Be Positive dan Bersyukur! Inilah Tips Supaya Tetap Optimis

Optimisme adalah memahami (mempercayai) segala sesuatu dari sudut pandang yang baik dan menyenangkan. Selalu menaruh harapan besar dalam segala hal. Sederhananya, optimisme diekspresikan sebagai harapan dan keyakinan positif terhadap segala tantangan hidup yang akan membawa pada kesuksesan (success). Optimisme adalah ciri orang percaya yang setia dan taat. Sifat ini membawa keyakinan bahwa Allah swt akan memberikan kontribusi untuk semua perbuatan hamba-Nya yang saleh di dunia dan di masa depan.

Mengubah kata tidak mungkin menjadi mungkin memang membutuhkan ketekunan dan optimisme. Apalagi jiwa itu seperti laut, kadang pasang dan kadang surut. Saat Anda maju, Anda akan belajar cara membuatnya secepat kilat, sering kali selambat siput. Ketidakpastian seperti itu membunuh optimisme dalam hitungan detik. Ya, Anda tidak dapat memprediksi ke mana arah hidup ini, tetapi Anda harus optimis tentang apa yang ingin Anda capai.

Kamu bisa menerapkan beberapa tips yang kami berikan agar bisa menjadi pribadi yang optimis bukannya pesimis, dan hak itu berguna untuk kesuksesan kamu dalam menjalankan berbagai aktifitas dan tujuan. Berikut ini merupakan tips agar kamu bisa tetap optimis dalam melakukan hal yang positif :

Pilih Lingkungan yang Baik

Salah satu cara untuk mulai meningkatkan adalah melalui komunikasi. Pergaulan sering diartikan sebagai suatu proses interaksi, yang salah satu akibatnya adalah mempengaruhi orang lain dan satu sama lain. Pergaulan ini merupakan pergaulan yang secara positif mempengaruhi tumbuh kembang seseorang menjadi orang yang sukses. Seperti pepatah mengatakan, “Kualitas hidup tergantung pada dengan siapa kita bergaul.” Jika Anda ingin seseorang sukses, pilihlah berteman dengan orang-orang sukses juga. Anda dapat mulai membangun hubungan dengan orang-orang sukses. Jadi bagaimana dengan dikelilingi oleh orang-orang sukses? Pilih lingkungan sosial yang mendukung tujuan hidup kita. Misalnya, jika Anda ingin sukses di bidang usaha tertentu dan tinggal di lingkungan yang bisa dijadikan tempat usaha.

Selalu Bersyukur

Bersyukur merupakan menerima semua yang telah Tuhan berikan, kehidupan yang telah Tuhan tetapkan. Intinya adalah untuk mengambil segala sesuatu dengan serius, tegas dan sabar. . Ketika Anda mensyukuri semua yang Anda miliki, secara otomatis Anda akan menanamkan rasa syukur dan belajar untuk menghargai dan menghitung berkat Anda alih-alih mengkritik atau berfokus pada hal-hal negatif. Ini membantu Anda tetap optimis.

Posisikan Diri dengan Hal-Hal yang Positif

Jika Anda ingin mengubah pemikiran Anda menjadi lebih baik, cara termudah adalah dengan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang dan hal-hal yang positif. Itu akan tercermin dalam suasana hati dan jiwa Anda dengan cara terbaik. Ketika kita tumbuh dewasa, kita harus bisa menilai teman mana yang bisa membawa kita menuju kesuksesan. Selalu berpartisipasi secara positif dalam setiap proses kehidupan, tidak peduli seberapa sulit atau bahagia, dia adalah teman yang harus Anda lindungi. Sebaliknya, tinggalkan seorang teman yang menyebabkan Anda kesulitan dan memiliki konsekuensi buruk bagi hidup Anda.

Jangan Sampai Berfikir Bahwa Kamu Putus Harapan

Putus harapan merukapan emosi atau perasaan yang ditandai dengan kurangnya harapan, optimisme, dan antusiasme. Orang yang mengalami kondisi ini seringkali tidak memiliki harapan dalam hidup atau telah melepaskan keyakinannya tentang kesuksesan atau perubahan yang lebih baik di masa depan. Satu-satunya hal yang menopang Anda ketika hal-hal sulit adalah harapan. Jadi saya selalu berharap bahwa segala sesuatunya akan berhasil dari waktu ke waktu dan fase buruk akan berlalu.

Belajarlah untuk Melihat Sisi Terang atau Hal Positif dari Segala Sesuatu yang Dialami

Belajarlah dari pengalaman dan ambilah sisi positifnya. Singkatnya, kita akan tahu apa yang pernah kita alami sebelumnya. Mungkin apa yang kita alami berkaitan dengan siklus biologis tubuh kita, emosi kita, perjuangan pikiran ke pikiran kita, atau interaksi kita dengan orang lain. Sebagian besar dari kita cenderung hanya melihat sisi negatif dari segala sesuatu dan gagal menghargai sisi positifnya. Itulah mengapa penting untuk tetap optimis dalam segala keadaan.

Translate »