8 MANFAAT PENTINGNYA MANDI MENGGUNAKAN AIR DINGIN

Ada banyak manfaat yang terkait dengan menambahkan mandi air dingin ke dalam hidup Kita. Faktanya, Kita mungkin akan sangat terkejut dengan beberapa keuntungan yang tercantum di bawah ini, dan aneh melihat apa yang dapat dilakukan sedikit air dingin selama beberapa menit setiap hari! Lihat manfaat luar biasa dari mandi air dingin ini, dan bagaimana Kita dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk menambahkannya ke dalam hidup Kita.

Bermanfaat Meningkatkan Mood Kita

Bangun di pagi hari seringkali bisa menjadi tugas bagi kebanyakan orang itu sendiri. Itu masih tidak menjadi jauh lebih baik bagi banyak orang setelah mereka mandi air panas yang bagus untuk mencoba dan menghangatkan diri. Saat Kita mandi air dingin, tubuh Kita akan sedikit terguncang oleh air. Dalam upaya untuk menjaga tubuh Kita tetap hangat, jantung Kita akan mulai memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Kita, dan pernapasan Kita akan semakin dalam untuk meningkatkan asupan oksigen Kita. Pada dasarnya, kejutan air dingin di pagi hari memulai proses yang meningkatkan tingkat energi Kita, dan karenanya meningkatkan suasana hati Kita bahkan sebelum Kita benar-benar memulai hari Kita.

Baca JugaMANFAAT MINUM AIR PUTIH SETIAP HARI

Bermanfaat dalam Peningkatan Tingkat Testosteron

Tingkat testosteron sangat penting untuk kesehatan pria, tetapi juga mempengaruhi wanita. Saat pria melewati usia 30 tahun, kadar testosteron mereka mulai menurun, sehingga upaya sering dilakukan untuk menjaga kadar T tetap tinggi untuk kesehatan maksimal. Mandi air dingin telah dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron.

Mempercepat Pemulihan Otot

Sering digunakan oleh binaragawan, dan banyak atlet lainnya, mandi dingin dan mandi dingin adalah hal yang biasa. Air dingin dapat membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan otot untuk pulih dari latihan atau cedera. Kita semua menaruh bungkusan dingin di bagian tubuh kita ketika kita terbentur, atau terbentur kepala kita kan?. Untuk mengurangi pembengkakan, tingkatkan aliran darah dan kurangi jumlah waktu yang dibutuhkan jaringan otot untuk pulih. Atlet sering menggunakan metode kontras, yang terdiri dari beralih dari air panas ke air dingin, dan sebaliknya. Metode kontras seharusnya mengejutkan tubuh terus menerus untuk mengurangi waktu pemulihan lebih jauh.

Bermanfaat Untuk Membantu Meningkatkan Metabolisme Kita

Manfaat luar biasa lainnya dari mandi air dingin adalah membantu meningkatkan metabolisme Kita. Percaya atau tidak, ada yang namanya lemak sehat di dalam tubuh Kita. Banyak orang melihat lemak sebagai hitam dan putih, tetapi lemak sehat di dalam tubuh Kita sebenarnya sangat membantu Kita. Mandi air dingin sebenarnya meningkatkan jumlah lemak sehat di dalam tubuh Kita, yang pada gilirannya, meningkatkan metabolisme dan membantu Kita menurunkan berat badan. Jika penurunan berat badan adalah tujuan Kita, cobalah mandi air dingin setiap hari untuk meningkatkan metabolisme Kita.

Bermanfaat Untuk Relaksasi & Meredakan Stres

Mandi air dingin menurunkan kadar asam urat tubuh Kita, dan meningkatkan kadar Glutathione dalam darah Kita. Kedua faktor ini membantu mengurangi tingkat stres, dan memungkinkan Kita untuk menjadi lebih rileks.

Meningkatkan Kekuatan Sistem Kekebalan Tubuh

Orang yang mandi air dingin sering ditemukan memiliki produksi sel darah putih lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Ini meningkatkan jumlah sel darah putih penting di dalam tubuh Kita. Sel darah putih membantu melawan penyakit, meningkatkan kekuatan sistem kekebalan Kita. Jadi, jika Kita ingin meningkatkan kekebalan tubuh, cobalah mandi air dingin.

Baca Juga : PENTINGNYA SARAPAN TERHADAP KOSENTRASI BAGI MAHASISWA

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Menyetrum tubuh Kita dengan air dingin akan menyebabkan jantung Kita memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Kita, seperti yang saya sebutkan secara singkat di atas. Melakukan ini secara teratur meningkatkan aliran dan sirkulasi darah Kita, karena tubuh Kita dipaksa untuk melakukannya. Ini sangat mirip dengan cara berolahraga meningkatkan sirkulasi darah Kita dari waktu ke waktu juga.

Bermanfaat dalam Meningkatkan Kewaspadaan yang Lebih Tinggi

Kami telah menyebutkan di atas bahwa kejutan air dingin memberi Kita dorongan energi, karena aliran darah mengalir ke seluruh tubuh Kita. Ini pada dasarnya memberi Kita tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi. Yang sangat penting untuk sebagian besar tugas sehari-hari yang membutuhkan konsentrasi dan kesadaran.

Translate »