Strategi SEO Ampuh dengan Google Search Essentials

Pedoman Webmaster Google memiliki nama baru, yaitu Google Search Essentials. Nah, kali ini mimin aan bahas Tips ubah Google Search Essentials menjadi strategi ampuh untuk SEO.

Pedoman baru memberi tahu kami apa yang penting untuk menjadi fokus dalam hal kinerja yang baik di pencarian Google.

Banyak dari apa yang menggerakkan jarum dalam hal SEO bertahun-tahun yang lalu tidak lagi efektif. 

Yang penting dalam SEO saat ini adalah hal-hal seperti EAT , pertanyaan kualitas pembaruan inti , pertanyaan ulasan produk , dan apakah konten bermanfaat .

Jadi, apa yang akan memberi Anda peluang terbaik untuk berkinerja baik karena Google terus menyempurnakan dan meningkatkan algoritme peringkatnya?

Berikut ini adalah pemikiran saya tentang bagaimana Anda dapat membangun strategi SEO di sekitar dokumentasi Google Search Essentials.

1. Jangan mengabaikan Teknik Dasar SEO

Baca Juga : Best Backlink Footprints to Search for High Quality Backlinks

Anda dapat melakukan banyak hal baik dengan SEO teknis. Artikel ini membahas tentang pentingnya:

  • Mengoptimalkan arsitektur situs.
  • Memastikan halaman dapat dirayapi.
  • Memastikan halaman dapat diindeks.
  • Meningkatkan pengalaman halaman. 

Saya telah melihat banyak situs meningkatkan kehadiran pencarian mereka karena perbaikan yang dilakukan untuk membantu Google merayapi dan memahami konten situs dengan lebih baik.

Tapi ini tidak bisa menjadi satu-satunya strategi kami sebagai SEO. 

Dokumentasi Google memberi tahu kita bahwa sebenarnya hanya ada tiga hal yang diperlukan untuk menentukan peringkat di pencarian Google:

  • Google bot tidak diblokir.
  • Halaman berfungsi, artinya Google menerima kode status sukses HTTP 200.
  • Halaman memiliki konten yang dapat diindeks.

Setiap situs yang saya ulas dirayapi dengan Screaming Frog atau Sitebulb (dan terkadang perayapan situs Ahrefs atau Semrush). Salah satu alat ini akan memberi Anda wawasan tentang kesehatan teknis situs dan apakah ada masalah signifikan yang dapat memengaruhi kualitas. 

Bagi saya, sudah lama sejak meningkatkan kesehatan situs teknis telah menjadi fokus utama dari strategi SEO yang saya rekomendasikan. 

Di sebagian besar sudut web saat ini, sebagian besar situs relatif baik dalam hal SEO teknis.

Jika ada masalah nyata yang dapat diperbaiki dengan kemungkinan pengembalian investasi yang positif, perbaiki hal-hal ini. Tetapi untuk sebagian besar situs tempat saya bekerja, sebagian besar rekomendasi saya bukanlah perbaikan teknis.

2. Tetap up to date dengan kebijakan spam Google

Pada tahun 2012, pekerjaan utama saya adalah membantu pemilik situs menghapus hukuman Google. Sangat umum melihat bisnis yang sah mempekerjakan SEO berbiaya rendah yang membuat tautan yang mudah diperoleh di direktori dan artikel dalam skala besar hanya untuk dihancurkan oleh algoritme Penguin Google . 

Saat ini, sebagian besar situs yang saya tangani tidak bermasalah dengan pelanggaran kebijakan spam Google . 

Penting bagi SEO untuk mengetahui kebijakan ini. Jika Anda mencurigai klien Anda menggunakan teknik seperti penyelubungan, penjejalan kata kunci, atau penerbitan ulang konten yang tergores dalam jumlah besar, Anda harus dapat memberi tahu klien Anda tentang risikonya. 

Ini terkadang merupakan percakapan yang sulit terutama dalam hal membangun tautan.

Jika klien telah berkinerja baik di masa lalu pada kekuatan tautan berbayar atau tidak wajar, seringkali sulit untuk meyakinkan mereka bahwa jenis praktik ini bertentangan dengan pedoman Google dan dapat mengakibatkan tindakan manual atau algoritmik yang dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan .

Google memberi tahu kami:

“Tautan apa pun yang dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat di hasil Google Penelusuran dapat dianggap sebagai spam tautan.”

Halaman yang sama juga berisi saran bagus untuk pemilik situs afiliasi:

“Tidak setiap situs yang berpartisipasi dalam program afiliasi adalah afiliasi tipis. Situs afiliasi yang baik menambah nilai dengan menawarkan konten atau fitur yang bermakna. Contoh halaman afiliasi yang baik termasuk menawarkan informasi tambahan tentang harga, ulasan produk asli, pengujian dan peringkat yang ketat, navigasi produk atau kategori, dan perbandingan produk.

SEO yang baik harus mengetahui apakah klien Anda berisiko karena masalah spam.

Tetapi Anda tidak mungkin meningkatkan peringkat klien Anda hanya dengan menolak tautan atau membersihkan spam komentar.

3. Gunakan Panduan Pemula Google untuk dijadikan Strategi Ampuh Untuk SEO Website Anda

Google merekomendasikan agar kita membaca panduan SEO mereka . Ini sangat bagus. Panduan ini memberi tahu kita apa yang penting untuk dipantau dan dilakukan SEO bersama dengan instruksi tentang cara melakukannya. Ini termasuk saran tentang:

  • Masalah pengindeksan umum.
  • Praktik terbaik untuk tag judul dan tag deskripsi meta.
  • Praktik terbaik untuk penggunaan heading.
  • Praktik terbaik untuk menggunakan data terstruktur.
  • Memahami cara mengatur hierarki situs Anda.
  • Cara membuat konten yang baik.
  • Cara “bertindak dengan cara yang menumbuhkan kepercayaan pengguna.”
  • Bagaimana menunjukkan keahlian.
  • Cara menggunakan teks jangkar untuk tautan.
  • Penggunaan terbaik untuk nofollow.
  • Praktik terbaik untuk pengoptimalan gambar.
  • Kiat untuk menjadi ramah seluler.
  • Kiat untuk mempromosikan situs Anda.
  • Kiat untuk menganalisis kinerja penelusuran dan perilaku pengguna.

SEO yang baik dapat mengidentifikasi masalah mana di atas yang merupakan masalah bagi klien mereka dan mengetahui cara memprioritaskan perbaikan. 

Tip : Jika Anda tidak yakin bagaimana memprioritaskan, tanyakan pada rekan Anda!

Komunitas SEO di Twitter selalu dengan senang hati memberikan pendapat mereka tentang masalah SEO. Jika Anda dapat mengatasi rasa takut bahwa seseorang mungkin menganggap pertanyaan Anda bodoh, Anda dapat belajar banyak ketika Anda membuat komunitas mengobrol.

Setelah Anda memprioritaskan perbaikan mana yang mungkin membuat perbedaan bagi klien Anda, Anda dapat mengerjakan tugas ini sedikit lebih banyak setiap bulannya. 

Sekali lagi, ini semua adalah hal yang dapat membantu situs Anda mencapai pijakan yang setara dengan pesaing Anda. Ini adalah bagian selanjutnya dari Pedoman Dasar-Dasar Google yang memberi kita petunjuk tentang bagaimana kita dapat dilihat lebih baik daripada pesaing kita di mata Google.

4. Lihat ‘Praktik terbaik utama’ untuk konten yang ingin diberi peringkat oleh Google

Beberapa praktik terbaik utama Google adalah hal-hal yang telah dikerjakan oleh SEO selama bertahun-tahun:

  • Gunakan kata kunci dalam judul dan heading dan teks alternatif.
  • Buat tautan dapat dirayapi.
  • Beri tahu orang-orang tentang situs Anda.
  • Gunakan praktik terbaik untuk gambar, video, data terstruktur, dan JavaScript.

Sekali lagi, semua hal yang mungkin untuk diselidiki dan dioptimalkan sebagai SEO.

Memantau kata kunci di Google Search Console dan menentukan di mana Anda mendapatkan tayangan yang dapat dioptimalkan dengan lebih baik adalah aktivitas bulanan yang hebat. 

Item pertama yang tercantum di bawah “praktik terbaik utama” adalah “membuat konten yang mengutamakan orang-orang yang membantu dan andal.”

Iniadalah area di mana kami dapat terus meningkatkan dengan cara yang dapat membantu meningkatkan peringkat.

5. Perhatikan saran Google tentang cara membuat konten yang bermanfaat dan andal yang melayani orang terlebih dahulu

Google memberi tahu kami bahwa sistem peringkat mereka dirancang untuk “menyajikan informasi yang bermanfaat dan andal yang terutama dibuat untuk memberi manfaat kepada orang-orang, bukan untuk mendapatkan peringkat mesin pencari.”

Dokumen Google Search Essentials mengumpulkan banyak saran yang sebelumnya diberikan dalam dokumentasi Google tentang apa yang harus diketahui pemilik situs tentang pembaruan inti, pembaruan ulasan produk, pembaruan konten yang bermanfaat, dan banyak lagi. 

Jika Anda ingin mengetahui cara membuat jenis konten yang ingin diperingkat oleh Google, Anda harus benar-benar memperhatikan informasi dalam dokumen ini. 

Google memberi tahu kami bertahun-tahun yang lalu dalam pengumuman pembaruan Panda awal – yang pertama kali memperkenalkan pertanyaan seperti ini – bahwa jenis pertanyaan ini akan memberi kami beberapa wawasan tentang bagaimana [mereka] mencoba menulis algoritme yang membedakan situs berkualitas lebih tinggi dari situs berkualitas lebih rendah . Pertanyaan-pertanyaan ini penting.

Dokumen tentang pembuatan konten bermanfaat dimulai dengan menjelaskan cara kerja sistem peringkat mereka . Di sini, Google memberi tahu kami bahwa ada beberapa langkah penting untuk menentukan peringkat:

  • Pertama, Google memahami arti kueri Anda.
  • Selanjutnya, mereka menemukan konten yang tampaknya cocok.

Ini adalah langkah ketiga yang diam-diam menyelinap ke dalam algoritme dan saya yakin Google terus meningkat dengan setiap pembaruan inti:

  • Setelah kecocokan ini ditemukan, Google melakukan lebih banyak pekerjaan untuk “ memprioritaskan yang tampaknya paling membantu .” Mereka memberi tahu kami bahwa mereka melakukan ini dengan mengidentifikasi “sinyal yang dapat membantu menentukan konten mana yang menunjukkan EAT.”

Bagi saya ini adalah langkah yang sangat penting. 

Jika Google memprioritaskan konten yang tampaknya paling membantu berdasarkan apakah konten tersebut menunjukkan EAT, maka kita harus memperhatikan pertanyaan yang diberikan Google untuk menilai sendiri EAT kita . 

Kabar baiknya adalah bahwa pertanyaan-pertanyaan ini dapat memberi kami banyak ide untuk membantu klien kami meningkatkan konten mereka. 

Berita buruknya adalah bahwa dalam banyak kasus jika sebuah situs ingin pulih setelah pembaruan inti dilakukan, yang diperlukan adalah perombakan besar-besaran terhadap konten situs… satu per satu.

6. Buat strategi seputar pertanyaan kualitas Google

Masalah dengan pertanyaan kualitas Google adalah bahwa ada begitu banyak yang terbuka untuk interpretasi. 

Bagaimana kami mengetahui apakah konten kami dianggap memiliki “informasi asli, melaporkan penelitian, atau analisis?” 

Saat Google merekomendasikan “sumber yang jelas”, bagaimana kami mengetahui sumber mana yang harus dikutip dan apakah penting apakah itu tautan sebaris atau referensi di akhir konten?

Bagaimana saya tahu jika konten klien saya dianggap ditulis oleh ahli oleh Google?

Inilah yang saya lakukan ketika menilai situs di mata pertanyaan-pertanyaan ini:

Langkah 1: Temukan kata kunci yang kehilangan peringkat setelah pembaruan Google

Klik di sekitar GSC dan temukan contoh kata kunci yang posisi rata-ratanya turun sehubungan dengan pembaruan Google yang diumumkan.

Langkah 2: Tentukan pesaing mana yang mulai mengungguli Anda – Strategi Ampuh untuk SEO

Saat ini saya menemukan riwayat posisi Ahrefs sebagai alat terbaik untuk membantu saya di sini.

Langkah 3: Bandingkan halaman ini dengan halaman Anda di mata pertanyaan kualitas

Jika peringkat Anda turun untuk kueri karena pembaruan inti, itu berarti bahwa ketika Google membuat perubahan pada algoritme peringkat inti mereka, algoritme pembobotan yang baru lebih memilih konten pesaing Anda daripada konten Anda. 

Dalam kata-kata Google: 

“Juga pertimbangkan audit penurunan yang mungkin Anda alami. Halaman apa yang paling terpengaruh dan untuk jenis penelusuran apa? Perhatikan baik-baik untuk memahami bagaimana mereka dinilai terhadap beberapa pertanyaan yang diuraikan di sini.”

Cari petunjuk di antara pertanyaan yang memberi tahu Anda apa itu Google yang mungkin telah berubah. Di bawah ini adalah beberapa contoh yang dibuat-buat untuk membantu menjelaskan proses berpikir saya.

Contoh 1: Situs afiliasi

Katakanlah Anda menasihati pemilik situs afiliasi yang meninjau perlengkapan bayi. Situs tersebut dulunya memiliki peringkat yang baik untuk “cara menggunakan termometer bayi”.

Tetapi dua situs mulai mengungguli mereka setelah pembaruan inti. Keduanya memiliki konten yang ditulis oleh seorang dokter yang merawat bayi dalam praktiknya.

Dalam hal ini, ada kemungkinan besar algoritma pembobotan Google yang baru telah menentukan bahwa ketika pencari mengetik kueri ini, salah satu faktor yang harus mereka pertimbangkan lebih berat adalah keahlian medis.

Penting untuk diingat bahwa algoritma yang menentukan jenis hal ini adalah algoritma berbobot. Ini tidak berarti bahwa hanya halaman dengan penulis medis yang dapat menempati posisi ini. 

Tapi, kemungkinan besar memiliki penulis medis adalah sesuatu yang sekarang menjadi beban berat dalam SERPs ini. 

Untuk bersaing, Anda dapat mendiskusikan hal berikut dengan klien Anda:

  • Apakah ada cara mereka dapat membawa artikel mereka ke tingkat keahlian yang akan membuat pencari merasa nyaman? Mungkin dengan menambahkan kutipan dari para ahli atau meminta dokter untuk menulis ulang? 
  • Apakah ada cara mereka dapat meningkatkan artikel mereka menjadi jauh lebih bermanfaat daripada yang mengungguli mereka? Jika peringkat mereka masih dalam posisi yang baik, ini berarti Google puas bahwa mereka memiliki cukup EAT untuk mempercayai konten di halaman pertama. Ada kemungkinan bahwa peningkatan konten yang signifikan yang menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi pencari daripada yang ada saat ini dapat menghasilkan peningkatan peringkat.
  • Apakah mereka membatasi menulis terlalu banyak topik YMYL sementara kurang MAKAN? Jika demikian, pemangkasan konten atau revisi mungkin diperlukan.

Contoh 2: Situs web statistik multi-topik

Seorang klien mengalami penurunan pada akhir November. Mereka memiliki situs dengan ratusan ribu halaman statistik bermanfaat tentang banyak topik, yang sebagian besar dibuat secara otomatis dari database. 

Saat Anda membandingkan halaman yang ditingkatkan saat klien Anda turun, Anda dapat melihat bahwa halaman ini memiliki konten yang serupa, tetapi ini ditulis oleh manusia daripada dibuat secara otomatis. 

Konten dan desain halaman mereka memudahkan pencari menemukan jawaban yang mereka cari.

Ada beberapa hal yang dapat didiskusikan dengan klien ini:

Situs mungkin telah terpengaruh oleh pengklasifikasi konten bermanfaat Google yang berjalan sepanjang waktu sekarang. Beberapa pertanyaan konten bermanfaat Google membahas hal ini:

“Apakah Anda menggunakan otomatisasi ekstensif untuk menghasilkan konten tentang banyak topik?”

“Apakah Anda terutama meringkas apa yang orang lain katakan tanpa menambahkan banyak nilai?”

“Apakah konten Anda membuat pembaca merasa perlu mencari lagi untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dari sumber lain?” (Saya pribadi berpikir pertanyaan ini – apakah konten sepenuhnya memenuhi kebutuhan pencari – dinilai lebih kuat dalam pembaruan inti bulan September.)

Tugas Anda dalam hal ini adalah melakukan brainstorming strategi untuk membuat konten mereka benar-benar lebih bermanfaat bagi pencari. Mungkin mereka bisa:

Tambahkan konten buatan pengguna yang dimoderasi dengan baik.

Kerjakan secara manual menulis ulang halaman-halaman yang paling penting.

Pekerjakan seorang ahli untuk menambahkan konten ke halaman ini berdasarkan keahlian pribadi mereka

Temukan cara tambahan untuk menjawab pertanyaan penelusur yang penting tetapi tidak dicakup oleh pesaing.

Pertimbangkan apakah ada perubahan UX pada halaman yang dapat sangat meningkatkan kegunaannya bagi pencari.

Sasaran Anda dalam setiap kasus adalah menentukan pertanyaan kualitas Google mana yang penting bagi pengguna. Dan kemudian bantu klien Anda membuat rencana untuk meningkatkan di area ini. 

Strategi reguler yang baik untuk SEO adalah terus mencari kata kunci yang tidak lagi memiliki peringkat sebaik yang diharapkan dan menghasilkan ide tentang bagaimana Anda dapat membuat halaman ini tampak lebih bermanfaat bagi pencari daripada peringkat saat ini. 

7. Jangan pernah tuli dengan pedoman penilai kualitas

Saran terakhir Google dalam dokumen ini adalah untuk “mengenal EAT dan pedoman penilai kualitas ” (QRG).

strategi ampuh untuk SEO

Saya telah menulis secara ekstensif tentang topik ini di masa lalu dan juga telah menulis sebuah buku dengan saran saya tentang bagaimana kami dapat menilai situs kami seperti penilai kualitas. 

Meskipun QRG bukanlah cetak biru yang tepat dari algoritme Google, mereka memberi kita banyak petunjuk yang dapat membantu kita memahami jenis konten apa yang ingin Google rangking dengan baik ketika mereka menulis algoritme mereka.

Google mengakhiri dokumentasi mereka tentang membuat konten yang bermanfaat dengan memberi tahu kami bahwa hal itu dapat membantu kami mendapatkan peringkat yang lebih baik:

“Membaca pedoman dapat membantu Anda menilai sendiri kinerja konten Anda dari perspektif EAT, peningkatan yang perlu dipertimbangkan, dan membantu menyelaraskannya secara konseptual dengan berbagai sinyal yang digunakan sistem otomatis kami untuk menentukan peringkat konten.”

Kunci kesuksesan Anda ada pada Strategi Ampuh untuk SEO

Tidak ada kekurangan hal-hal yang dapat dikerjakan oleh SEO untuk membantu meningkatkan kehadiran situs di Google.

Beberapa tugas kami, seperti peningkatan teknis, membantu kami menjaga situs kami tetap berjalan dengan baik dan meningkatkan kemampuan Google untuk menemukan dan merayapi konten kami. Menjaga situs kami tetap sehat secara teknis selalu merupakan ide yang bagus.

Pedoman Dasar-Dasar Penelusuran Google memberi kami begitu banyak hal yang dapat kami kerjakan untuk memiliki situs sehat yang baik dan siap bersaing.

Taruhan saya, adalah bahwa klien Anda tidak mempekerjakan Anda hanya untuk menjaga situs mereka tetap sehat secara teknis.

Mereka kemungkinan membayar Anda uang untuk membantu mereka meningkatkan kehadiran Google mereka dan menghasilkan lebih banyak uang sebagai hasilnya. 

Ada perbaikan teknis yang dapat membantu situs. Tetapi jika Anda ingin menjadi yang terdepan dari pesaing klien Anda, jawabannya adalah menentukan di mana dan bagaimana membuat konten lebih bermanfaat.

Ini bisa berarti membuat peningkatan terkait EAT atau mungkin berarti membuat perubahan substansial pada cara konten ditulis dan disajikan kepada pencari.

Jika Anda telah berjuang untuk memindahkan jarum untuk klien Anda, saya mendorong Anda untuk mendedikasikan beberapa waktu untuk meninjau situs mereka di mata dokumentasi Search Essentials Google. 

Saya secara khusus mendorong Anda untuk terobsesi dengan pertanyaan berkualitas yang diminta Google untuk ditanyakan kepada diri kita sendiri. 

Jika Anda dapat memecahkan kacang dan membantu klien Anda membuat konten yang benar-benar dilihat oleh pencari sebagai konten yang mereka inginkan untuk memenuhi kebutuhan pencarian mereka, ini adalah kunci kesuksesan Anda.