Scientific Seminar 2013 Bekali Siswa SMA/MA/SMK Pengetahuan Bahasa & Budaya
en id
Sunday, 26 May 2019

Latest News

Scientific Seminar 2013 Bekali Siswa SMA/MA/SMK Pengetahuan Bahasa & Budaya

Semarak Teknokrat Festival (T-Fest) sudah dimulai. Teknokrat Scientific Seminar, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatannya, telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Januari 2013 di Aula A Perguruan Tinggi Teknokrat. Siswa/I dari 50 sekolah di Propinsi Lampung menghadiri acara tersebut. Ratna Dewi (ketua Pelaksana Kegiatan) menjelaskan bahwa kegiatan tersebut menampilkan empat orang pembicara dari kalangan dosen dan mahasiswa dengan materi yang terkait dengan pengetahuan berbahasa dan budaya.
 
Pembicara pertama, Mr. Zachary Adam Turner- penutur jati (native) Amerika memaparkan tentang bagaimana makanan merepresentasikan budaya. Pembicara berikutnya, Araki Mari sensei- penutur jati (native) Jepang memaparkan tentang pembelajaran bahasa dan budaya melalui media Komik.

Selain dari kalangan dosen, seminar tersebut juga menampilkan pemateri dari kalangan mahasiswa. Riskhi Sucindawini dan Nurani Istiqomah (mahasiswi Bahasa Jepang) menjelaskan tentang budaya populer Jepang. Tak kalah menarik, Sellyka Nurhalim- mahasiswi Bahasa Inggris memaparkan makalah ilmiahnya berjudul “The Phenomenon of K-Pop; Take it or Leave it”. Dijelaskan bahwa Indonesia tidak perlu risau dan merasa terancam dengan maraknya K-Pop di Indonesia. “Yang diperlukan adalah kreativitas dan kemampuan berbahasa asing. Bila generasi muda kreatif dan memiliki kemampuan berbahasa asing baik, kita akan mampu mengemas dan mempromosikan ‘Gangnam-gangnam’ di Indonesia. Kita memiliki kekayaan budaya lebih dari Korea”, jelasnya. Di kesempatan yang sama Budi Eko Pranoto- mahasiswa Sastra Inggris menjelaskan tentang pentingnya kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa. Ia menggarisbawahi bahwa sangat penting bagi siswa untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan seni dan budaya untuk menopang kehidupan akademik.

Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Teknokrat Festival yang diadakan setiap tahun. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Perguruan Tinggi Teknokrat terhadap siswa SMA/MA/SMK di Lampung. Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat H.Mahathir Muhammad, SE., MM. menjelaskan bahwa “siswa SMA/MA/SMK di Provinsi Lampung memerlukan kegiatan bermutu dan bermanfaat yang dapat membuka wawasan dan pengetahuan. Selain itu, dengan menampilkan mahasiswa sebagai pembicara, diharapkan mahasiswa Teknokrat lebih unggul, bermutu, kreatif, dan inovatif, tutupnya.”

Go to Top