta melakukan wawancara dengan bintang tamu. Sedangkan putaran final, 5 besar, berupa live report atau laporan langsung.

Para juri dalam perlombaan news casting adalah penyiar berita profesional, yang membuat Rindi merasa senang dapat bertemu dengan para news anchor berpengalaman.

Rindi menjadi satu-satunya pemenang dari Indonesia, sementara dua pemenang lainnya berasal dari Filipina.

Rindi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Kampus Juara yang telah memberikan dukungan penuh dalam persiapan dan partisipasi tim dalam Asian English Olympics (AEO). Ia juga mengakui bahwa keberhasilannya tidak terlepas dari bimbingan luar biasa dari para dosen pembimbing.

Dina Amelia, sebagai pembimbing perlombaan, merasa sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa dan berkomitmen untuk terus membimbing mahasiswa UTI ke level internasional.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian gemilang ini.

“Prestasi ini merupakan bukti dari kualitas pendidikan yang kami berikan di Universitas Teknokrat Indonesia sebagai Kampus Juara. Kami sangat bangga melihat mahasiswa-mahasiswa kami menunjukkan bakat dan keunggulan mereka dalam kompetisi internasional seperti AEO,” ungkap Mahathir.

Asian English Olympics (AEO) International adalah ajang prestisius bagi mahasiswa dari seluruh Asia untuk berkompetisi dan berbagi pengetahuan dalam bahasa Inggris.

Prestasi gemilang mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia tidak hanya mencerminkan keunggulan akademis mereka, tetapi juga menunjukkan kemampuan mereka dalam beradaptasi dan bersaing di tingkat internasional. Ini membuktikan bahwa mereka mampu tampil di panggung internasional dengan percaya diri dan keahlian bahasa Inggris yang luar biasa.

Baca juga : Teknokrat Academic Expo 2024 Diramaikan oleh Karya dan Inovasi Mahasiswa

Selamat kepada tim mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia atas prestasi luar biasa ini.

Keberhasilan mereka dalam AEO International Competition semakin meningkatkan reputasi universitas sebagai pusat pendidikan yang fokus pada memberikan pengalaman pendidikan terbaik bagi mahasiswa. Prestasi ini mencerminkan dedikasi universitas untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif dan memberikan dukungan maksimal untuk pengembangan potensi mahasiswanya.