Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat Siap Dukung Penguatan Literasi Digital, Sudah Berjalan di 60 SMA se-Lampung

Teknokrat.ac.id, Bandar Lampung – Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Nasrullah Yusuf, SE., MBA. siap mendukung program pemerintah untuk penguatan dan peningkatan indeks literasi di masyarakat. Selama ini, Teknokrat bahkan sudah memulai literasi digital untuk ribuan siswa SMA di 60 sekolah se-Lampung. 

Dengan adanya ikhtiar penguatan dan peningkatan indeks literasi masyarakat, Teknokrat siap melakukan sinergi sehingga makin banyak siswa yang menjadi objek literasi digital itu. Sejauh ini, ujar Nasrullah, kampus yang ia pimpin telah menyebar dosen dan mahasiswa untuk menjadi mentor di banyak sekolah terkait dengas literasi digital. 

Hal ini dikemukakan Nasrullah saat menjadi narasumber kegiatan Perpustakaan Nasional dan Badan Perpustakaan Arsip Daerah Provinsi Lampung dengan Tema “Peningkatan Indeks dan Literasi Masyarakat”, Selasa 15 Juni 2021, di Swissbel Hotel.  Narasumber lain adalah Drs. M. Syarif Bando (Kepala Perpustakaan Nasional),  Dr. M. Kadafi (anggota Komisi X DPR RI), Mingrum Gumai (Ketua DPRD Provinsi Lampung), dan Riana Sari Arinal (Bunda Literasi Provinsi Lampung). 

Nasrullah melanjutkan, peningkatan indeks literasi memang menjadi penting pada masa sekarang. Terlebih dengan perubahan tren literasi ke dalam bentuk digital sebagai implikasi perkembangan zaman.  Oleh sebab itu, kata Nasrullah, dibutuhkan pendekatan dengan pola yang pas kepada masyarakat.  Sehingga, tujuan peningkatan indeks literasi itu mewujud dalam angka yang memuaskan.

Selama ini, urai Nasrullah, Teknokrat terdepan dalam melek informasi dan literasi digital. Bahkan, sekolah yang dijangkau lewat program Pengabdian kepada  Masyarakat kampusnya ini masuk ke beberapa kabupaten di luar Bandar Lampung.

Misalnya ke Pesawaran, Lampung Selatan, Pringsewu, dan Tanggamus.  Nasrullah menyebutkan, jika dipercaya pemerintah dan bisa bersinergi, akan lebih banyak sekolah dan siswa serta guru yang bisa dijangkau dengan program ini. 

Nasrullah mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemberdayaan pada dosen dan mahasiswa untuk menggerakkan literasi digital ini. Ia menilai, pemberdayaan dosen dan mahasiswa bisa menjadi pemantik peningkatan indeks literasi masyarakat. Ia meyakini, semakin banyak pihak yang peduli dengan hal ini bisa memajukan dunia literasi. 

Dengan begitu, tugas peningkatan indeks literasi ini bisa dilakukan entitas lain selain pemerintah. Nasrullah optimistis, sinergi banyak pihak bisa mengantarkan Lampung mendapat indeks literasi yang signifikan.

Translate »