Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Juara Tingkat Sumatera
en id
Sunday, 26 May 2019

Latest News

Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Juara Tingkat Sumatera

Prestasi dalam bidang bahasa kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia. Kali ini Tim Debat Bahasa Inggris Teknokrat English Club Universitas Teknokrat Indonesia meraih juara Debat Bahasa Inggris, dalam lomba tingkat Sumatera. Dua tim debat dari kampus Teknokrat melaju ke babak final di turnamen Sumatera Overland Varsities English Debate (SOVED) di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang.

Tim Debat Teknokrat A yang beranggotakan Qadryza Claudia (Sastra Inggris 2016) dan Siti Rodiah (Sistem Informasi 2017) keluar sebagai juara pertama. Sementara Tim Debat Teknokrat B yang beranggotakan mahasiswi semester dua Sastra Inggris yaitu Divasari Larasati Ulhaq (Sastra Inggris 2018) dan Bella Devina (Sastra Inggris 2018) berhasil memperoleh juara keempat.

Di babak final, kedua tim ini saling melawan tim dari Universitas Sriwjaya yang keluar sebagai juara kedua dan Institut Teknologi dan Bisnis (IT&B) Medan yang keluar sebagai juara ketiga. Tidak hanya keluar sebagai juara tim, keempat mahasiswa ini juga memperoleh gelar Best Speaker. Qadryza Claudia keluar sebagai 1st Best Speaker, Siti Rodiah sebagai 3rd Best Speaker, Bella Devina sebagai 7th Best Speaker, dan Divasari Larasati sebagai 10th Best Speaker.

SOVED merupakan turnamen debat tahunan yang diselenggarakan bergiliran oleh komunitas debat bahasa Inggris kampus-kampus di pulau Sumatera. Tahun ini SOVED di selenggarakan di Universitas Sriwijaya dari 25 April-28 April 2019. SOVED menggunakan sistem British Parliamentary, dimana di dalam satu ruangan terdapat empat tim bertanding memperebutkan poin.

Terdapat dua babak utama, yakni babak penyisihan dan babak eliminasi. Tahun ini terdapat 23 tim berasal dari Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Lampung, Universitas Sriwijaya, Politeknik Sriwijaya, Universitas Bengkulu, Universitas Riau, Universitas Andalas, IT&B, Universitas Syahkuala, STBA Persahabatan Internasional Asia, dan Universitas Sumatera Utara.

Teknokrat mengirimkan mengirimkan 3 tim debat bahasa Inggris dan 3 juri mahasiwa. Tim Teknokrat Debat C mencapai babak pre-semifinal, dan dua juri mahasiswa berhasil mendapatkan predikat breaking adjudicator, dimana mereka berkesempatan untuk menjuri sampai babak eliminasi semifinal.

Advisor Teknokrat English Club Suprayogi, M.Hum, yang juga mendampingi tim-tim TEC di SOVED menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras untuk mahasiswa-mahasiswi debat melalui latihan intensif yang mereka lalui bersama tim debat lainnya dan juga para alumni. Dua tim debat dan para juri mahasiswa masih berada semester dua sehingga perlombaan ini menjadi ajang awla untuk mempersiapkan tim yang lebih solid dan lebih berkualitas lagi.

Sementara iru, Wakil Rekto Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E, MM, menyampaikan bahwa SOVED masuk menjadi turnamen penting Bidang Kemahasiswaan Universitas Teknokrat Indonesia karena diikuti oleh banyak institusi di pulau Sumatera dan menjadi ajang yang potensial untuk meningkatkan kualitas argumentasi tim-tim debat Teknokrat sebelum bertanding ke tingkat nasional. (W9)

Go to Top