INTERNET, INTRANET dan EKSTRANET – APA PERBEDAAN DAN FUNGSINYA??

Perbedaan primer antara internet, intranet & ekstranet terletak dalam jangkauan jaringannya. Selain itu, internet, intranet, dan ekstranet jua mempunyai fungsi yg berbeda. Secara garis besar, internet bisa dipakai pada semua dunia. Intranet hanya bisa dimanfaatkan pada lingkup internal organisasi atau perusahaan. Sedangkan ekstranet bisa digunakan sang beberapa pihak yg tergabung pada intranet.

Pengertian internet

Sistem jaringan personal komputer yg saling berafiliasi memakai jaringan komunikasi yg terdapat pada semua global adalah definisi berdasarkan internet. Jangkauan jaringan internet nir hanya terdapat pada suatu perusahaan atau wilayah saja, melainkan terkenal diseluruh dunia atau sangat luas. Menurut Muhamad Sadi Is pada kitab Aspek Hukum Informasi pada Indonesia (2021), internet merupakan singkatan berdasarkan interconnection-networking, yg secara harafiah diartikan menjadi sistem dunia berdasarkan semua jaringan personal komputer yg saling terhubung.

Fungsi internet

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari internet:

Memfasilitasi pencarian informasi

Memfasilitasi pencarian pengetahuan

Memfasilitasi transmisi informasi melalui berbagai media elektronik

Memfasilitasi saluran komunikasi

Memfasilitasi akses ke hiburan seperti musik dan film

Memfasilitasi kegiatan bisnis, pendidikan, dll Lihat foto Ilustrasi Internet, jejaring sosial.

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer – FTIK UTI

Pengertian intranet

Johnsen menjelaskan dalam Membangun Portal Intranet dengan Aplikasi Sumber Terbuka Moregroupware (2004) bahwa intranet adalah bentuk teknologi yang digunakan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Intranet digunakan untuk mempercepat proses pertukaran informasi atau data dalam suatu perusahaan atau organisasi. Secara umum, intranet dapat beroperasi menggunakan jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area luas (WAN).

Fungsi intranet

Fungsi utama dari intranet adalah untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau perangkat jaringan. Padahal, fungsi intranet antar bisnis dan antar organisasi berbeda. Secara umum, bagaimanapun, intranet melayani tiga fungsi utama. Penjelasan berikut dikutip dari buku Information Technology Concepts (2021) karya Fergie Joanda Kaunang dkk. Mengakses Informasi Anda dapat menggunakan intranet untuk mengakses dokumen, kebijakan, dan informasi yang dibutuhkan karyawan perusahaan atau organisasi Anda. Sederhanakan Komunikasi Intranet memudahkan karyawan untuk berkomunikasi, berbagi data, dan mengirim informasi. Anda dapat menggunakan Intranet Perilaku Manajemen Karyawan untuk menyediakan informasi bagi manajemen sumber daya manusia. Lihat foto ilustrasi transaksi cashless menggunakan smartphone.

Pengertian ekstranet

Mardia dkk. Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis (2021) menjelaskan ekstranet sebagai kombinasi dari beberapa intranet dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Ekstranet biasanya menghubungkan intranet perusahaan induk ke intranet pelanggan perusahaan itu. Hal ini membuat proses komunikasi dan transfer informasi menjadi lebih mudah.

Fungsi ekstranet

Fungsi utama dari ekstranet yaitu untuk memfasilitasi pertukaran data skala besar dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Extranet ini juga berfungsi sebagai penyedia akses yang berisi informasi penting dan database untuk tujuan bisnis. Perbedaan Antara Internet, Intranet dan Extranet Seperti dibahas di atas, perbedaan utama antara Internet, intranet dan ekstranet adalah jangkauan jaringan. Internet dapat diakses di seluruh dunia. Intranet hanya berada di dalam area internal perusahaan atau organisasi. Di sisi lain, ekstranet adalah kombinasi dari beberapa intranet. Prativi Bernadetta Phurba dan rekan menulis dalam buku mereka Fundamentals of Education Management (2020) bahwa perbedaan antara Internet, intranet dan ekstranet juga terbatas pada akses data dan informasi. Membatasi siapa yang dapat mengakses data atau informasi saat menggunakan Internet hampir selalu sangat sulit. Namun, jika Anda menggunakan intranet, hanya karyawan perusahaan atau organisasi Anda yang dapat mengakses data Anda. Sementara itu, karyawan perusahaan mitra memiliki akses ke ekstranet.

Jadi, kami dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara Internet, intranet, dan ekstranet terletak pada ruang lingkup jaringan dan pembatasan akses ke data dan informasi.