Blog

  • Home
  • Sambut Ramadan, Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat Gelar Pengajian dan zikir Bersama

Sambut Ramadan, Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat Gelar Pengajian dan zikir Bersama

Bandar Lampung, – Keluarga besar Universitas Terbaik di Lampung, Teknokrat mengadakan pengajian dan zikir bersama menyambut datangnya bulan Ramadan, Jumat, 9 April 2021, di Masjid Asmaul Yusuf. Acara pengajian menghadirkan Ustaz Asep Kholis, S.Hi, M.Kom.I.  Sebelum memberikan pengajian, diadakan pembacaan Surat Yasin bersama yang dipimpin Ketua Yayasan Teknokrat Dr. H Mahathir Muhammad, SE, MM.  Dengan fasih, Mahathir Muhammad memimpin surat Yasin yang diikuti jamaah pengajian yang hadir.

Acara tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memberikan jarak di antara peserta pengajian.  Mahathir Muhammad dalam sambutannya mengatakan, setiap kita mestinya menyambut Ramadan dengan sukacita. Salah satunya dengan mengadakan pengajian dan dzikir bersama.  Acara ini, ujar Mahathir, adalah bentuk syukur kepada Allah SWT karena sebentar lagi tiba bulan Ramadan.

Dalam tausiyahnya, Ustaz Asep Kholis mengatakan, ada beberapa tipe manusia menyambut Ramadan. Ada yang cuek saja terhadap datangnya Ramadan. Bagi tipe ini, Ramadan sama saja dengan hari biasa. Tidak ada bedanya. Ada pula orang yang senang menyambut Ramadan. Orang semacam ini berniat mengisi puasanya dengan amal saleh yang banyak, misalnya mengkhatamkan Alquran, bersedekah, berzikir, dan sebagainya. Terutama menjaga salat tarawih, sahur, menunaikan zakat fitrah, dan iktikaf.

Ada pula orang yang merasa terancam ketika datangnya Ramadan. Tipe ini menganggap Ramadan bakal mengurangi kesempatan berbuat dosa.  Ada pula tipikal orang yang senang menyambut Ramadan dengan niat selain ibadah. Biasanya, kata Asep Kholis, para pedagang memanfaatkan momentum Ramadan dengan meningkatkan omzetnya.  Sepanjang tetap bersemangat menjalani Ramadan, hal ini tidak mengapa.

Yang dikhawatirkan adalah Ramadan hanya dilihat dari sisi keuntungan ekonomisnya.  Selain itu, orang tipe ini mengisi 20 hari awal Ramadan dengan giat ibadah. Tapi memasuki 10 hari terakhir Ramadan, malah terlena oleh kehidupan dunia.

Usai acara, Mahathir Muhammad mewakili keluarga besar Teknokrat menyalurkan wakaf Alquran kepada santri tahfidz Al Karim Rasyid Indonesia yang dikelola Asep Kholis. Mahathir berharap Alquran ini berguna untuk para santri penghafal Alquran.  Ustaz Asep Kholis mengucapkan terima kasih atas wakaf Alquran itu. Ia mendoakan agar keluarga besar Teknokrat diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT.