Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tentang strategi digital marketing untuk peningkatan daya jual di UMKM binaan Kelurahan Labuhan Dalam. Kali ini tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Manajemen Universitas Teknokrat Indonesia yang melaksanakan pengabdian itu.
Kegiatan ini melibatkan tim dosen Universitas Teknokrat Indonesia yakni Almira Devita Putri, MBA, Dr Emi Suwarni, S.E, M.Si, dan Berlintina Permatasari, M.M.
Selain tim dosen, kegiatan melibatkan tiga mahasiswa yang telah menerapkan strategi digital marketing pada bisnisnya, yaitu Ellisa Ghina Febrina, Sovi Dwi Kurnia, dan Risky Pratama Panggabean.
Kegiatan ini dihadiri pemilik UMKM, karyawan UMKM, dan ASN Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung.
Baca Juga: Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia Instalasi 9 Rumah Warga
Kegiatan ini bertema “Strategi Desain Kemasan dan Penerapan Copywriting untuk Peningkatan Daya Jual Produk UMKM di Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung”.
Dalam kegiatan PkM UMKM Binaan dibuka oleh Lurah Kelurahan Labuhan Dalam, Sri Aida Fitri, S.Sos, M.M.
Dalam sambutannya, Lurah menyampaikan, Kelurahan dan UMKM merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya program PKM yang dilaksanakan di Kelurahan Labuhan Dalam.
Sri Aida berpesan agar para peserta yang berasal beragam jenis UMKM dapat memanfaatkan kesempatan kegiatan ini dengan baik yang akan berguna sebagai bekal perkembangan bisnis dalam era digital.
Dengan adanya kegiatan ini, Lurah Kelurahan Labuhan Dalam berharap kemampuan pemasaran digital masyarakat khususnya pemilik UMKM di Kelurahan Labuhan Dalam dapat bertambah dan diterapkan dalam proses bisnis yang dilakukan oleh UMKM sehari-harinya.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia atas PkM UMKM Binaan dan semoga dapat terjalin kembali dengan kegiatan yang berbeda,” kata Sri Aida.
Para peserta yang berasal dari beragam jenis UMKM seperti produk makanan dan minuman, produk pakaian, dan jasa. Terlihat antusiasme dengan kedatangan TIM PkM UMKM Binaan dari Universitas Teknokrat Indonesia. Beberapa pemilik UMKM menyampaikan permasalahan dan mencari solusi terkait merek, desain kemasan, dan penggunaan media sosial untuk pengembangan bisnisnya.
Kegiatan PkM UMKM Binaan di Kelurahan Labuhan Dalam ini dikoordinasikan Almira Devita Putri, MBA, dosen FEB Universitas Teknokrat Indonesia yang memiliki fokus bidang entrepreneurship.
Tujuan dari kegiatan ini adalah membuka wawasan para pemilik UMKM mengenai bisnis di era digital. Ia menyampaikan, peningkatan daya jual dapat diupayakan melalui strategi penguatan merek dan pembuatan desain kemasan yang fungsional serta menarik para konsumen.
Kemasan yang baik sangat diperlukan di era digital saat ini. Sebab, berdasarkan penelitian, 71% keputusan pembelian dipengaruhi oleh desain kemasan.
Selain berfokus pada produk itu sendiri, promosi juga perlu ditunjang dengan teknik komunikasi yang efektif pada media sosial yang digunakan.
Penerapan teknik copywriting di media sosial ditujukan agar para pemilik UMKM dapat menerapkan dengan cara yang sederhana melalui aplikasi secara online. Sehingga, diharapkan wawasan ini dapat mengembangkan bisnis para UMKM dalam jangka panjang.
Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM menyambut baik pengabdian ini. Ini berharap pegiat UMKM mampu meningkatkan produksi dan memperbaiki kemasan sehingga menarik minat pelanggan.
Mahathir menekankan kepada tim dosen dan mahasiswa agar membantu maksimal pegiat UMKM ini agar produk mereka makin disukai dan dikenal publik.