Mahasiswa UTI Ade Firmansyah Raih Juara 2 Desain Poster Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • By
  • 31 August

Mahasiswa dari Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Ade Firmansyah telah berhasil meraih posisi kedua dalam kompetisi desain poster yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, bekerja sama dengan Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan PT Pertamina Patra Niaga IT Panjang.

Perlombaan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dengan tema “Mengurangi Polusi Sampah Plastik untuk Membuat Bumi Lebih Hijau.” Lomba tersebut diikuti oleh berbagai kalangan, terutama mahasiswa di Lampung.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia Sukses Gelar Teknokrat Entrepreneur Vaganza 2023

Peserta diharuskan untuk menggambarkan isu lingkungan terkait polusi sampah plastik dan pentingnya mengurangi dampak negatifnya terhadap bumi melalui kreasi dalam desain poster.

Karya Ade Firmansyah, yang saat itu merupakan mahasiswa semester kedua Program Studi S1 Sistem Informasi UTI, berhasil menarik perhatian para juri karena dianggap sederhana, unik, dan memiliki daya tarik yang tinggi.

Dalam karyanya, Ade menggambarkan sebuah dunia yang hampir terhampar oleh tumpukan sampah plastik yang mengancam keberlangsungan hidup berbagai jenis makhluk. Pada latar belakang poster, dia juga mengilustrasikan gambaran bumi yang lebih bersih dari polusi udara yang berhasil dikurangi melalui pesan, “Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang, Selamatkan Bumi.”

Melalui karyanya, Ade menyampaikan pesan tentang pentingnya kerjasama untuk mengatasi masalah polusi plastik.

Dalam keterangannya, Ade mengungkapkan, “Desain ini mencerminkan harapan untuk masa depan yang lebih baik jika kita semua bersatu untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menjaga lingkungan,” pada Kamis (31/8/2023).

Dengan meraih posisi kedua, Ade berhak menerima penghargaan berupa sertifikat, piala, dan hadiah uang tunai.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia Terapkan IoT Atur Suhu Berkah Unggas Farm Jatiagung

Dia juga mengucapkan terima kasih sambil berharap bahwa pesan yang disampaikan melalui karyanya dapat menginspirasi generasi muda dan mahasiswa lainnya untuk mengambil tindakan nyata.

Ade menuturkan, “Untuk mendukung lingkungan yang lebih bersih dan sehat, seperti dalam program Greenmetric UTI.”