Sekolah dari Padang dan Banten Ikuti Kontes Robot Teknokrat
en id
Sunday, 16 June 2019

Latest News

Sekolah dari Padang dan Banten Ikuti Kontes Robot Teknokrat

Kontes robot dilaksanakan di gedung indoor gelanggang mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Sabtu (16/3/2019), dibuka oleh Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, diwakili oleh Wakil Rektor I Yeni Agus Nurhuda, S.Si, MCs.

Peserta Kontes Robot Teknokrat 2019 lebih luas dari tahun-tahun sebelumnya. Ada peserta dari MA KMM Padang Panjang Sumatera Barat, SMAI Nurul Fikri Boarding School Serang Banten dan berbagai sekolah tingkat SMA negeri dan swasta di Lampung.

Ketua Panitia Kontes Robot Teknokrat Ridwan Mahendra melaporkan, lomba ini diharapkan agar siswa sekolah tingkat menengah atas paham akan robotika. Tema lomba “Advanced Robotics for Industrial Revolution 4.0”.

Jumlah peserta 172 siswa dari 51 tim dari beberapa sekolah di Lampung dan regional Sumatera dan Jawa. Lomba ini mencari generasi luar biasa melalui kompetisi penguasaan robotik.

Lomba ini terbagi dalam tiga kategori yakni, Pesawat Glider, Robot Linne Follower (race and transporter) dan Roket Air.

Sedangkan untuk perlombaan robot line follower adalah balap robot sejenis tamiya yang memiliki sensor. Jadi robot itu harus mengikuti garis yang sudah ditentukan panitia, untuk tingkat kesulitan kita berikan tanjakan dan sesi mematikan api.

Sedangkan roket air, lebih menekankan pada konstruksi roket tersebut. Sehingga penilaian dilihat dari bahan, konstruksi, kekuatan. setelah itu baru dinilai sejauh mana roket itu bisa melambung tinggi. (W9)

Go to Top