Universitas Terbaik di Lampung, Teknokrat Tingkatkan Profesionalisme OSIS SMAN 1 Pagelaran

Teknokrat.ac.id, Pagelaran – Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Universitas Teknokrat Indonesia Lampung menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi dengan tema kegiatan Pengembangan dan Peningkatan Profesional Pengurus OSIS.

Kegiatan pelatihan merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Program Sekolah Binaan.  Kegiatan dilaksanakan pada tanggal di SMA Negeri 1 Pagelaran, Pringsewu. Materi pelatihan yang diberikan meliputi Manajemen Organisasi, Pembuatan Proposal dan Laporan Kegiatan, serta Public Speaking. 

Kegiatan yang difasilitasi oleh Universitas Teknokrat Indonesia dan SMA Negeri 1 Pagelaran ini diikuti oleh sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari guru dan siswa.  Kepala SMA Negeri 1 Pagelaran Sujarwo menyampaikan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk para siswa belajar bagaimana mengelola manajemen organisasi dan public speaking dalam kegiatan.

Sehingga OSIS nanti bisa berjalan sebagai sarana untuk melatih pengembangan diri siswa dalam berorganisasi.  Rusliyawati selaku ketua pelaksana memaparkan bahwa peserta mendapatkan pengetahuan tentang organisasi, mampu merencanakan dan mengelola organisasi siswa, serta memiliki keterampilan administrasi organisasi. 

Jafar Fakhrurozi dan Muhamad Fitratulah sebagai pemateri mengatakan, dengan pelatihan public speaking diharapkan siswa memiliki soft skill yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaa diri saat berkomunikasi dan menyampaikan informasi yang jelas kepada semua orang di depannya atau di muka umum, menumbuhkan leadership, serta menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar, ditambahkan  Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pagelaran,

Patrick menyampaikan kegiatan ini manfaatnya langsung terasa. Sebab, selain mendapatkan ilmu pengetahuan peserta melakukan praktek langsung public speaking sebagai master of ceremony dan moderator.  “Setelah praktek dilakukan, para narasumber langsung memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan atas praktek yang kami lakukan,” kata dia. 

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr H Mahathir Muhammad SE MM mengatakan, kegiatan semacam ini memang dibutuhkan siswa. Khususnya mereka yang aktif di organisasi.  Sebab, kemampuan berbicara menjadi kebutuhan saat ini. Dengan diberikan pemahaman semacam itu, siswa terlatih untuk menyampaikan pendapat di depan umum.

Mereka juga akan terbiasa bertutur yang baik sesuai dengan konten yang ingin mereka sampaikan.  Mahathir menginginkan semua pengurus OSIS se-Lampung mendapat skill memadai soal public speaking ini. Ia yakin para dosen Teknokrat bisa menjadi mentor yang memadai.

Translate »