TIM DEBAT TEKNOKRAT TOP DI NASIONAL TIM DEBA
en id
Sunday, 16 June 2019

Latest News

TIM DEBAT TEKNOKRAT TOP DI NASIONAL TIM DEBA

National University English Debating Championships (NUEDC) 2012, merupakan ajang debat antar-mahasiswa terbesar di Indonesia. Kegiatan ini digelar di Bali pada tanggal 22-27 Juni lalu. Pada ajang ini, tim Teknokrat menjadi top nasional dengan menyabet 3rd Runner Up untuk kategori English as a Foreign Language (EFL category). Pencapaian ini sangat luar biasa mengingat ajang ini diikuti oleh 96 (sembilan puluh enam) institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia yang menjadi juara pada seleksi regional di wilayah masing-masing. Pada ajang ini setiap institusi hanya diperkenankan mengirim 1 (satu) tim terbaiknya.
Tim Teknokrat yang merupakan tim unggulan untuk kategori EFL menghadapi lawan-lawan tangguh sejak babak kualifikasi yang berlangsung dalam 7 (tujuh) putaran. Selama babak kualifikasi, tim-tim tangguh yang dihadapi antara lain Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Politeknik Negeri Malang, Universitas Sriwijaya, Politeknik Sriwijaya, Politeknik Ujung Pandang, Universitas Mataram dan lain sebagainya. Dengan poin perolehan yang meyakinkan tim Teknokrat yang digawangi Septian Trisilo Prabowo dan Danang, melaju ke babak perempat final, selanjutnya semifinal, dan akhirnya tampil sebagai grandfinalis.
Convener kegiatan yang berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen. DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Rahmat Nurcahyo, dan ketua dewan juri, Eldhianto Yusuf, mengatakan bahwa kompetisi tahun ini adalah yang paling ketat sepanjang sejarah perlombaan debat. Kekuatan debat sudah sangat merata dari Sabang sampai Merauke. Bahkan universitas besar seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Diponegoro tidak lolos ke babak grandfinal.
Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Dr. HM. Nasrullah Yusuf S.E., M.B.A., mengucapkan selamat kepada tim debat Teknokrat yang telah berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. “Saya mengucapkan selamat dan sangat mengapresiasi tim Teknokrat yang telah bekerja keras meraih prestasi terbaik. Perguruan Tinggi juga akan terus memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan perlombaan di kompetisi-kompetisi selanjutnya, ungkapnya.
 
Sementara itu, manajer tim, Akhyar Rido, S.S., M.A. mengatakan bahwa mahasiswa Teknokrat akan terus meraih prestasi dengan mengikuti perlombaan di ajang yang lain. Rido menjelaskan, bulan depan tim debat Teknokrat akan kembali bertanding dalam dua seri perlombaan debat nasional (Joved dan Bawor Cup) yang akan berlangsung di Purwokerto dari tanggal 7-16 Juli 2012. Pemenang perlombaan ini akan mewakili Indonesia dalam ajang debat tingkat dunia (WUPID) di Kuala Lumpur akhir tahun 2012. Semoga prestasi gemilang dapat kembali diraih dalam kedua ajang perlombaan ini, jelas Rido.
Go to Top