Dua Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Juara Newscasting Nasional

Dua mahasiswa sastra inggris Universitas Teknokrat Indonesia juara Newscasting Nasional. Devan Ahmad Pramudia dan Rindi Nur Octavia, mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia, berhasil meraih prestasi sebagai juara dalam lomba newscasting (membaca berita) pada ajang J-EALFEST 4.0 yang berlangsung pada tanggal 5-11 Februari 2024. Devan meraih juara kedua, sementara Rindi berhasil meraih juara ketiga dari total 22 peserta yang berasal dari sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Indonesia. J-EALFEST 4.0 merupakan acara tahunan yang diadakan secara daring oleh STBA JIA Bekasi dengan tujuan meningkatkan potensi dan minat belajar bahasa Inggris, khususnya dalam public speaking competition.

Kedua mahasiswa tersebut, Devan dan Rindi, menunjukkan performa terbaik mereka dalam membaca berita berbahasa Inggris dengan nilai masing-masing 350 dan 343, berhasil mengungguli peserta dari UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Jember, Universitas Sriwijaya, dan STIH IBLAM. Dalam persiapannya, mereka dibantu oleh tim Studio E-learning Universitas Teknokrat Indonesia untuk memastikan kualitas gambar dan suara yang jernih. Keduanya juga aktif sebagai anggota Teknokrat English Club (TEC), di mana mereka rutin berlatih keterampilan berbahasa Inggris seperti bercerita, membawakan berita, berpidato, dan mempraktikkan pelafalan bahasa Inggris yang baik dan lancar setiap minggunya.

Baca juga : Membanggakan! Universitas Teknokrat Indonesia Juara Asian English Olympics International Competition 2024

Devan dan Rindi mengungkapkan kebanggaan mereka atas pencapaian ini dalam waktu senggang. Devan menyatakan, “Lomba satu babak ini membuat saya harap-harap cemas karena langsung menentukan pemenangnya. Lebih mudah jika ada dua hingga tiga babak karena memberi kesempatan lebih. Namun, saya bersyukur bisa meraih kemenangan dengan satu kali penampilan. Ini merupakan kemenangan pertama saya sebagai mahasiswa.” Sementara itu, Rindi juga merasa puas dengan prestasi yang dicapai, “Alhamdulillah, saya meraih juara ketiga dalam lomba ini dan dapat memberikan kontribusi positif di kampus meskipun persiapannya singkat karena harus mempersiapkan lomba lainnya.” Rindi sendiri merupakan mahasiswa semester akhir yang sebelumnya juga berhasil menjadi juara newscasting di Asian English Olympics 2024 di Universitas Bina Nusantara.

Keberhasilan keduanya tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh Universitas Teknokrat Indonesia, yang senantiasa memberikan ruang dan fasilitas untuk mengembangkan diri mahasiswa, terutama dalam menghadapi kompetisi. Ketua Program Studi Sastra Inggris sekaligus Pembina UKM Teknokrat English Club, Suprayogi, M.Hum, menyatakan kebanggaannya atas prestasi mahasiswa, “Kita ingin Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia terus diakui masyarakat sebagai program studi yang berprestasi dan unggul menuju standar internasional.”

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menambahkan, “Kami berharap terus muncul mahasiswa berbakat yang lahir selama berproses di Universitas Teknokrat Indonesia, sehingga mereka dapat menjadi kebanggaan bagi keluarga, kampus, dan Indonesia.”