Nuansa Jepang pada Festival Kebudayaan Jepang (Bunkasai) VIII 2012
en id
Sunday, 16 June 2019

Latest News

Nuansa Jepang pada Festival Kebudayaan Jepang (Bunkasai) VIII 2012

Penguasaan seni, bahasa dan budaya di era globalisasi saat ini sangat dituntut untuk memenangkan kompetisi disegala bidang. Generasi muda sebagai penerus tongkat estafet pembangunan ditantang untuk mampu memenangkan persaingan di dalam negeri dan luar negeri. Dalam rangka pengembangan seni dan budaya,

Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat melalui Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang (HIMADE) menyelenggarakan “Festival Kebudayaan Jepang (BUNKASAI) dan Lomba Kejepangan VIII. Kegiatan yang dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. ini diikuti oleh siswa/i  SMA/SMK/MA dan umum se-Provinsi Lampung. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Teknokrat Festival 2012.

Kemeriahan Festival Kebudayaan Jepang (BUNKASAI) VIII sudah terasa ketika memasuki halaman PerguruanTinggiTeknokrat, mulai dari pintu masuk sampai dengan semua tempat lomba karena dihiasi dengan asesoris maupun pernak-pernik Jepang seperti Toori (pintu gerbang kuil Shinto), ucapan Irasshaimase (selamat datang), hiasan kertas lipat (origami) berbentuk burung dan bola, pohon –pohon  Sakura dan pohon Peach, bendera Jepang-Indonesia dan lampion Jepang. Berbagai atraksi pun digelar dalam Bunkasai ini yang menambah semakin gemerlapnya acara ini seperti tarian Jepang, Demo seni beladiri Jepang Aikido, demo Shuuji,  Bazar makanan dan asesoris Jepang, pameran pernak-pernik Jepang, Kabaret Jepang dan, J-Band dari mahasiswa Jepang, pemutaran film Jepang dan lain-lain.

Festival Kebudayaan Jepang (BUNKASAI) VIII ini bertujuan meyediakan wadah untuk menunjukkan potensi diri, bakat, minat serta timbulnya rasa saling pengertian dan pemahaman terhadap seni, bahasa dan budaya Jepang diantara para pelajar dan masyarakat umum. Dalam Acara ini juga dihadiri oleh masyarakat Jepang yang ada di propinsi lampung yang diwakili oleh Bapak Tadashi Kinoshita selaku Presiden Direktur dan Bapak Naomi Shimura selaku Direktur dari PT Kirin Miwon Foods. Perwakilan dari JICA, mahasiswa Jepang. Jumlah seluruh orang Jepang yang datang pada Bunkasai 8 Teknokrat sebanyak 8 orang.

Acara ini dibuka oleh Kepala Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Adi Novri Yanto, S.P.d, dalam sambutannya beliau mengatakan acara ini bertujuan untuk memotivasi generasi muda meningkatkan kemampuan dan mengembangkan kreatifitas serta menanamkan budaya disiplin, semangat kerja keras, pantang menyerah, kreatif serta inovatif seperti bangsa Jepang. Beliau juga memperkenalkan native speaker bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency) Araki Mari Sensei.

Festival kebudayaan Jepang yang bertemakan “Japan Blast The Enduring Spirit : ~Lampung Kara Nihon no Kaze O~”. ini dilaksanakan selama dua hari yaitu sabtu dan minggu mulai 5 Mei sampai 6 Mei 2012 diikuti oleh 405 peserta dari 40 sekolah dan masyarakat umum. Dalam festival ini menyuguhkan berbagai cabang perlombaan bidang akademik kategori peserta siswa SMA/SMK/ MA yaitu : Supichi (pidato), Sakubun (mengarang), Kana (penulisan kosakata), Shuuji (Kaligrafi Jepang), Yomi (membaca), Chookai (menyimak), Honyaku (menerjemahkan), Nihonjijo (Cerdas cermat Kejepangan), sedangkan lomba non akademik kategori masyrakat umum yaitu :  J-Band (genre music Jepang), Cosplay (peragaan kostum dari anime dan manga Jepang), Anime (menggambar animasi), Origami (melipat kertas) dan hayaguioogui (makan mie ramen dengan sumpit).

Juara untuk masing-masing perlombaan ini adalah : Supichi Juara 1 diraih oleh Komarudin dari SMA YosSudarso Metro, Juara 2 diraih oleh Titi Handayani dari SMK Taruna Utama Lampung Timur, Juara 3 diraih Fuad Hasim dari SMK Taruna Utama Lampung Timur. Kana Juara 1 diraih oleh Adelia Suryani dari SMA YP UNILA, Juara 2 diraih oleh Azizah Gematiara dari SMAN 9 Bandar Lampung, Juara 3 diraih oleh Lely Tri Putriana dari SMKN 4 Bandar Lampung.  Honyaku Juara 1 diraih oleh Anisaa Fadhila ZR dari SMAN 1 Kota Gajah, Juara2 diraih oleh Heryani Cristie dari SMAN 9 Bandar Lampung, Juara 3 diraih oleh Donna Eksanti dari SMAN 5 Bandar Lampung. Sakubun Juara 1 diraih oleh Nada Rifki Sahputri dari SMAN 1 Pringsewu, Juara 2 diraih oleh Dona Eksanti dari SMAN 5 Bandar Lampung. Yomi Juara 1 diraih oleh Dona Eksanti dari SMAN 5 Bandar Lampung.Juara 2 diraih oleh Nisa Aprilia dari SMAN 1 Gadingrejo, Juara 3 diraih oleh Shofia Medina Samara dari SMAN 2 Bandar Lampung. Shuuji Juara 1 diraih oleh Hardinal Cunda D dari SMAN 1 Ambarawa, Juara 2 diraih oleh Leo Sandi dari SMAN 1 Ambarawa, Juara 3 diraih oleh Ismawan dari SMAN 1 Gadingrejo. Chokai Juara 1 diraih oleh Givana Sandita dari SMAN 2 Bandar Lampung, Juara 2 diraih oleh Fida Hasna K.A dari SMAN 2 Bandar lampung, Juara 3 diraih oleh Anisa Fadhila ZR dari SMAN 1 Kota Gajah. Nihonjijo 1 grup terdiri dari 3 orang, Juara 1 diraih Annisa Parastry, Delima Nur Ramadhani, dan Rachma Pratiwi dari SMAN 1 Gadingrejo, Juara 2 diraih oleh Hana Hanifah, Atikah Landani, dan Kaisar Yoga Y dari SMA Al-Kautsar, Juara 3 diraih oleh Lingga Elualia, Mutiara Oktaviani, dan Fitri Nurmalinda dari SMKN 3 Bandar Lampung.

Origami 1 grup terdiri dari 2 orang, Juara 1 Novita Sari dan Sri Suciyani dari SMKN 3 Bandar Lampung, Juara 2 diraih oleh Elfrida Martogi dan Purika Mulyani dari SMAN 1 Gadingrejo. Anime Juara 1 diraih oleh Anton Alexander dari SMA Fransiskus Metro, Juara 2 diraih oleh Sarah Putri dari SMAN 1 Gadingrejo, Juara 3 diraih oleh Dwi Kusmeita dari SMAN 1 Ambarawa. Cosplay Juara 1 diraih oleh Orika sebagai Yuki Onna dari masyarakat umum, Juara 2 diraih oleh Rizki Dwi Fajar sebagai Uchiha Sasuke dari masyarakat umum, Juara 3 diraih oleh Ria Rahma Yunita sebagai Megurine Luka dari masyarakat umum. Hayagui Oogui Juara 1 diraih oleh Anton Alexander P dari masyarakat umum, Juara 2 diraih oleh Agung Setiadi dari SMA Fransiskus Metro, Juara 3 diraih oleh Winarno Gatot S dari SMAN 1 Natar. dan J-Band Juara 1 diraih oleh D’Hungry dari masyarakat umum, Juara 2 diraih oleh Kotak-Pen-Ciel dari masyarakat umum, Juara 3 diraih oleh Kaze dari masyarakat umum. Untuk Favorite Cosplay diraih oleh Rizki Wisnu graha sebagai kamen rider Den-O dari masyarakat umum, Favorite Anime oleh Firstyadi dari masyarakat umum, The Best Vocalist diraih oleh ”D’Hungry”., The best Key Boardist diraih oleh ”D’Hungry”, The Best Guitarist diraih oleh ”D’Hungry”, The Best Bassist diraih oleh  ”Kotak-Pen-Ciel”, The Best Drummer diraih oleh ”D’Hungry”. (Ase&Yeyen)

Go to Top