PENTINGNYA PEMANASAN SEBELUM BERMAIN BASKET

Teknik Pemanasan Dalam Permainan Bola Basket

Sebelum bermain dalam permainan basket perlu Pemanasan terlebih dahulu, seperti juga yang harus dilakukan untuk olahraga. Dengan pemanasan yang dilakukan, Peningkatan performa atlet dapat maksimal, yang jauh lebih penting yaitu dapat mencegah terjadinya cedera saat bermain basket yang sering dialami pemain, contohnya yaitu cedera lutut, cedera ankle, cedera ACL dan lain lain.

Apakah Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Permainan Bola Basket?

Berikut ini manfaat melakukan pemanasan bagi tubuh sebagai berikut

1. Memperlancar proses aliran darah diotot otot yang ada.

2. Meningkatkan kinerja jaringan jaringan otot dalam tubuh

3. Dapar menaikkan psikologis atlet untuk meningkatkan kemampuan atlet.

4. Memperlancar pengikatan oksigen pada hemoglobin dalam tubuh.

5. Memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat meningkatkan jumlah energi yang dihasikan.

6. Meningkatkan detak jantung sehingga jantung mampu memompa darah lebih kuat.

7. Menghindari ketegangan atau kram otot.

Jenis-Jenis Teknik Pemanasan Bola Basket

Pemanasan sebelum bermain basket sangat penting untuk dilakukan krena terdapat banyak manfaat yang telah dijelaskan pada manfaat pemanasan bola basket. berikut ini adalah beberapa rekomendasi teknik untuk melakukan pemanasan sebelum bermain bola basket :

Pemanasan dengan Skipping

Apa itu skipping?, Skipping atau sering disebut juga dengan lompat tali / jumping rope. Skipping adalah salah satu teknik pemanasan sebelum bermain bola basket yang dapat memberikan manfaat besar buat atlet bola basket basket. Pemanasan ini bertujuan untuk meningkatkan mengoptimalkan kemampuan dalam lapangan basket. Melakukan pemanasan dengan skipping setidaknya tiga atau empat menit sebelum permainan basket. manfaat dari Skipping yaitu melatih kaki untuk lepas dari darat dengan singkat. latihan skipping dapat melatih Kemampuan anda dalam melompat, melambung, berlari, dan berputar. Jadi skipping adalah teknik pemanasan dalam permainan basket yang sangat direkomendasikan.

Baca juga : PEMPROV APRESIASI GELANGGANG UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA

Contoh Gerakan Skipping Untuk Pemanasan Bola Basket

berikut ini adalah beberapa macam gerakan dalam skipping :

1. Bounce step, merupakan gerakan melompat menggunakan 2 kaki yang harus dirapatkan dan ini merupakan gerakan dasar

2. Alternate foot, merupakan Gerakan seperti jalan ditempat yang dilakukan bersamaan dengan ayunan tali skipping.

3. Forward stadler, Merupakan Gerakan seperti orang dalam posisi kumite pada cabang olahragaraga karate. Gerakan tersebut seperti Loncat kaki kanan dibelakang dan jatuhkan kaki kiri di depan lalu Putar lagi tali skippingnya. Lakukan gerakan yang tadi akan tetapi dengan posisi kaki yang sebaliknya yaitu jatuhkan kaki kanan di depan dan kaki kiri dibelakang, lakukan gerakan dilakukan bergantian terus menerus.

Pemanasan sebelum bermain basket

Melakukan Pemanasan dengan Jogging

Joging merupakan teknik pemanasan semua olahraga yang tentunya juga sebelum bermain bola basket. Pemanasan dengan Jogging dimanfaatkan banyak atlet agar darah dalam tubuh terpompa dengan lancar. Melakukan jogging untuk pemanasan sebelum bermain permainan basket dapat dilakukan kurang lebih lima menit sehingga temperatur tubuh meningkat.Tujuan dari pemanasan ini supaya kamu berkeringat sedikit, akan tetapi tidak berlebihan.

Pemanasan dengan dengan Menaikkan Jari Kaki ke Atas

Apa yang dimaksud dengan menaikkan jari kaki ke atas?. Menaikkan Jari Kaki ke Atas teknik pemanasan sebelum bermain permainan basket yang manfaat untuk merenggangkan otot otot tulang kering. Pemanasan ini dilakukan dengan cara menaikkan dan mengangkat jari jari kaki kita keatas yang mana kita berjalan dengan tumit kaki sebagai tumpuannya. Melakukan Pemanasan dengan teknik ini dalam permainan basket setidaknya kurang lebih empat kali dengan masing masing berjarak 10 meter atau dengan durasi yang menurut kita nyaman dengan durasi yang tidak terlalu lama. Tujuan dari pemanasan membuat tubuh dapat merenggangkan otototot tulang kering, dengan hal ini tentunya akan membantu mengoptimalkan tubuh dalam bermain basket.

Translate »