LECTURER BI-MONTHLY SEMINAR of STBA Teknokrat pada 7 Maret 2012
en id
Sunday, 16 June 2019

Latest News

LECTURER BI-MONTHLY SEMINAR of STBA Teknokrat pada 7 Maret 2012

Seminar dua bulanan dosen adalah kegiatan rutin STBA Teknokrat yang bertujuan untuk menseminasikan hasil temuan penelitian.  Dalam hal ini, dosen STBA Teknokrat diwajibkan untuk melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kepada mahasiswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi dan memfasilitasi dosen untuk melakukan penelitian sebagai bentuk dari darma penelitian.Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk  memberikan pengetahuan metodologis dan teoritis terkait dengan penyelenggraan penelitan kepda mahasiswa.
Pada bulan Maret ini, Indah Fajaria, S.S., M.Hum berkesempatan memaparkan hasil penelitiannya berjudul “Postfeminism in the Spice Girls era: Analysis of the song lyric and stage performance of Spice Up Your Life”. Dalam presentasinya beliau menyatakan bahwa penelitian terhadap lirik lagu sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia sastra. Tetapi mahasiswa masih cenderung sulit untuk menemukan metode yang tepat untuk meneliti lirik lagu terutama melalui pendekatan sastra. Sehingga, melalui seminar ini dijelaskan bahwa lirik lagu dapat diteliti dengan cara melihat lirik lagu tersebut sama seperti lirik puisi. Penelitian menggunakan perangkat puisi dalam melihat isu dalam lirik lagu yang diteliti, seperti  figurative languages & language of Poetry. Selain itu perlu pula melihat penampilan panggung atau video clip dari lagu tersebut  agar mendapat gambaran lebih jelas dari makna lirik lagu yang diteliti. Adapun isu yang diteliti bisa saja isu yang berhubungan dengan kritik sastra seperti isu feminisme seperti yang dicontohkan pada seminar tersebut.  
Penanggung jawab kegiatan Lecturer Bi-monthly Seminar, Samanik, S.S., M.Hum. menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang terjadwal. “Selain bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dosen, kegiatan ini juga untuk menciptakan atmosfer akademik di lingkungan Perguruan Tinggi Teknokrat.”
Go to Top