Universitas Terbaik di Lampung, Teknokrat dan SMK Negeri 9 Bandarlampung akan Jalin Kerjasama

Bandarlampung,– Inisiasi Kerjasama antara Universitas Teknokrat Indonesia dan SMKN 9 Bandarlampung bidang Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dalam waktu dekat akan dilakukan kerja sama pada bidang pendidikan.

Selain itu dilakukan penyusunan materi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) serta asesor external antara Universitas Teknokrat Indonesia, salah satu Universitas Terbaik di Lampung dengan SMKN 9 Bandarlampung. Rencana kerjasama itu dibahas saat kunjungan pihak Kepala SMKN 9 Bandarlampung ke Universitas Teknokrat Indonesia, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, rencana kerjasama juga akan dilakukan pelatihan penguatan pengetahuan kepada guru-guru Jurusan Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJA) dalam bidang Pemrograman (Erliyan Redy Susanto), Cloud Computing (Jupriyadi), Internet of Thing (S. Samsugi) dan Network Security (Syaiful Ahdan).

Sedangkan dalam bidang PKM yaitu melalui program sekolah binaan UTI dengan pendampingan penyelenggaraan pembelajaran dalam jaringan (Erliyan Redy Susanto, Jupriyadi & Dian Pratiwi).Kedepannya akan dilakukan berbagai kerjasama yang lebih luas lagi. Kegiatan inisiasi kerjasama ini dihadiri perwakilan UTI yaitu Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M.Pd dan Dosen FTIK Erliyan Redy Susanto, S.Kom., M.Kom.

Sedangkan perwakilan SMKN 9 Bandarlampung dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum Junaina, SPd, M.Pd., Kepala Jurusan SIJA Aman Gaddapi, S.Kom serta guru SIJA Ricky Andreas Tomi, S.Kom (Alumni Informatika UTI) dan Sutriana, A.Md.

Dalam kunjungan ini tim SMKN 9 Bandarlampung turut meninjau Laboratorium Multimedia dan Studio E-Learning UTI. Pada kesempatan ini, Junaina, S.Pd., M.Pd juga mencoba fasilitas studio e-learning dengan melakukan shooting video tentang harapan dan kesan mengenai kunjungan ini.

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, dirinya sangat mendukung rencana kerjasama antara Universitas Teknokrat Indonesia dengan SMKN 9 Bandarlampung.

Menurut Mahathir, selama ini Universitas Teknokrat menaruh perhatian besar dalam Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di sejumlah sekolah di Lampung. Oleh sebab itu, Mahathir mendorong semua bidang di Universitas Teknokrat untuk berinovasi memajukan pendidikan di Provinsi Lampung dan Indonesia.