Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Lampung – Universitas Teknokrat Indonesia

  • By
  • 17 April

Universitas Teknokrat Indonesia diakui sebagai salah satu universitas terbaik di Lampung. Universitas ini memiliki fokus pada pendidikan yang berbasis teknologi dan didukung oleh fasilitas yang modern dan lengkap. Selain itu, Universitas Teknokrat Indonesia juga memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Hal ini membuat lulusan dari universitas ini memiliki kemampuan dan keahlian yang diakui oleh perusahaan-perusahaan di Lampung dan di luar daerah. Sebagai universitas terbaik di Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja.

Profile Program Studi Teknik Sipil

Visi

Pada Tahun 2026 Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang Ilmu Terapan dan Ilmu Komputer yang Unggul dan Berstandar Internasional di Indonesia serta berperan aktif dalam Pembangunan Bangsa melalui Proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dengan kualitas unggul.

2. Menyelenggarakan penelitian, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang teknik, teknologi, dan ilmu komputer.

3. Melaksanakan kegiatan PKM khususnya di bidang teknik, teknologi dan ilmu komputer.

4. Penguatan manajemen berbasis TIK dalam membangun suasana akademik yang kondusif menuju Good University Governance (GUG) bertaraf internasional.

Akreditasi

Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Lampung memperoleh Predikat Baik Sekali. Kali ini, Hasil Akreditasi Program Studi S-1 Teknik Sipil meraih predikat Baik.

Mata Kuliah Unggulan

Beberapa mata kuliah unggulan Jurusan Teknik Sipil di Universitas Teknokrat Indonesia antara lain:

1. Struktur Beton Bertulang Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktur beton bertulang, termasuk konsep-konsep desain struktur beton bertulang, pemilihan material, dan metode pelaksanaan konstruksi. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis dan desain struktur beton bertulang menggunakan software komputer.

2. Teknologi Beton Mata kuliah ini membahas tentang pengenalan material beton, sifat-sifat beton, metode-metode produksi beton, dan penerapan beton pada konstruksi bangunan. Mahasiswa akan mempelajari standar-standar nasional dan internasional untuk produksi beton, pemilihan bahan baku, metode-metode pembuatan beton, dan pengujian beton.

3. Mekanika Tanah Mata kuliah ini membahas tentang sifat-sifat dan perilaku tanah, prinsip-prinsip dasar mekanika tanah, dan aplikasi mekanika tanah pada teknik sipil. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik uji laboratorium dan uji lapangan, serta analisis dan desain pondasi.

4. Desain Struktur Baja Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktur baja, termasuk konsep-konsep desain struktur baja, pemilihan material, dan metode pelaksanaan konstruksi. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis dan desain struktur baja menggunakan software komputer.

5. Sistem Drainase dan Irigasi Mata kuliah ini membahas tentang perencanaan dan desain sistem drainase dan irigasi untuk mengendalikan air dalam lingkungan konstruksi. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar perencanaan dan desain sistem drainase dan irigasi, termasuk penggunaan software komputer untuk analisis hidrolik.

Mata kuliah-mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang penting dalam bidang Teknik Sipil dan dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional yang kompeten dalam bidangnya.

Prestasi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil di Universitas Teknokrat Indonesia telah mengukir berbagai prestasi di bidang teknologi informasi baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia antara lain:

1. Juara I Lomba Teknologi Tepat Guna BAPPEDA Pringsewu

2. Pertukaran Mahasiswa dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

3. Juara II Kompetisi 3d Aeromodeling Competition Technogine tanggal 17 – 20 Januari 2023 di Bandung, Telkom University

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia, diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan kemampuan dan berprestasi di bidang teknologi informasi.

Peluang Kerja Lulusan Program Studi Teknik Sipil

Lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia memiliki peluang kerja yang cukup luas dan menjanjikan di berbagai sektor, antara lain:

1. Kontraktor Konstruksi Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja sebagai konsultan atau kontraktor konstruksi, yang bertanggung jawab dalam merancang, mengawasi, dan mengelola proyek konstruksi mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan.

2. Instansi Pemerintah Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pengawas Konstruksi (BPK), dan sejenisnya, sebagai konsultan atau pegawai.

3. Perusahaan Swasta Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja di perusahaan swasta seperti perusahaan konstruksi, perusahaan konsultan, perusahaan manufaktur, dan sejenisnya yang membutuhkan ahli teknik sipil dalam mengelola dan membangun infrastruktur.

4. Lembaga Penelitian dan Pendidikan Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja di lembaga penelitian dan pendidikan seperti universitas dan lembaga penelitian, sebagai dosen atau peneliti dalam bidang teknik sipil.

5. Profesi Terkait Lulusan Teknik Sipil dapat melanjutkan pendidikan dan mendapatkan sertifikasi dalam profesi terkait seperti Insinyur Profesional (Ir. atau IP), Insinyur Ahli Bidang Konstruksi (IABK), dan sejenisnya.

Dengan keahlian yang dimiliki, lulusan Teknik Sipil dapat memiliki peluang karir yang luas dan beragam, serta memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam proyek-proyek konstruksi di masa depan.

Fasilitas Program Studi Teknik Sipil di Universitas Teknokrat Indonesia

Program Studi Teknik Sipil di Universitas Teknokrat Indonesia memiliki fasilitas yang lengkap dan modern untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa, antara lain:

1. Laboratorium Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia memiliki laboratorium Teknik Sipil yang dilengkapi dengan peralatan dan instrumen modern, seperti pengujian beton, pengujian tanah, pengujian agregat, dan sejenisnya. Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan praktikum mahasiswa dan penelitian dosen.

2. Perpustakaan Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia memiliki koleksi buku dan jurnal yang lengkap dan terbaru dalam bidang Teknik Sipil, sehingga mahasiswa dapat mengakses literatur terbaru untuk mendukung kegiatan akademiknya.

3. Ruang Kuliah dan Laboratorium Komputer Universitas Teknokrat Indonesia memiliki ruang kuliah dan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan fasilitas yang modern dan up-to-date. Ruang kuliah ini digunakan untuk kegiatan perkuliahan, sedangkan laboratorium komputer digunakan untuk kegiatan praktikum dan penelitian.

4. Akses Internet Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil di Universitas Teknokrat Indonesia memiliki akses internet yang cepat dan stabil, sehingga dapat memperoleh informasi dan memanfaatkan sumber daya daring untuk mendukung kegiatan akademiknya.

Dengan fasilitas yang lengkap dan modern ini, mahasiswa Program Studi Teknik Sipil di Universitas Teknokrat Indonesia dapat mengoptimalkan potensi akademiknya dan mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional yang berkualitas dalam bidang Teknik Sipil.

Informasi Beasiswa Program Studi Teknik Sipil

Universitas Teknokrat Indonesia memberikan berbagai macam beasiswa untuk mahasiswa Program Studi Teknik Sipil yang berprestasi dan memiliki kriteria tertentu. Beberapa informasi mengenai beasiswa yang tersedia adalah:

1. Beasiswa Prestasi Akademik Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh universitas. Besar beasiswa yang diberikan bervariasi tergantung pada prestasi akademik mahasiswa.

2. Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki kondisi ekonomi yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Besar beasiswa yang diberikan bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kondisi ekonomi mahasiswa.

3. Beasiswa Penelitian Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang melakukan penelitian dalam bidang Teknik Sipil dan membutuhkan biaya untuk membiayai kegiatan penelitiannya. Besar beasiswa yang diberikan bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kualitas penelitian yang dilakukan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia dan kriteria yang harus dipenuhi, mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dapat menghubungi Kantor Urusan Internasional dan Kerja Sama Universitas Teknokrat Indonesia.

Top of Form