Teknokrat Lolos Final Kontes Robot Terbang Nasional
en id
Monday, 27 May 2019

Latest News

Teknokrat Lolos Final Kontes Robot Terbang Nasional

Setelah berhasil menjuarai Kontes Roboboat dan Kontes Muatan dan Roket Indonesia tingkat Nasional, dua tim robot Teknokrat kembali berhasil lolos sebagai finalis Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2013 yang akan digelar pada tanggal 8-11 November 2013 di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bekerjasama dengan ITB sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.
 
Dari 27 tim yang lolos pada tahap kualifikasi validasi 1, hanya 14 perguruan tinggi yang lolos kualifikasi validasi tahap 2, dan langsung dinyatakan sebagai finalis.  Dua Robot Terbang tim robot Teknokrat berhasil mensejajarkan nama Teknokrat dengan perguruan-perguruan tinggi terbaik nasional antara lain seperti ITB, UI, dan UGM.  Teknokrat menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta luar Jawa yang menjadi finalis KRTI 2013 ini.  
 
 
 
Tim robot AN-NAHL79 yang terdiri dari Arifin Yusuf, Joko Warsito, dan Sheni Nabawiya dan KN-7 ABABIL yang dirangkai oleh Andri Yabaruz, Erdian, Ardy Kurniawan di bawah bimbingan Rikendry, S.Kom lolos 2 tahap kualifikasi validasi panitia yang ditentukan berdasarkan penilaian atas proposal yang berisi rancangan robot yang akan diikutsertakan dalam kontes (validasi tahap 1), dan video hasil uji terbang robot (validasi tahap 2).
 
 
 
Di sela-sela kesibukannya selaku pembimbing tim robot Teknokrat, Rikendry menyampaikan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang dibimbingnya saat ini sedang terus mempersiapkan dan melatih robot mereka terbang. Pengalaman merangkai dan memrogram robot-robot terdahulu yang menjadi juara di berbagai perlombaan membuat tim yakin mampu menciptakan robot terbang yang dapat terbang dengan stabil dan mencapai titik tujuan berdasarkan program yang diterapkan ke dalam “otak” robot.  Robot ini tidak dikendalikan dengan remote control, melainkan dengan bahasa pemrograman.  “Kami berusaha agar tim robot Teknokrat akan dapat tampil maksimal dan dapat meraih juara pada ajang Kontes Robot Terbang 2013 ini,” harap Rikendry.
 
Secara terpisah, Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. menyampaikan bahwa usaha yang dilakukan secara maksimal oleh mahasiswa didiknya akan membawa mereka pada titik keberhasilan. “Robot Terbang yang dilombakan di KRTI 2013 ini adalah robot terbang pertama yang dihasilkan tim robot Teknokrat.  Mahasiswa yang tergabung dalam tim robot akan menjadi ahli dalam pemrograman dan akan dapat menciptakan robot-robot yang lebih baik dan lebih bermanfaat di masa yang akan datang,” ungkapnya. 
Go to Top