DUTA UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA JUARA DUTA MUSEUM LAMPUNG 2021

Pemilihan Duta Museum Lampung merupakan proses audisi untuk memilih putra-putri terbaik Lampung yang kreatif, berprestasi dan memiliki kesadaran untuk menghargai dan mencintai Museum dan budaya Lampung.

Pemilihan Duta Museum Lampung 2021  yang dilaksanakan selama 4 Hari

dari tanggal 14 – 17 Desember 2021 ini diikuti oleh 15 pasang berjumlah 30 orang finalis dari berbagai latar pendidikan dan Universitas. Adapun rangkaian pemilihan Duta Museum Lampung 2021 dimulai dengan pembukaan, test tertulis, test wawancara, presentasi gagasan kreatif, karantina, pembekalan dan grand final. Ajang yang yang digelar dua tahun sekali ini dibuka pada tanggal 14 Desember 2021 oleh Kepala Dinas DISDIKBUD Lampung Drs Sulpakar MM.

SAMBUTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar menyampaikan dalam rangka mewujudkan Visi Rakyat Lampung Berjaya, melalui Misi Pertama, yaitu menciptakan kehidupan yang religius, berbudaya, aman dan damai’, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung melalui UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung terus berupaya agar museum dapat dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi untuk menguatkan jati diri masyarakat Lampung. Hal ini penting karena jati diri menjadi salah satu modal sosial yang dapat menumbuhkan kecintaan terhadap budaya sendiri, toleransi, dan menghargai adanya perbedaan, ungkapnya.

Salah satu tujuan yang penting mendapat perhatian untuk terus ditumbuhkan kecintaannya terhadap museum dan budaya Lampung adalah dari kalangan generasi muda, karena ditangan generasi ini selanjutnya budaya Lampung akan diwariskan. Wujud dari kegiatan yang dapat mendorong generasi muda untuk menggali, memahami dan mencintai museum dan budaya Lampung lanjut Sulpakar adalah melalui Pemilihan Duta Museum Lampung, tambah Sulpakar.

Sulpakar berharap yang terpilih menjadi Duta Museum Lampung nantinya akan menjadi mitra bagi museum untuk menyampaikan pesan dikalangan generasi muda terkait manfaat museum sebagai sumber inspirasi untuk mengembangkan potensi dan belajar terhadap kearifan lokal yang dapat menguatkan jati diri. 

Bagi peserta yang mendapat kesempatan untuk lanjut dalam proses seleksi menjadi finalis Duta Museum Lampung 2021 saya ucapkan selamat. Saya berpesan agar kalian serius dalam mengikuti setiap tahapan seleksi. Tunjukkan kemampuan dan prestasi terbaik kalian.” tutupnya

MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA JUARA DUTA MUSEUM LAMPUNG

Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera adalah salah satu peserta dari Universitas dalam acara pemilihan Duta Museum Lampung 2021. Dalam pemilihan Duta Museum Lampung 2021 Universitas Teknokrat Indonesia mengirimkan tiga mahasiswa yaitu Syifa Nur Irawati program studi S1 Sastra Inggris; Ferdi Aryanto S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan; dan Muhammad Rafie Elrangga S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Untuk kesekian kalinya Universitas Teknokrat Indonesia kembali mendapatkan prestasi, dalam Grand Final kali ini 2 mahasiswa mendapatkan Juara 3 dan masuk 10 besar  sebagai Duta Museum Lampung 2021. Mahasiswa yang berprestasi tersebut Ferdi Aryanto Juara 3 Duta Museum Lampung 2021 dari S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan dan Muhammad Rafie Elrangga masuk dalam 10 Besar Duta Museum Lampung  dari Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengandeng putra-putri terbaik Lampung yang memiliki inovasi serta ide kreatif sebagai kontrobusi pada Kemajuan Museum Lampung. Yang tahun ini mengangkat tema “Memuliakan Rumah Peradaban Bagi Generasi Milenial Untuk Lampung Berjaya”, demikian disampaikan oleh Muhammad Fithratullah, S.S., M.A. wakili Dekan Bidang Kemahasiswaan FSIP.

Ferdi Aryanto Juara 3 Duta Museum Lampung 2021 mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan menyampaikan tugas dari Duta Museum Lampung 2021 yaitu mempromosikan budaya dan pariwisata yang ada di Provinsi Lampung, memberikan edukasi terkhusus untuk generasi milenial agar tertarik untuk datang ke museum dan mengenalnya, karena provinsi Lampung adalah provinsi yang kaya akan budaya dan pariwisata.

UCAPAN SELAMAT DARI WAKIL REKTOR II DAN WAKIL REKTOR III UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA  

Muhammad Najib Dwi Satria, S.Kom., M.T. Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan mengucapkan terimakasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia yang selalu mendukung dan memfasilitasi kegiatan mahasiswa dibidang akademik, olahraga, seni dan budaya. Semoga 2 tahun yang akan datang mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia mendapatkan kejuaraan ini yang lebih baik lagi. Selamat atas prestasi yang telah diraih dalam ajang pemilihan duta museum. Semoga prestasi yang didapatkan Ferdi Aryanto bisa menjadi motivasi dan semangat Muhammad Rafie Elrangga khususnya dan mahasiswa UTI pada umumnya dalam  mengembangkan potensi diri untuk terus berprestasi dan berkarya, tambah Najib.

Dikesempatan yang berbeda Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. mengucapkan Selamat dan Sukses kepada mahasiswa yang telah meraih juara 3 dan masuk kategori 10 besar, semoga prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan dan dapat membawa nama baik Universitas dalam mengemban prestasinya sebagai Duta Museum Lampung, jadilah duta Museum Lampung yang dapat mengemban amanat sesuai dengan temanya “Memuliakan Rumah Peradaban Bagi Generasi Milenial Untuk Lampung Berjaya”. (teknokrat)

Translate »