BAGAIMANA MEDIA SOSIAL DAPAT MEMBANTU PENDIDIKAN?

Media sosial dan teknologi adalah hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari, mengingat betapa terbiasanya banyak mahasiswa menggunakan social media, ini dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Setiap platform media sosial menawarkan banyak cara berbeda untuk digunakan di kelas, mulai dari berbagi pengumuman hingga mengadakan kuliah langsung, dan banyak lagi.

Penggunaan Media Sosial dalam Pendidikan

Penggunaan media sosial dalam pendidikan memberi mahasiswa kemampuan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna, mendapatkan bantuan penulisan esai untuk terhubung dengan kelompok pembelajaran dan sistem pendidikan lainnya yang membuat pendidikan lebih nyaman dan menyenangkan. Alat jejaring sosial memberi mahasiswa dan institusi banyak kesempatan untuk meningkatkan metode pembelajaran.

Efek Pemberdayaan

Media sosial memberdayakan semua orang termasuk orang tua, dosen dan mahasiswa. Ini adalah cara yang efektif untuk berbagi informasi dan membangun komunitas. Menurut sebuah penelitian, YouTube, Instagram dan Snapchat adalah platform online paling populer di kalangan remaja.

Sepenuhnya, 95% remaja memiliki akses ke smartphone, dan 45% mengatakan mereka online hampir terus-menerus. Beberapa menggunakannya hanya untuk hiburan tetapi juga dapat mempromosikan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Misalnya, mahasiswa menggunakan tablet terbaik untuk kuliah untuk menemukan informasi, mempromosikan cerita positif, berbagi sesuatu yang berguna, dan berkolaborasi dengan proyek dan apa yang tidak.

Implementasi di Kampus

Kampus atau instansi pendidikan memiliki kebijakan yang berbeda dalam hal mengadopsi media sosial. Ini adalah perhatian dasar yang digunakan untuk berbagi informasi dan mengatur tugas.

Peningkatan adopsi media sosial tinggi seperti biasa dan mahasiswa mencurahkan sebagian besar waktu mereka ke media sosial. Mereka terhubung di atasnya setelah kuliah. Hal ini dapat diterima untuk dosen, tetapi mereka tidak tahan anak-anak menggunakannya selama kelas.

Banyak sistem manajemen pembelajaran telah memanfaatkan konsep pembelajaran online selama bertahun-tahun. Ya, sistem ini sudah ada selama lebih dari satu dekade. Ini bukan hal baru tetapi tidak pernah menikmati adopsi arus utama. Dosen perlu menggunakan teknologi yang terupdate untuk meningkatkan proses pembelajaran bagi mahasiswa mereka.

Sangat penting bahwa dosen beradaptasi dengan cara mahasiswa melakukan sesuatu. Ini adalah bagian penting dari seluruh proses pendidikan. Masuk akal ketika seorang dosen ketat tentang pekerjaan rumah tetapi tidak banyak atau tidak ada kepastian bahwa mahasiswa mengerjakannya.

Ini membantu dosen mendapatkan wawasan tentang apa yang dilakukan mahasiswa mereka. Ini juga memungkinkan mahasiswa membuka diri dan berbagi pendapat mereka tentang hal-hal penting.

Menggunakan platform online dapat membantu Anda memperkuat komunitas Anda. Ini akan membantu meningkatkan ikatan dosen dan mahasiswa. Anda dapat mengintegrasikan media sosial dengan berbagi berita penting, memperbarui tentang acara mendatang, dan mengadakan pertemuan dengan orang tua.

Ada banyak alat media sosial untuk pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk mahasiswa dari segala usia, dari dasar sampai perdosenan tinggi, diantaranya :

BACA JUGA KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA PERINGKAT NASIONAL TAHUN 2021

Gunakan Halaman Facebook Untuk Menyiarkan Pembaruan Dan Peringatan

Mintalah mahasiswa mengikuti Halaman Facebook kelas, dan instruktur dapat menggunakannya untuk memposting pembaruan kelas, berbagi tugas pekerjaan rumah dan mendorong diskusi.

Bahkan jika seorang mahasiswa tidak aktif di Facebook, Halaman ini masih dapat diakses saat ditandatangani. Namun, perlu diingat Halaman Facebook bersifat publik dan siapa pun yang memiliki akun Facebook dapat mengomentari posts.

Gunakan Grup Facebook Untuk Melakukan Streaming Langsung Dan Diskusi

Instruktur juga dapat membuat Grup Facebook untuk masing-masing kelas mereka baik publik maupun pribadi dan melakukan streaming Facebook Live, memposting pertanyaan diskusi, menetapkan pekerjaan rumah dan membuat pengumuman kelas. Jauhkan mahasiswa terlibat selama istirahat sekolah dengan posting pengingat dan tugas untuk menghindari harus meninjau setelah kelas dilanjutkan dari istirahat.

Saat menggunakan media sosial untuk pendidikan, penting untuk memastikan batas profesional, jadi ketika membuat Grup Facebook, dosen tidak perlu mengirim permintaan pertemanan. Email baik orang tua dan mahasiswa link langsung ke Grup Facebook untuk akses.

Gunakan Instagram Untuk Esai Foto

Dalam kelas berat visual, mahasiswa dapat menggunakan Instagram untuk menyajikan serangkaian foto atau grafik dengan cara yang menarik secara visual. Instagram memungkinkan mahasiswa untuk berlatih bercerita digital dengan cara yang platform media sosial lainnya mungkin gagal.

Mahasiswa dapat membuat akun Instagram khusus kelas dan dapat menghapusnya setelah kursus berakhir jika mereka memilih demikian.

Gunakan Youtube Sebagai Media Untuk Melakukan Presentasi

Mahasiswa dapat menggunakan Youtube untuk menyajikan presentasi dengan cara yang menarik secara audio visual. Youtube memungkinkan mahasiswa untuk berlatih bercerita digital dengan cara membut vidio dan hal ini jga melatih mahasiswa dalam menggunkan teknologi karena mahasiswa akan melakukan editing sebelum mengunggah video yang mereka buat ke channel youtube masing-masing. Mahasiswa dapat membuat akun Youtube khusus kelas dan dapat menghapusnya setelah kursus berakhir jika mereka memilih demikian.

Buat Blog Kelas Untuk Diskusi

Menulis posting blog memberi mahasiswa outlet lain untuk konten digital yang kemudian dapat mereka tautkan kembali ke saluran sosial kelas. Ada banyak platform berbeda yang tersedia, seperti WordPress, SquareSpace, Wix, Blogger, Tumblr atau Medium, di mana dosen dapat membuat blog kelas. Mahasiswa dapat membuat akun pengguna mereka sendiri untuk membuat posting diskusi atau menambahkan komentar pada petunjuk kelas.

Silabus kursus dan tugas, pembaruan, dan sumber daya apa pun dapat dibagikan di blog sebagai lokasi pusat juga.

Tetapkan Posting Blog Sebagai Esai

Memiliki mahasiswa membuat di blog mereka sendiri untuk esai atau menulis bentuk pendek adalah strategi lain untuk menggabungkan media sosial dan pembelajaran. Blog sebagai tugas semester atau tahun dapat meningkatkan penulisan bentuk pendek dan pemikiran kritis mahasiswa. Mintalah mahasiswa menanggapi permintaan mingguan, menjadikannya informal dan terstruktur secara longgar mungkin.

Translate »