Tim Robotik Universitas Teknokrat Juara Nasional di Ajang Komurindo
Friday, 15 November 2019

Berita Lain

Tim Robotik Universitas Teknokrat Juara Nasional di Ajang Komurindo

Tim Robotik Universitas Teknokrat Indonesia, kembali meraih prestasi Nasional. Kali ini Tim Robotik Teknokrat meraih juara tiga dalam ajang Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo), yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antarikasa Nasional (LAPAN), di Garut Jawa Barat pada 24-25 Agustus 2019. Tim Robotik Universitas Teknokrat Indonesia mengikuti ajang bergengsi Nasional, Kompetisi Muatan Roket Indonesia dan Wahana Sistem Kendali (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) Tahun 2019 di pantai Garut Jawa Barat.

Dari kompetisi tersebut kata dosen pembimbing Maulana Aziz Assuja, S.ST. MT, Senin (26/8/2019), tim Robotik Komurindo meraih juara tiga nasional. Tim Komurindo terdiri, Muhammad Kris Fitaloka mahasiswa Prodi S1 Informatika, Rani Safitri prodi S1 Informatika, Juliana Hartini Sinaga – S1 Informatika, M. Arif Fauzi – S1 Teknik Elektro Nur Cahyana Aminuallah – S1 Sistem Informasi, dan Anjellah Berliana Sherly Ayuni – S1 Sistem Informasi. Sedangkan Kombat terdiri, Gustian Cahyadi Prodi S1 Informatika, Mige Jisnu – S1 Informatika, Muhammad Reynaldo – S1 Informatika, Risky Setiawan – S1 Teknik Elektro, M. Faisal Limas – S1 Teknik Elektro, Lukmanul Hakim – S1 Teknik Elektro, Ridwan Mahendra – S1 Informatika dan Kevin Adrian – S1 Teknik Elektro.

Maulana mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh Tim Robotik Teknokrat dalam kompetisi robot tingkat nasional ini. Semua ini berkat dukungan dan dorongan dari Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA dan pihak Yayasan Pendidikan Teknokrat.

Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, mengatakan, kompetisi edukasi keantariksaan digelar LAPAN bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Pemkab Garut sebagai rangkaian peringatan Hari Keantariksaan pada 6 Agustus, Hari Ulang Tahun ke-56 LAPAN, dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24.

Dia menuturkan, kompetisi terbagi tiga kategori, yakni Muatan Roket dengan tema “Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization)”; Wahana Sistem Kendali dengan tema “Perancangan wahana dengan propulsi EDF (Electric Ducted Fan) dan sistem kendali untuk mencapai sasaran secara horizontal”; serta Muatan Balon Atmosfer dengan tema “KOMBAT Rawinsonda for Tropopause Observation”.

Sebelumnya kata Thomas, pada 2018, telah dilakukan seleksi tahap I (proposal) yang meloloskan Tim Muatan Roket (30), Wahana Sistem Kendali (32), dan Muatan Balon Atmosfer (30). Selanjutnya seleksi Tahap II berupa workshop telah menyeleksi Tim Muatan Roket (20), Wahana Sistem Kendali (25), dan Muatan Balon Atmosfer (24). Hasil seleksi tahap kedua itulah yang diikutkan uji fungsi, dan uji terbang di Garut. (W9)

Universitas Teknokrat Indonesia
Kampusnya Sang Juara telah meraih beberapa juara dalam kompetisi robot. Sepanjang 2019 sejumlah prestasi yang diraih yaitu :
1. Juara 1 Nasional Techongin 2019 kategori ROV Under Water (Robot Kapal Selam)
2. Juara 3 Nasional KRSBI Humanoid pada KRI 2019
3. Juara Umum Kontes Robot Indonesia Regional 1.
4. Juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) KRI 2019 Regional 1
5. Juara 1 KRSBI Humanoid KRI 2019 Regional 1.
6. Strategi Terbaik KRSBI Humanoid KRI 2019 Regional 1.
7. Strategi terbaik KRSBI Beroda KRI 2019 Regional 1.
8. Disain dan Artistik Terbaik KRSTI Kontes Robot Indonesia 2019.
9. Juara Nasional 3 Komurindo ke-11 2019 di Garut Jawa Barat. (*)

Go to Top