INTERPOLASI KALKULATOR PEMODELAN MATEMATIKA DENGAN WOLFRAMALPHA

Pemodelan Matematika

Model matematika bukan merupakan istilah yang asing, terutama di kalangan akademisi. Istilah ini juga biasanya menjadi salah satu mata kuliah wajib di Program Studi Matematika atau Pendidikan Matematika, salah satunya juga terdapat6 di Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan – Universitas Teknokrat Indonesia. Secara definisi, pemodelan matematika dapat dikatakan sebagai suatu proses penerjemahan  situasi di kehidupan nyata pada bahasa matematika untuk kemudian diolah dan dianalisa sedemikian sehingga hasilnya dapat dipergunakan sebagai solusi situasi kehidpuan nyata tersebut (Haines and Crouch, 2007; Verschaffel, Greer, and De Corte, 2002). Sebagai contoh, untuk dapat menganlisis perkembangan kasus yang terinveksi virus Covid-19 perlu dibuat suatu model matematika yang tepat sehinga dapat diprediksi titik puncak atau waktu kemungkinan puncak dari kasus terbanyak yang akan terjadi. Apabila situasi tersebut dapat dimodelkan dengan baik melalui bahasa matematika dan digambarkan pada sebuah diagram kartesius, tentu akan sangat membantu dalam hal penanganan Covid secara efektif dan efisien. Namun tentu dalam prakteknya, tidak mudah untuk dapat mengubah situsai kehidpuan nyata kedalam bentuk bahasa matematika secara akurat.

Baca Juga : Informasi Baru Lainnya disini

Model yang ada dalam Pemodelan Matematika ?

Terdapat beberapa metode dalam Pemodelan matematika yang dikembangkan untuk dapat membentuk model matematika dari kehidupan nyata. Interpoasi merupakan metode yang banyak digunakan untuk membentuk model tersebut. Terdapat beberapa macam metode interpolasi, dari linear sampai non-linear atau biasa disebut polinomial. Melakukan estimasi model persamaan linear maupun non-linear secara manual tentu membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga harus disertai dengan pemahaman matematika yang baik dan mendalam, terutama dalam bidang interpolasi. Melalui perkembangan teknologi, telah banyak dikembangkan kalkulator atau perangkat lunak berbasis aplikasi ataupun website yang dapat diakses melalui browser. Salah satu kalkulator matematika yang dapat mengkomputasi pemodelan matematika dengan metode interpolasi adalah Wolfram-Alpha yang dapat diakses dalam sistus resminya atau dapat diunduh melalui aplikasi yang tersedia di sistem operasi iOS, Android, atau Windows.

Perangkat lunak dalam Pemodelan Matematika

Wolfram-Alpha merupakan perangkat lunak yang dapat mengkomputasi segala yang yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, dari Sejarah sampai dengan Pemodelan Matematika. Berikut merupakan tampilan layar ketika pertama kali pada tautan  yang dapat diakses melalui browser.

Berikut merupakan tautan untuk mengakses kalkulator interpolasi dari website wolframaplah tersebut, atau cukup dengan menginputkan kata kunci “interpolating polynomial calculator” pada kolom komputasi. Berikut merupakan tampilan layar ketika akan melakukan komputasi interpolasi untuk membentuk Pemodelan Matematika.

Kolom “data set of y values” merupakan kolom untuk isian baris data yang akan dicari model matematika dalam bentuk persamaan matematika. Sebagai contoh, akan dibuat model matematika dari data pengguna internet di Indonesia periode tahun 1999 sampai dengan tahun 2019, data akan diperoleh. Berikut data tersebut disajikan dalam sebuah tabel baris dan kolom.

Informasi Beasiswa Pendidikan (S1) PTS Terbaik Sumatra

Dapatkan Informasi Lengkapnya : DISINI

Setelah data tersebut diinput pada wolfram-aplha, luaran internpolasi yang dihasilkan sebagai berikut:

Luaran interpolasi polinomial dari data pengguna internet tersebut selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan terhadap banyak hal di kehidupan nyata. Salah satu manfaatnya yaitu untuk memperdiksi jumlah pengguna internet di tahun tertentu di masa depan, memperediksi jumlah dan waktu puncak pengguna internet. Lebih dari itu, model matematika tersebut dapat juga dimanfaatkan pada bidang ekonomi dan bisnis, terutama bagi pengusaha yang berhubungan dengan internet dan turunannya. Masih banyak lagi manfaat yang diperoleh apabila model matematika tersebut dapat dianalisa lebih mendalam.

Dampak dari Pemodelan Matematika

Kombinasi antara ilmu Pemodelan matematika dan teknologi tersebut tentu membantu percepatan dalam analisa untuk menemukan solusi pada suatu kondisi pada kehidupan nyata menggunakan model matematika. Apabila dahulu pembuatan model matematika tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama, saat ini hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Translate »