Dosen Universitas Teknokrat Indonesia, Implementasikan Smart School di SMK Islam Adiluwih Pringsewu

  • By
  • 4 September

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, telah melaksanakan implementasi Smart School di salah satu sekolah di Kabupaten Pringsewu. Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan SMK Islam Adiluwih Pringsewu pada tanggal 31 Agustus 2023 di Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Teknokrat Indonesia, Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd., bersama dengan tim dosen komputer, yaitu Dr.Si. Dedi Darwis, M.Kom., dan Setyawansyah, M.Kom., serta dua mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia (FTIK-UTI).

Baca juga : Respons Kebijakan Pengganti Skripsi, Universitas Teknokrat Indonesia Siapkan Tugas Akhir Inovatif Kontributif

SMK Islam Adiluwih Pringsewu menghadapi beberapa masalah yang perlu diatasi, antara lain, kurang optimalnya kompetensi guru dalam mengelola mata pelajaran praktik/produktif secara online dan pengelolaan sistem pelayanan administrasi dan keuangan sekolah yang belum optimal. Oleh karena itu, tim PKM dari UTI memberikan solusi berupa pelatihan dan pendampingan kepada para guru dalam merancang dan membuat konten pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran praktik/produktif yang dapat mensimulasikan kegiatan praktik berbasis Virtual Lab. Mereka juga menerapkan teknologi Virtual Lab yang dapat digunakan oleh siswa untuk pembelajaran mandiri dengan menggunakan alat seperti Virtual Programming Laboratory (VPL), HTML 5 Canvas, dan Proxmox. Selain itu, mereka menerapkan aplikasi yang dapat diakses secara online melalui situs web dan perangkat seluler untuk sistem administrasi dan keuangan sekolah, sehingga semua layanan administrasi dan keuangan dapat diakses secara real-time.

Smart School adalah sistem yang dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan akademis, dengan ujian berbasis teknologi yang akan meningkatkan efisiensi penggunaan media ujian seperti kertas, pena, dan lainnya. Selain itu, Smart School yang diimplementasikan juga mencakup aplikasi pembayaran iuran komite dari siswa.

Baca juga : Program Sekolah Binaan UTI, Pelatihan Internet of Things di SMKS BLK Bandar Lampung

Kegiatan PKM ini merupakan hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek) tahun 2023 melalui skema Program Kemitraan Masyarakat. Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd., selaku ketua tim pelaksana kegiatan, menyampaikan bahwa kegiatan PKM di SMK Islam Adiluwih ini akan dilaksanakan secara bertahap dan intensif.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia menyambut baik kegiatan PKM yang telah dilaksanakan dan berharap agar Smart School ini tidak hanya dapat diterapkan di SMK Islam Adiluwih, tetapi juga dapat diperluas ke sekolah kejuruan lainnya di Provinsi Lampung. Dengan demikian, manfaat hasil penelitian dan PKM dosen UTI dapat dinikmati oleh masyarakat secara lebih luas.