MANFAAT MINUM AIR PUTIH SETIAP HARI

PTS Terbaik Sumatera, Ada manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya dari air minum setiap hari. Hanya beberapa manfaat yang paling penting yang tercantum di bawah ini. Faktanya adalah bahwa sebagian besar “manfaat” ini sebenarnya adalah fungsi penting dalam tubuh. Namun, alasan utama kita perlu minum cukup air setiap hari adalah karena tubuh manusia tidak memiliki sistem penyimpanan air. Ketika kita tidak minum cukup air, tubuh dapat beradaptasi dalam jangka pendek tetapi kita mungkin mulai mengalami gejala dehidrasi ringan, seperti kelelahan dan sakit kepala. Namun, dalam jangka panjang, dehidrasi kronis dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang jauh lebih serius. Berikut ini 10 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari :

1. Meningkatkan tidur dan mengurangi stres. 

Minum cukup air setiap hari dapat membantu memperbaiki pola tidur dan memberikan banyak manfaat meningkatkan suasana hati. Bahkan sedikit dehidrasi dapat mempengaruhi saraf dan emosi kita dengan cara yang halus. Sebagai contoh, saya telah memperhatikan melalui pengamatan diri yang cermat bahwa salah satu tanda pertama saya tentang dehidrasi ringan adalah lekas marah. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi stres dalam tubuh, serta perasaan cemas dan depresi.

2. Air dan fungsi otak. 

Otak manusia adalah sekitar 85 persen air. Air memberi otak energi listrik untuk semua fungsi otak, termasuk proses berpikir dan memori. Hal ini juga diperlukan untuk produksi neurotransmiter dan hormon yang diproduksi oleh otak. Hidrasi harian tidak hanya akan membantu dengan pemikiran yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu mencegah gangguan defisit perhatian pada anak-anak dan orang dewasa. Dehidrasi juga merupakan faktor yang diketahui dalam demensia dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan Lou Gehrig. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang air dan fungsi otak di sini.

Baca Juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

3. Menyediakan energi. 

Air adalah sumber energi utama dalam tubuh, terutama karena menghasilkan energi listrik dan magnetik dalam setiap sel. Bahkan, tanpa air, tidak ada yang hidup. Minum air secara teratur dan sepanjang hari dapat secara signifikan mengurangi kelelahan.

4. Mengangkut zat dan membantu detoksifikasi. 

Air adalah kendaraan utama untuk transportasi zat ke seluruh tubuh, termasuk sirkulasi darah, pencernaan makanan, dan penghapusan racun melalui hati, ginjal, kandung kemih, usus, kulit dan paru-paru – hanya untuk menyebutkan beberapa organ. Air membawa oksigen, nutrisi yang paling penting, ke sel-sel dan mengambil racun dan limbah metabolik.

5. Membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

Air adalah pelarut utama dalam tubuh. Hal ini diperlukan untuk memecah makanan menjadi partikel yang lebih kecil untuk pencernaan, asimilasi dan metabolisme. Bahkan, air memberi energi pada makanan dan meningkatkan tingkat penyerapan nutrisi. Air juga merupakan pelarut untuk bahan yang larut dalam darah dan cairan lain dalam tubuh.

6. Meningkatkan kekebalan dan pencegahan penyakit. 

Air meningkatkan kesehatan usus besar, darah dan sumsum tulang, yang sangat penting untuk efisiensi sistem kekebalan tubuh. Peningkatan kekebalan adalah salah satu manfaat yang paling nyata dari air minum setiap hari. Dalam pengalaman saya, orang yang tetap terhidrasi mengalami lebih sedikit pilek dan flu. Tetapi yang lebih penting, para ahli sepakat hidrasi yang memadai dapat membantu mencegah penuaan dini dan penyakit.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

7. Menjaga kulit dan mata tetap sehat. 

Sel-sel kulit manusia membutuhkan air terus-menerus untuk melakukan fungsi vitalnya. Memiliki kulit yang lembut dan halus dan terlihat lebih muda adalah salah satu manfaat yang paling terlihat dari air minum setiap hari. Air juga merupakan pelumas utama untuk mata dan hidrasi yang tepat dapat membantu mencegah glaukoma dan penyakit mata lainnya.

8. Melumasi sendi. 

Air adalah pelumas utama di sendi dan tulang belakang. Minum cukup air setiap hari dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah asam di sendi, seperti asam urat, yang dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Air juga menyediakan bantalan yang diperlukan di cakram tulang belakang. Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik setiap hari dapat membantu mencegah sakit punggung dan nyeri sendi, termasuk berbagai bentuk arthritis.

9. Meningkatkan sirkulasi dan kesehatan jantung. 

Darah adalah sekitar 85 sampai 95 persen air – atau setidaknya seharusnya. Ketika seseorang mengalami dehidrasi kronis, darah menjadi tebal dan lengket, sehingga lebih rentan terhadap pembekuan darah dan sirkulasi yang buruk. Air juga membantu menghilangkan racun dan timbunan lemak dari arteri, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

10. Membantu menormalkan hormon. 

Air mengatur produksi semua hormon dalam tubuh. Menjaga tubuh terhidrasi dapat membantu mencegah banyak ketidakseimbangan hormon yang tidak nyaman yang dialami banyak wanita sebelum, selama dan setelah menstruasi, kehamilan dan menopause. Air juga membantu pria dan wanita mencegah impotensi dan hilangnya libido.

Translate »