MACAM MACAM MODUS PENIPUAN ONLINE YANG MARAK SAAT INI

Hati – Hati Modus Penipuan

Modus Penipuan dapat terjadi diberbagai macam platform online dengan cara mempromosikan produk – produknya atau juga membuat  iklan.  Dengan perkembangan jaman yang semakin moderen membuat semakin mudah dalam melakukan transaksi belanja  yang dilakukan secara online. Kegiatan Belanja, Bekerja, kegiatan belajar, proses transaksi perbankan dan investasi bahkan acara Flash Sale 12.12! yang saat ini trending dilakukan dengan mudahnya secara online, dengan hal tersebut memberikan celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi mereka. Apabila salah satu modus dari oknum penipu ketahuan, masih banyak modus baru untuk calon korban baru mereka. Sebagai pembeli tentunya kita harus pintar dalam belanja setidaknya kita mengetahui ciri-ciri online shop dengan online shop Asli. Berhati- hati Jangan sampai data dari akun digital kita serta data-data pribadi diretas oknum tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu maka sangat penting bagi kita semua untuk tahu dan paham apa saja ciri-ciri modus dalam penipuan digital yang muncul saat ini dan bagaimana cara untuk menghindari penipuan online tersebut?.

Bentuk Modus Penipuan Foto Selfie untuk Identitas Diri Disuatu Layanan

Swafoto atau yang lebih dikenal dengan Selfie merupakan hal lumrah yang dilakukan orang banyak. Dengan kecanggihan teknologi, selfie dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP selalu dijadikan sebagai salah satu syarat untuk melakukan registrasi layanan online. Hal ini tentu sangat berbahaya jika kita tidak berhati-hati, selfie dengan ktp menjadi sasaran penipuan bagi oknum nakal. Lakukan dengan sebijak mungkin dalam mengunggah foto selfie dengan memegang kartu NPWP , KTP, SIM dan Kartu Kredit diplatform sosial media yang tidak kita kenal.

Modus Penipuan yang Terjadi di Via WhatsApp

Oknum nakal dapat memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan tindakan modus penipuan dengan cara mengirimkan link hadiah, link undian dan voucher diskon. Berhati hatilah untuk tidak tergesa gesa dalam meng-klik tautan link tersebut lalu, bisa saja kita akan diarahkan untuk mengisi data diri untuk syarat dalam menebus hadiah. Jika mendapat kiriman pesan dari WhatsApp dengan nomor tak dikenal, dari grup atau kerabat yang menyebar link promosi, link hadiah, dan link diskon diskon, harap berhati hati jangan mudah terhasut. Alangkah baiknya apabila pesan tersebut dihapus saja jangan sampai kita tergoda untuk mengklik link tersebut, karena bisa saja link tersebut  juga telah disisipi oleh virus malware yang dapat mengcopy data pribadi kita yang ada diponsel.

Baca Juga : FLASH SALE 12.12! BERIKUT TIPS AMAN DAN MUDAH BERBELANJA ONLINE

Modus Penipuan Via E-Mail yang Terjadi Saat Ini

Penipuan yang terjadi melalui via email ini telah kerap terjadi. Bentuk ciri – ciri penipuan tersebut yaitu dengan mengirimkan pesan yang berisikan link ke website tertentu. selanjutnya kita akan diarahkan untuk membuka situs website tersebut,  disuruh untuk login dengan  mengisikan username dan password. Kita harus berhati-hati karena jenis modus penipuan seperti ini biasa bisa saja seperti menang undian hadiah, tawaran lowongan kerja, menang vocer online shop, update data perbankan dan sebagainya yang dikenal juga dengan nama phishing. Apa itu phishing?. Phising merupakan metode pencurian berupa data informasi yang penting seperti username dan password korban yang akan dimanfaatkan penipu digital untuk mengakses ke kartu kredit, rekening bank, dompet digital si korban. Oleh karena itu jangan terburu-buru atau gegabah untuk meng-klik link email tak dikenal, baca dengan cermat link URL pada situs website sebelum  melakukan login dan melakukan transaksi online.

Modus Penipuan yang Terjadi di Via Telepon 

Waspadailah dengan modus penipuan dengan cara menelepon, modus penipuan klasik ini, masih banyak modus penipuan yang mengaku dari pihak-pihak seperti perusahaan e-commerce (BukaLapak, Shopee, Tokopedia, Olx, dll), perbankan, dompet digital dan bahkan yang mengaku dari pihak flash sale 12.12! yang sedang hits saat ini, lalu selanjutnya mengabarkan berita yang mengejutkan yang membuat kita bahagia bahwa kita telah memenangkan vocer atau sejumlah uang dengan nominal yang besar yang akan ditransfer ke rekening bank kita. Ciri – ciri penipuan ini yaitu memberikan kabar kepada kita jika kita menang undian atau vocer, lalu  memberikan syarat untuk menebus undian tersebut dengan memberikan nomor handphone, nomor rekening yang aktif dan mengirimkan kode OTP yang masuk kenomer kita.

Translate »