MANFAAT PENTINGNYA TIDUR UNTUK MENJAGA KESEHATAN

Mengapa tidur harus diprioritaskan dan apa yang perlu Kita ketahui tentang cara mewujudkannya. Tidur adalah fungsi dasar manusia. Kurang tidur berdampak pada sistem kardiovaskular Kita, tingkat stres meningkat, metabolisme lamban yang mengarah pada penambahan berat badan, memori berkabut, peradangan, depresi, kecemasan, dan sistem kekebalan yang ditekan secara keseluruhan. Jika Kita tidak cukup tidur, Kita tidak dapat bekerja secara efisien, Kita menjadi mudah tersinggung, murung, kesal. Kurang tidur menghasilkan kadar hormon kortisol yang lebih tinggi. Kortisol adalah hormon stres yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal yang membantu tubuh bersiap untuk melawan atau melarikan diri dengan mempromosikan pelepasan glukosa dan lipid dalam darah untuk metabolisme energi. Ini memecah lemak untuk energi. Tetapi ketika Kita tidak cukup tidur, dan tingkat hormon ini meningkat, ia mulai menekan sistem kekebalan dengan menurunkan sel darah putih, itu meningkatkan kolesterol dalam aliran darah yang menambah plak dan penumpukan di arteri. Ini kemudian mengarah pada peningkatan kadar insulin yang membuat Kita lapar, mengidam makanan manis dan berlemak yang tidak baik untuk Kita. 

Pernah bertanya-tanya mengapa di malam hari Kita kelaparan? Atau pernah bertanya-tanya mengapa Kita bangun di tengah malam lapar? Nah ini sebabnya. Kita terlalu stres karena Kita tidak cukup tidur dan itu akan muncul melalui tubuh fisik Kita dengan satu atau lain cara. Entah itu penambahan berat badan, migrain kronis, atau penyakit lainnya. Insomnia didefinisikan sebagai kualitas tidur yang buruk, bangun yang tidak normal, atau ketidakmampuan untuk tidur. Karena 90% dari populasi kita stres, insomnia bersama dengan ketegangan otot dan sakit kepala adalah gejala kurang istirahat. Stres pada pikiran mempengaruhi tubuh dan menyebabkan stres fisik secara harfiah. 

Baca JugaMANFAAT MINUM AIR PUTIH SETIAP HARI

JADI APA MANFAAT TIDUR UNTUK KESEHATAN?

Sebagai permulaan, kulit Kita akan terpancar dari tidur. Saat Kita tidur, kulit membuat kolagen baru dan tubuh meningkatkan aliran darahnya sehingga Kita memiliki kulit yang bercahaya. Kita akan mengurangi garis-garis halus di sekitar dahi, bibir, dan mata Kita. Mata Kita tidak akan bengkak atau gelap dan Kita tidak akan terlihat seperti tikus basah. Mereka tidak menyebutnya tidur cantik untuk apa-apa sayang. Mengapa tidur harus diprioritaskan dan alat yang perlu Kita ketahui tentang cara mewujudkannya Dan ini terjadi setiap malam.  Ada banyak penelitian yang dilakukan yang menyimpulkan tidur sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Ini meningkatkan kepribadian Kita dari murung menjadi bahagia, membantu konsentrasi, perhatian, dan Kita akan lebih produktif dan senang melakukannya. Untuk orang dewasa tidur 8 jam semalam akan memberikan semua manfaat ini dan untuk anak-anak setidaknya 10 jam sudah cukup. Saya tahu kadang-kadang kita memiliki malam-malam di mana kita bangun lebih lambat dari biasanya, tetapi suatu malam dapat membuat ritme seluruh tubuh Kita terhenti selama dua minggu! Dan kebanyakan orang berpikir bahwa jika mereka tidur lebih lama atau lebih banyak pada hari berikutnya, mereka semua akan sibuk, tapi bukan itu cara kerjanya. Kita harus membuat keputusan sadar untuk menjadikan tidur sebagai prioritas.

 Baca Juga : PENTINGNYA SARAPAN TERHADAP KOSENTRASI BAGI MAHASISWA

CARA MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR

1. Makan makanan yang sehat dan seimbang di siang hari.

2. Latih otak Kita dan latih tubuh Kita.

3. Minum banyak air memastikan untuk tetap terhidrasi.

4. Jangan minum atau makan apa pun yang mengandung kafein setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur. Kafein adalah pilihan terbaik dan akan membuat sistem saraf Kita bekerja. Dengan menghapus ini, Kita membiarkan tubuh Kita bersiap-siap untuk waktu istirahatnya.

5. Kurangi penggunaan waktu layar pada apa pun, tablet, smartphone, komputer, TV, dll. Cahaya dari perangkat ini membuat otak tetap aktif dan dapat menunda tidur.

6. Cobalah membaca, mandi, meditasi atau berdoa untuk menenangkan saraf Kita.

7. Sebarkan ruangan dengan minyak esensial seperti lavender atau lemon. Jika Kita tidak memiliki diffuser, Kita dapat mengoleskan minyak pada bola kapas dan meletakkannya di samping tempat tidur Kita atau di ventilasi di kamar tidur Kita. Kita juga bisa menggosoknya di tangan dan menghirupnya, mengambil napas dalam-dalam agar tubuh Kita rileks dan siap untuk tidur.

8. Kita dapat minum teh herbal yang menenangkan atau mencoba suplemen seperti melatonin dan akar valerian untuk membantu Kita mendapatkan istirahat malam yang baik.

Saat Kita menerapkan langkah-langkah ini, Kita benar-benar akan bersinar. Kita akan kurang stres, lebih siap dan percaya diri di depan rumah dan bekerja, tidak lagi merasa benar-benar lelah, Kita tidak akan merasa cemas atau tertekan karena suasana hati Kita akan meningkat secara drastis.

Translate »