Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Kembangkan Inovasi Robot Pembersih Lantai dengan Aplikasi Smartphone

  • By
  • 25 March

Dalam era modern ini, teknologi semakin berkembang dan mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Salah satu teknologi yang semakin populer adalah robot pembersih lantai yang dapat membantu kita membersihkan rumah dengan lebih efisien dan cepat.

Kini, telah hadir teknologi yang lebih canggih, yaitu robot pembersih lantai yang dapat dikendalikan melalui smartphone.

Baca juga: Tim Tari Universitas Teknokrat Indonesia Juara National Folklore Festival bawakan tarian berjudul Taghei Anak Buai

Universitas Teknokrat Indonesia terus mendukung mahasiswanya agar dapat mengembangkan inovasi dan teknologi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Mahasiswa- mahasiswa S1 Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer berhasil mengembangkan inovasi teknologi kendali robot pembersih lantai berbasis smartphone.

Robot Pembersih Lantai

Robot pembersih lantai dengan fitur kontrol smartphone ini merupakan solusi cerdas untuk membersihkan lantai. Dengan aplikasi khusus yang bisa diunduh di smartphone, kita dapat mengontrol robot pembersih lantai dari mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki koneksi internet.

Anda juga dapat mengatur jadwal pembersihan dan mengontrol robot dengan suara. Adapun mahasiswa-mahasiswa tersebut adalah Ananda M Fathurahman, Aldi Nurmawan, Ahmad Tri Andani, Dwi Febriani, dan Siti Fatimah (PMM).

Robot dapat membantu pekerjaan manusia dalam bidang kebersihan. Robot ini mampu melakukan pembersihan lantai secara jarak jauh yaitu dengan cara dikendalikan dari smartphone dengan jarak maksimal antara robot dan smartphone tujuh meter.

Robot ini dirancang dengan bahan-bahan yang ada pada lingkungan sekitar. Serta menggunakan mikrokontroller untuk sistem kontrol pada robot sebagai sistem pengendalian. Ketahanan baterai bertahan hingga satu jam, bergantung pada luasnya lantai yang ia bersihkan.

Selain itu, robot pembersih lantai dengan kontrol smartphone ini juga dapat beradaptasi dengan berbagai jenis permukaan lantai, seperti kayu, keramik, atau karpet.

Robot ini juga dilengkapi dengan sikat dan penyedot debu yang dapat membersihkan debu dan kotoran dari permukaan lantai, sehingga lantai akan selalu bersih dan terawat.

Proses penelitian ini didampingi oleh dosen pengampu Teknik Elektro Jaka Persada Sembiring, S.Kom., M.Cs selaku dosen pembimbing pada penelitian ini.

Ke depannya, robot ini akan dikembangkan dan disempurnakan lagi pada sistem navigasi supaya dapat berjalan dengan autonomus dan penambangan sensor sensor navigasi tersebut.

Supaya lebih aman dan nyaman di dalam lingkungan interaksi dengan manusia dan membantu pekerjaan manusia di bidang lainnya.

Wakil Rektor Apresiasi Inovasi Mahasiswa

Wakil Rektor Dr H Mahathir Muhammad SE MM menyambut baik inovasi ini. Mahathir mengatakan, inovasi ini memudahkan kita dalam beraktivitas di rumah maupun kantor.

Mahathir berpesan agar selalu diupayakan penyempurnaan untuk robot ini. Ia ingin inovasi ini ke depan bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Mahathir mengucapkan selamat dan mengapresiasi prestasi inovasi robot ini. Kata dia, robot ini merupakan salah satu andalan Teknokrat dibandingkan dengan kampus lain.

Mahathir mengatakan, inovasi ini bukti teori di dalam kelas riil dipraktikkan di produk yang nyata berupa robot pembersih lantai dengan kontrol dari ponsel cerdas kita.