Augmented Reality Wujud dari Teknologi Pendidikan Masa Depan

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang sudah mulai dikenal dan mulai mengubah dunia pendidikan. Kemampuan teknologi ini dalam menggabungkan multimedia ke dalam dunia nyata menggunakan perangkat elektronik telah berhasil memberikan suasana baru bagi siswa. Kemampuan teknologi  ini memiliki potensi untuk memberikan materi pelajaran kepada siswa dengan cara yang berbeda dari sebelumnya . Augmented Reality juga merupakan salah satu teknologi yang memiliki potensi pedagogis yang besar dan telah diakui oleh para peneliti di dunia pendidikan.

Dalam pembelajaran kelas tradisional, terdapat pilihan sumber daya yang terbatas. Sehingga sistem pembelajaran yang digunakan untuk mengajar siswa agar aktif di dalam kelas juga terbatas. Augmented Reality dapat dimanfaatkan menggunakan banyak media, termasuk diantaranya desktop, mobile devices dan smartphones. Teknologi ini sendiri portable dan dapat digunakan di berbagai keadaaan. Augmented Reality yang menggunakan objek-objek 3 dimensi  dapat digunakan untuk meningkatkan instruksi dan konten dalam kelas tradisional, instruksi tambahan di kelas khusus, menambahkan konten dunia luar kelas, dan dapat dikombinasikan dengan teknologi lain untuk memperkaya aplikasi. Menurut berbagai penelitian, para  siswa menyampaikan kalau metode pembelajaran menggunakan Augmented Reality lebih menstimulasi dan menarik daripada yang hanya menggunakan slide persentasi. Hal ini dikarenakan siswa  memilih pembelajaran yang menggunakan  audio, video dan interaksi.

Baca Juga : Teknologi Baru Lainnya disini

Seberapa Serunya Augmented Reality Sih?

Serunya Augmented Reality

Penelitian terkait penggunaan Augmented Reality pada dunia pendidikan telah banyak dilakukan. Beberapa mata ajar seperti mata pelajaran biologi dengan bahasan pengenalan sel.  Pada aplikasi ini materi pembelajaran dibuat dengan menggabungkan gambar dan teks tanpa ada animasi tiga dimensi dari objek selnya. Penelitian lain yang menerapkan Augmented Reality yaitu pada bahasan tata surya yang telah dilengkap dengan animasi tiga dimensi pada perputaran tata surya. Penelitian yang sudah dilakukan tim penulis juga termasuk dalam bidang pendidikan ini. Augmented Reality yang telah dikembangkan, diterapkan pada mata pelajaran matematika. Augmented Reality yang dikembangkan berbentuk buku bernama MathARBook di sekolah dasar dengan materi bangun datar dan bangun ruang. Pemilihan fitur yang ada di aplikasi  didasarkan atas sulitnya guru menggunakan media yang tepat untuk mengajarkan materi tersebut. Selain itu, siswa juga sulit memahami bentuk beserta istilah-istilah yang terdapat dalam bangun ruang. Sehingga, solusi guru saat ini adalah dengan membuat bangun ruang dari karton agar siswa mudah memahami materi pelajaran. Sebelumnya, penelitian Augmented Reality juga pernah dilakukan pada mata pelajaran matematika dengan bahasan pengenalan rumus bangun ruang.

Manfaat yang diperoleh dari Augmented Reality

Augmented Reality (AR) Book dapat digunakan sebagai langkah dalam meningkatkan pembelajaran dan pengajaran di sekolah dasar. Hal ini disebabkan Augmented Reality dapat memberikan siswa kemampuan untuk belajar yang interaktif di berbagai tempat serta waktu yang mereka inginkan. Penelitian yang telah kami lakukan bertujuan mengembangkan MathARbook atau Mathematics Augmented Reality Book, yaitu suatu prototype buku Matematika tingkat Sekolah Dasar yang kontennya ditampilkan dalam Augmented Reality . Konten materi pada buku Matematika ini antara lain bangun datar dan bangun ruang. Selanjutnya, pengembangan aplikasi memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, video, animasi, dan suara.

Pada akhirnya, penggunaan Augmented Reality akan mengubah informasi menjadi pengalaman, dan  membuat begitu banyak aspek kehidupan kita lebih kaya dan lebih memuaskan. Walaupun sebenarnya ada tantangan  yang harus diatasi seperti masalah privasi individu, etika, dan keamanan. Namun, potensi manfaat Augmented Reality akan jauh lebih besar daripada tantangannya. Tentu saja untuk bisnis, Augmented Reality menawarkan cakupan yang luas untuk mendorong kesuksesan bisnis, apakah itu berarti terlibat lebih dalam dengan pelanggan, menciptakan solusi pelatihan yang lebih mendalam dan untuk merampingkan proses bisnis seperti manufaktur dan pemeliharaan, atau secara umum menawarkan solusi inovatif kepada pelanggan untuk masalah-masalah yang mereka hadapi.

Informasi Beasiswa Pendidikan (S1) PTS Terbaik Sumatra

Dapatkan Informasi Lengkapnya : DISINI

Augmented Reality Di Masa Depan

Di masa depan, kemungkinan kita akan memiliki Augmented Reality dengan cara yang belum bisa kita bayangkan. Tapi, untuk saat ini, ada banyak kemajuan dan perkembangan teknologi yang akan segera terjadi. Kedepannya kita akan memiliki teknologi Augmented Reality yang lebih cepat, lebih ringan, dan lebih terjangkau. Dan kemajuan teknologi smartphone seperti kamera dan prosesor yang lebih baik akan membuat kita dapat menikmati pengalaman Augmented Reality yang lebih rapi di ponsel kita. Dan dengan jaringan yang jauh lebih baik, kita dapat menikmatinya di mana pun kita berada.

Translate »