Universitas Terbaik di Lampung, Teknokrat Peringati Isra’ Mi’raj dengan Doa Bersama

Bandarlampung, – Universitas Teknokrat Indonesia memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1442 Hijriyah/2021. Peringatan Isra’ Mi’raj yang dilaksanakan di Masjid Asmaul Yusuf Universitas Teknokrat, Jumat (12/3/2021), diikuti seluruh sivitas akademika, dihadiri Pembina Yayasan Pendidikan Teknokrat Hj. Hernaini, S.S, MPd, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, para Wakil Rektor, Dekan dan diikuti dosen dan karyawan.

Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, menyampaikan, peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di musim pandemi Covid-19, untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT atas rasa syukur segala nikmat yang diberikan Allah SWT kepada sivitas akademika Universitas Teknokrat Indonesia.

Doa secara khusus juga diperuntukkan kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, agar selalu diberi kesehatan.Mahathir mengatakan, pengajian dan doa bersama serta membaca surat Yaasin yang dilakukan ini, sebagai bentuk syukur bahwa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Lampung dan seluruh sivitas akademika dikaruniai berbagai nikmat sehingga patut bersyukur atas karunia Allah SWT.

Dzikir, doa bersama dan pembacaan Surat Yaasin dipimpin oleh Ust. Dr. H. Mahmudin Lc, MA. Doa secara khusus untuk Rektor HM. Nasrullah Yusuf dan sivitas akademika Universitas Teknokrat Indonesia. Pengajian agama Islam di Masjid ini tetap menerapkan sesuai protokol kesehatan.

Sementara itu penceramah Ustad Dr. H. Mahmudin, Lc, MA, dalam tausiyahnya membahas makna yang terkandung dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Ustadz Mahmudin mengawali tausiyah nya mengenai keistimewaan Hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari mulia yang paling Agung.

Karena pada hari Jumat diciptakan Nabi Adam AS. Pisahnya Nabi Adam dan Siti Hawa selama 200 tahun dan Nabi Adam bertaubat. Selama tidak bertemu maka dipertemukan di Padang Arofah pada hari Jumat. Kemudian hari kiamat terjadi pada hari Jumat.Isra’ Mi’raj kata Ustsd Mahmudin merupakan peristiwa yang luar biasa yang dinamakan mukjizat.

Mukjizat itu tidak bisa dilaksanakan menurut nalar manusia, kecuali manusia yang mempunyai mukjizat. Dari mana kita tahu peristiwa yang mulia dan agung ini. Allah dalam ayat nya mengawali dengan Subhanallah (Maha Suci Allah). Maka tanpa pendekatan iman kepada Allah, orang tidak bisa menerima peristiwa Isra’ Mi’raj.

Karena Nabi diberangkatkan pada malam hari dan pulang pada malam hari juga. Sahabat Nabi naik unta dari Masjidil Haram ke Aqso selama satu bulan. Nabi diperjalankan oleh Allah ke Sidratil Muntaha dan singgah sebentar di Masjidil Aqso. Allah mengundang Nabi Muhammad SAW ke Sidrotil Muntaha mendapatkan perintah menjalankan Shalat.

Hanya perintah Shalat lah perintah Allah yang meminta Nabi Muhammad langsung menghadap Allah SWT. Makanya Rasulullah bersabda yang artinya “Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mendirikan Shalat maka dia sudah menegakkan agama. Dan barang siapa yang meninggalkan Shalat dia yang meruntuhkan agama”.

Dalam perjalanan menuju Sidratil Muntaha, Rasulullah SAW diperlihatkan berbagai macam bentuk dan ulah manusia yang menggambarkan amal perbuatan umat Muhammad selama di dunia. Fardlu Shalat tadinya 50 waktu, yang kemudian ditetapkan 5 waktu.

Nabi Muhammad bersimpuh di hadapan Allah membandingkan umur umat Nabi Muhammad dengan umat Nabi Adam dan Nabi lainnya. Sehingga dengan kemurahan Allah Shalat yang diperintahkan kepada Nabi Muhammad 5 kali sehari semalam, tapi kualitas pahalanya sama dengan shalat 50 kali.

Translate »