Dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universtias Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera bersama mahasiswa melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Skema Desa Binaan Hibah Universitas Teknokrat Indonesia yang dilaksanakan di Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.
Kegiatan tersebut disambut baik oleh Risdianto Kepala Pekon, Kepala Bumdes beserta aparatur Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Tanggapannya “Kami sangat senang bisa dikunjungi Universitas Teknokrat Indonesia dalam rangka kegiatan PKM untuk melatih perangkat desa dan masyarakat kami dalam menggunakan Smart Village dan administrasi perkantoran, semoga kegiatan semacam ini dapat berlanjut dan bisa terjalin kerja sama antara Universitas Teknokrat Indonesia dengan Desa Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.”
Pelaksanaan kegiatan PKM meliputi Pendampingan Penggunaan Aplikasi Smart Village Pengelolaan administrasi Desa dan Pengarsipan Elektronik (E-Filling) yang dikembangkan oleh Mahasiswa dan disampingi oleh Dosen Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera. Tujuan dari adanya Kegiatan PKM ini adalah mendigitilisasi layanan informasi dan pengelolaan administrasi Desa Sukanegeri Jaya Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.
Dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain Heni Sulistiani, M.Kom. selaku ketua Kegiatan PKM dan Dr. Dedi Darwis, M.Kom. selaku anggota dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia. Mahasiswa dan Asisten Dosen yang mengembangkan Aplikasi Smart Village Pengelolaan administrasi Desa dan Pengarsipan Elektronik (E-Filling) yakni: Angga Bayu Santoso, S.Kom., Fika Trisnawati, S.T., Agung Saputra, Aidil Akbar dan Aprian Nuriansyah.
Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera, pada PKM ini dilaksanakan pengembangan dan pendampingan penggunaan Smart Village yang dapat diakses pada situs/website melalui link http://www.sukanegerijaya.id, dalam sistem tersebut terdapat fitur-fitur berupa: 1) Pemerintahan Desa, yang berisikan informasi tata kelola kantor Desa Sukanegeri Jaya.; 2) Profil Desa yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas dalam mengelola data dan informasi di Desa Sukanegeri Jaya. Sistem ini menyediakan informasi dan kegiatan desa agar dapat dikonsumsi oleh publik tidak hanya warga Desa Sukanegeri Jaya, namun bisa diakses oleh siapapun sehingga dapat menambah citra baik desa. Tidak hanya untuk menunjang mobilitas warga juga memudahkan desa untuk mensosialisasikan program-program desa dan pelayanan masyarakat. Dengan adanya sistem Informasi profil akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses informasi secara cepat dan akurat.; 3. Data Desa yang digunakan sebagai informasi kependudukan Desa Sukanegeri Jaya dan pengajuan Administrasi Surat agar masyarakat dapat dengan mudah mengajukan surat di Desa Sukanegeri Jaya. Sistem ini menyediakan layanan administrasi surat secara elektronik. Masyarakat yang membutuhkan surat tertentu tidak harus datang langsung ke kantor desa untuk mendapatkan surat yang dibutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan handphone. Dengan adanya sistem informasi pelayanan administrasi surat, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi dalam pembuatan surat dan laporan juga dapat memaksimalkan kinerja pelayanan Kantor Desa Sukanegeri Jaya. Secara umum, kegiatan PKM ini bertujuan mendigitalisasi informasi dan layanan administrasi pada Desa Sukanegeri Jaya sehingga informasi dan kegiatan desa dapat diakses dengan mudah. Selain itu, penerapan sistem diharapkan dapat membantu kinerja Pemerintah Desa Sukanegeri Jaya menjadi lebih efisien dalam pengelolaan administrasi dan tata desa.; 4) Produk Hukum yang berisikan informasi tentang Surat Keputusan Pengangkatan RT, Surat Keputusan Tim Penyusun RPJMDes, Peraturan Desa dan RPJMDes.; 5) Kontak Darurat Pekon yang digunakan untuk menghubungi kontak-kontak darurat pekon seperti Kontak Kepala Pekon Sukanegeri Jaya, Kontak Bhabinkamtibmas Pekon, Babinsa Pekon, Bidan Desa dan Ambulance Pekon Sukanegeri Jaya.; 6.Pembangunan yang berisikan informasi tentang proses pembangunan fasilitas desa dan transparansi dana Desa Sukanegeri Jaya.
Selain itu, kegiatan PKM yang dilakukan adalah melatih perangkat desa untuk melakukan pengarsipan secara elektronik dengan memanfaatkan Google Drive dan melatih perangkat desa untuk mengelola administrasi Desa menggunakan aplikasi Spreadsheet.
Disampaikan juga oleh Ahmad Ari Aldino, S.Si., M.Si., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik di Sumatera mengatakan, desa binaan adalah salah satu program unggulan Teknokrat dalam bidang pengabdian. Dengan pengabdian ini, dosen dan mahasiswa bisa berbuat konkret untuk lingkungan. Khususnya memberikan pendampingan dan pemberian pengetahuan terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi dengan lebih baik.