Araki Mari; Sensei Penutur Jati Bahasa Jepang Teknokrat
en id
Sunday, 16 June 2019

Latest News

Araki Mari; Sensei Penutur Jati Bahasa Jepang Teknokrat

Ezra F. Vogel seorang profesor spesialis kejepangan dari Havard University percaya bahwa pemahaman dan perspektif yang benar terhadap sebuah negara berasal dari mempelajari bahasanya, mengembangakan jalinan persahabatan, menyimak berbagai pandangan  orang-orang dari berbagai bidang dan selanjutnya merefleksikannya kedalam kehidupan yang sebenarnya. Pernyataan tersebut sangatlah sesuai dengan Jepang, negara tempat kemajuan teknologi dan kuatnya tradisi terangkum menjadi satu. Pelbagai julukan pun telah disandangnya, mulai dari Matahari Terbit, Macan Asia, hingga Negeri Sakura. Keteguhan memegang filosfi nilai-nilai tradisional yang mengajarkan kebesaran jiwa, semangat menjujung tinggi harga diri, kedisiplinan,dan keberanian adalah kunci kesuksesan yang membuat mereka bangkit dari keterpurukan. Bagaimana kunci-kunci kesuksesan tersebut dijalankan oleh masyarakat Jepang sehingga menjadikan mereka sebagai bangsa yang diakui kehebatannya oleh dunia?. 
Melalui kehadiran Mari Sensei (guru)  ini, dosen dan mahasiswa bahasa Jepang STBA Teknokrat mencoba merangkum dan merekam spirit kesuksesan Jepang dalam nilai-nilai kehidupan dan etos kerja yang mampu menginspirasi dan membangkitkan generasi bangsa ini dari tidur panjang keterpurukan. Dalam acara Serah Terima Tenaga Ahli Bahasa Jepang oleh Representativ Japan Internasional Coorporation Agency (JICA) Ms. MAZAWA yukiko kepada pihak Yayasan Pendidikan Teknokrat yang diwakili oleh Pembantu Ketua I STBA Teknokrat Hj.Hernaini, S.S. mengungkapkan  “Kehadiran Mari Sensei (nama panggilan untuk dosen bahasa Jepang) bukan hanya akan memperkuat kompetensi akademik staf pengajar dan mahasiswa bahasa Jepang saja, melainkan juga akan menularkan kemampuan soft skill dan character building bangsa Jepang yang disiplin, pekerja keras, semangat kelompok, sopan santun dan ramah agar mahasiswa bahasa Jepang menjadi genarasi unggul dimasa datang”
Dalam kata-kata sambutannya Mari Sensei juga merasa senang, terhormat dan bangga bisa memberikan ilmu dan budaya Jepang kepada mahasiswa & dosen-dosen bahasa Jepang karena beliau ingin sekali membagi pengetahuan dan kemampuannya serta mengetahui budaya Indonesia dan Lampung. “Saya baru pertama kali datang ke pulau Sumatera dan Lampung,saya mau belajar banyak hal disini”, katanya dalam bahasa Indonesia yang lancar. ARAKI mari merupakan tenaga ahli bahasa Jepang bantuan dari JICA yang akan bertugas di STBA Teknokrat selama dua tahun mulai dari Nopember 2011 sampai Oktober 2013 dan telah melalui berbagai macam proses seleksi maupun pelatihan di Jepang selama 1 tahun sebelumnya. Wanita muda berusia 32 tahun ini adalah alumni dari jurusan Komunikasi Internasional Kansai Gaidai University yang telah memperoleh banyak pengalaman mengajar bahasa Jepang diantaranya 3 tahun mengajar di Inter-Cultural Language School Malaysia dan Shumei Kobe Kokusai Gakuin (Sekolah  Bahasa Internasional Shumei Kobe).
“Dengan kehadiran ARAKI mari Sensei semoga membawa perubahan pengetahuan, ketrampilan dan tingkah laku serta  pola pikir dosen dan mahasiswa Bahasa Jepang menuju alumni yang dapat berprestasi ditingkat nasional dan internasional serta mampu bersaing dalam bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional bahkan Jepang “, seperti yang diungkapkan oleh Adi Novri Yanto, S.Pd. selaku penanggung jawab program JICA di STBA Teknokrat.(Ase)   



CAPTION PHOTO:
1.    Foto Bersama (dari kanan ke kiri) Pembantu Ketua I STBA Teknokrat Hj, Hernaini, S.S., Junior Expert JICA bidang bahasa Jepang Ms. ARAKI mari, Penanggung Jawab Program JICA-STBA Teknokrat Adi Novri Yanto, S.Pd., Representative JICA Ms. MAZAWA yukiko dan Ketua Program Studi D III Bahasa Jepang STBA Teknokrat Yendri Amela, S.S.

2     Salah satu Aktivitas mengajar ARAKI mari Sensei di kelas dengan bahasa pengantar bahasa Jepang  yang disampaikan secara interaktif.
Go to Top