WOW!! Berikut Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Otak

Kopi merupakan minuman yang masuk dalam minuman paling populer di semua kalangan. Kopi ini tersedia dalam berbagai rasa dan bisa disajikan panas atau dingin. Salah satu manfaat minum kopi dikenal banyak orang sebagai obat kantuk. Tapi tidak hanya itu, minum kopi memiliki efek positif pada kesehatan otak. Penasaran apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan otak?

Bahan Aktif yang Terkandung dalam Kopi

Kopi mengandung banyak sekali senyawa aktif biologis yang dapat menjaga kesehatan tubuh Kita, termasuk otak Kita. Nah, sebagian besar senyawa tersebut merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam sel Kita.

Beberapa bahan aktif dalam kopi sehat antara lain:Kafein. Zat psikoaktif yang dapat merangsang sistem saraf pusat.

1. Asam klorogenat (CHA).

2. Antioksidan polifenol yang berperan dalam metabolisme gula darah dan mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Cafestol dan Kawall. Minyak kopi alami baik untuk hati dan melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat.

4. Trigonelin. Senyawa alkaloid yang terlibat dalam pengolahan asam nikotinat (vitamin B3) mencegah kerusakan gigi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Jumlah masing-masing zat dalam kopi sangat bervariasi tergantung pada jenis biji kopi, cara biji kopi diproses, dan jumlah kopi yang Kita minum.

Beberapa Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Otak

Manfaat minum kopi akan Anda dapatkan apabila asupan Anda cukup dan tepat waktu dan pilihan kopi Anda juga berkualitas baik, disarankan untuk minum kopi. Beberapa manfaat minum kopi terhadap kesehatan otak antara lain:

1. Tingkatkan Konsentrasi

Manfaat minum kopi yang pertama yaitu meningkatkan konsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat mempengaruhi fungsi otak. Kafein, dibawa oleh aliran darah, berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangsang produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Ketiga koneksi ini membuat proses berpikir Anda lebih efisien dengan membuat Anda lebih penuh perhatian dan fokus. Ketiga senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan mood.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat minum kopi selanjutnya yaitu meningkatkan daya ingat kita. Kafein tidak hanya meningkatkan perhatian, tetapi juga meningkatkan daya ingat. Kafein dapat merangsang otak untuk mengingat apa yang telah dilupakan dengan tidak menyuruh otak untuk mengingat sesuatu. Namun, asupan kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan ingatan yang tidak akurat. Kehadiran kafein di otak untuk meningkatkan daya ingat cenderung lebih umum pada orang yang minum sedikit kopi.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Otak dan Saraf

Otak, seperti bagian tubuh lainnya, juga memburuk. Sejumlah penyakit dapat menyerang otak, salah satunya adalah demensia dan penyakit Alzheimer. Penyakit ini menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku saat melakukan aktivitas sehari-hari. Risiko kedua penyakit ini terus meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, minum kopi dapat memperlambat perkembangan penyakit. Para peneliti percaya bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam kopi dapat mengurangi peradangan pada sel-sel otak. Selain demensia dan penyakit Alzheimer, kafein dalam kopi diduga membantu mencegah penyakit Parkinson. Penyakit ini berhubungan dengan kerusakan atau kematian sel saraf di otak yang memproduksi dopamin. Akibatnya, gerakan tubuh terganggu dan tubuh bergetar.

Baca Juga : 8 MANFAAT PENTINGNYA MANDI MENGGUNAKAN AIR DINGIN

Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

Namun selepas dari ini meminum kopi juga harus sesuai kebutuhan yaa teman teman. Karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Adapula efek samping dari meminum kopi yang berlebihan, berikut diantaranya :

1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Peningkatan frekuensi buang air kecil Mengkonsumsi kopi sering dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal yang sama bisa terjadi ketika orang minum teh terlalu banyak. Padahal, asupan kafein yang berlebihan bisa menyebabkan inkontinensia pada beberapa orang, apalagi jika tidak diimbangi dengan minum air putih.

2. Kecanduan

Salah satu efek negatif kopi ada hubungannya dengan kandungan kafeinnya. Setelah Anda terbiasa memulai hari Anda dengan kafein, itu menjadi kecanduan itu sendiri. Kafein mengaktifkan bahan kimia di otak yang mirip dengan efek kokain dan amfetamin. Namun, bahaya minum kopi adalah ketergantungan psikologis dan fisik. Dalam sebuah penelitian, 213 orang yang rutin mengonsumsi kafein mencoba untuk tidak mengonsumsi kafein selama 16 jam. Akibatnya, saya merasakan sakit kepala hingga mereda ketika saya berhenti mengonsumsi kafein.

3. Gelisah

Kopi mengandung kafein, yang membuat seseorang lebih terjaga karena menghalangi aksi zat kimia otak yang disebut adenosin yang menyebabkan kelelahan. Pada saat yang sama, kafein melepaskan hormon adrenalin, yang meningkatkan energi. Namun, minum kopi terlalu banyak dapat membuat seseorang menjadi sangat gelisah atau stres. Asupan yang berlebihan (misalnya, lebih dari 1000 mg per hari) dapat menyebabkan masalah ini. Pada orang yang tidak terbiasa dengan kafein, dosis yang lebih rendah dapat menyebabkan kecemasan.

4. Insomnia

Minum kopi saat siklus tidur membuat seseorang lebih rentan insomnia. Ini karena efek kopi meningkatkan gairah, yang bisa membuat sulit tidur. Tidak hanya itu, secara signifikan dapat mengurangi jumlah waktu tidur Anda, terutama pada orang tua. Secara umum, faktor genetik juga mempengaruhi efek kafein dan siklus tidur.

Kopi merupakan minuman yang masuk dalam minuman paling populer di semua kalangan. Kopi ini tersedia dalam berbagai rasa dan bisa disajikan panas atau dingin. Salah satu manfaat meminum kopi dikenal banyak orang sebagai obat kantuk. Tapi tidak hanya itu, minum kopi memiliki efek positif pada kesehatan otak. Penasaran apa saja manfaat kopi untuk kesehatan otak?

Translate »